≡ Menu

Tutorial Mengatur Network Security Group pada Microsoft Azure

Terdapat 2 hal dimana sebuah koneksi internet memiliki bagian. Satu digunakan untuk menerima, dan satunya lagi digunakan untuk mengirim. Biasanya kedua hal tersebut banyak dikatakan sebagai Download dan Upload dan beberapa orang lainnya mengaggapnya dengan nama yang berbeda. Apapun itu, membedakan antara koneksi yang masuk atau keluar adalah hal yang kadang sedikit membingungkan.

Inbound dan Outbound adalah sebutan lain dari Upload dan Download dan keduanya menurut Saya sendiri memiliki cara yang sama. Sebenarnya ada banyak sekali sebutan untuk itu, tapi yang penting kita sudah mengetahui apa itu sebenarnya dan kegunaanya. Biasanya pengelola server milik sendiri telah banyak mengerti kegunaan dari kedua hal tersebut pada servernya.

Tapi yang dimaksudkan saat ini hanyalah sebuah NSG (Network Security Group), yaitu sebuah fitur yang membagi antara koneksi masuk dan keluar berdasarkan port yang telah diatur. Jadi misalnya pengguna baru saja menginstall Apache, tapi tidak dapat diakses? Itu mungkin dikarenakan pengguna belum mengaturnya pada NSG yang mana seharusnya dipasang port 80 untuk bagian inbound.

Setiap penyedia layanan VPS pastilah memiliki fitur untuk mengatur port inbound dan outbound, salah satunya adalah Microsoft Azure. Disana telah terdapat fitur untuk menyetel NSG yang diberikan pada bagian My Resource. Jika pengguna masih belum mengetahuinya, berikut ini tutorial mengatur Network Security Group pada VPS Microsoft Azure.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada Azure dan langsung saja klik pada OS yang telah dimiliki.
  2. Lihat pada bagian menu yang tampil dan klik pada All Resource.

    Cara Mengatur Network Security Group pada Azure

  3. Selanjutnya perhatikan pada tab Type dan cari pada tulisan Network Security Group dan klik pada menu dari nama virtual machine yang dibuat, disini contohnya Saya menamai virtual machine sebagai UbuntuAzure, jadi akan tampil UbuntuAzure-nsg.

    Cara Mengatur Network Security Group pada Azure

  4. Maka akan ditujukan pada window baru. Disini pengguna dapat mengatur bagian Inbound maupun Outbound port.

    Cara Mengatur Network Security Group pada Azure

  5. Disini contohnya Saya ingin memberi port baru untuk Inbound, jadi Saya menekan menu Inbound dan akan tampil window baru dan dilanjutkan dengan menekan tombol Add pada bagian atas.

    Cara Mengatur Network Security Group pada Azure

  6. Nah sekarang cukup mengatur port yang diinginkan atau memilih sesuai port dari jenis nama yang disediakan.

    Cara Mengatur Network Security Group pada Azure

  7. Jika selesai, cukup klik tombol OK dan tunggu sebentar sampai penambahan Inbound selesai.

Awal mula Saya menggunakan layanan VPS Azure juga kebingungan untuk mengatur NSG ini karena menu yang disediakan berbeda atau dengan maksud tidak seperti VPS seperti biasanya. Tapi Saya sendiri cukup puas menggunakan Azure ini karena server yang terus UP dan tidak pernah merasakan down sejak pertama kali mencoba. Selain itu Azure juga menyediakan layanan VPS gratis selama 3 bulan. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment