≡ Menu

Cara Mudah Tes Kecepatan Internet pada VPS Ubuntu

Mencoba kecepatan internet pada server tidak bisa dibilang mudah apabila dilakukan secara manual. Contohnya adalah seperti melihat seberapa cepat koneksi server tersebut menerima unduhan dan melakukan unggahan, dan inipun biasanya membutuhkan program tambahan untuk mengetahui. Tapi pengguna bisa mencoba mengetes seberapa cepat koneksi internet dengan peramban, yaitu dengan bantuan website sejenis Speedtest, Bandwidthplace, dan masih banyak lagi.

Kali ini akan Saya bagikan sebuah cara yang sangat mudah sekali untuk mengecek seberapa cepat internet yang sedang digunakan dari OS Ubuntu, dan sebenarnya cara ini juga berguna untuk OS Debian. Mungkin tidak semua orang menggunakan OS Ubuntu ini pada komputer yang dimiliki dan bisa jadi sedang menggunakan virtual server. Mengetes kecepatan pada virtual server mungkin adalah hal yang harus dilakukan, mengetahui bahwa pengguna telah menyewa server tersebut dan melihat seberapa cepat koneksi yang dijanjikan oleh provider.

Untuk mengetahui kecepatan internet ini tidak hanya bisa dilakukan melalui peramban desktop saja, karena bisa lebih mudah sekali dan praktis dilakukan melalui terminal. Jadi ini sama halnya dengan memasang suatu program dan kali ini adalah program untuk mengetes kecepatan internet dari layanan Speedtest.net. Program ini bisa digunakan langsung tanpa membuka desktop dan sangat mudah sekali untuk melakukannya. Berikut ini cara mengetes kecepatan internet melalui terminal pada Ubuntu.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada terminal Ubuntu dan pastikan telah masuk sebagai pengguna ROOT.
  2. Setelah itu ketikan ini untuk memasang program Speedtest.

    apt-get install speedtest-cli
  3. Akan muncul sebuah persetujuan, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol Y dan ENTER.

    Tes Kecepatan Internet Melalui Terminal pada Ubuntu

  4. Setelah itu, saatnya mencoba untuk mengetes kecepatan internet dengan perintah ini.

    speedtest
  5. Tunggu hingga proses mengecek kecepatan telah selesai, dan apabila selesai akan seperti ini.

    Tes Kecepatan Internet Melalui Terminal pada Ubuntu

  6. Apabila terjadi kesalahan ketika mengetikan perintah tersebut dengan peringatan ini “The file speedtest_cli.py has been deprecated….“. Maka ketikan ini.

    wget https://raw.githubusercontent.com/sivel/speedtest-cli/master/speedtest.py

    Lalu ketikan lagi perintah ini untuk mengetes kecepatan internet.

    speedtest

Bisa Saya pastikan tidak akan ada masalah ketika mencoba mengecek kecepatan internet dengan cara diatas, dan mungkin jika terdapat peringatan itu, bisa jadi versi speedtest yang digunakan adalah versi lama, untuk itulah mengapa pengguna harus memperbaruinya dengan cara diatas dengan metode mengunduh terlebih dahulu berkas python Speedtest dan setelah itu dipanggil ulang. Ada banyak perintah yang dapat dilakukan pada Speedtest guna untuk menampilkan hasil yang berbeda. Selebihnya termasuk perintah lengkap untuk mengetes kecepatan internet, silahkan masuk pada halaman perintah terminal Speedtest.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment