≡ Menu

Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri

Apakah pengguna pernah melihat sebuah gambar yang memiliki bentuk yang berbeda-beda pada sebuah komentar website? Terkadang hanya berupa bentuk tulisan “G” saja dan yang lain juga berbentuk wajah orang yang mengomentari itu. Pertanyaanya adalah, bagaimana memasukan gambar kita pada sebuah komentar tersebut, padahal disana tidak ada kolom untuk mengunggah gambar dan hanya diberi kolom untuk mengisi komentar, nama dan alamat surel saja.

Ternyata itu dikarenakan sistem website tersebut memakai fitur Gravatar yang mana ini biasanya terdapat pada sebuah situs yang berjalan pada platform WordPress. gambar yang tampil dikarenakan Email yang dituliskan telah terdaftar pada Gravatar dan pengguna pernah mengunggah gambar, atau telah mendaftar pada platform blog di WordPress.com dan mengunggah gambar profil. Untuk mengganti gambar Gravatar sangatlah mudah, yang diperlukan hanyalah akun WordPress.com saja.

Banyak kegunaan yang bisa terlihat dari memiliki akun WordPress.com, seperti mendapatkan akses plugin Akismet secara gratis dan salah satunya juga mendapatkan akun Gravatar ini. Orang yang belum pernah mengetahui Gravatar ini mungkin sedikit bingung bagaimana cara menggunakannya, dan pada artikel ini akan Saya bagikan cara merubah foto Gravatar dengan mudah dan Saya menyarankan pengguna menggunakan PC untuk melakukannya. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama siapkan akun WordPress.com, jika belum punya silahkan daftar terlebih dahulu.
  2. Jika akun sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah masuk pada website Gravatar.
  3. Setelah masuk pada website Gravatar, pada tab My Gravatar disanalah pengguna bisa menambahkan foto baru. Cukup klik menu Add a new image.

    Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri

  4. Akan diberi opsi untuk mengunggah gambar, tapi disini Saya ingin mengunggah melalui drive komputer langsung, jadi cukup pilih pada menu Upload new.

    Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri

  5. Sekarang akan ditujukan pada kolom mengunggah gambar, klik pada Choose file dan pilih gambar mana yang akan diunggah, dilanjutkan menekan tombol Next.

    Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri

  6. Tahap ini adalah proses pemotongan gambar, karena disini Gravatar membutuhkan gambar dengan ukuran kotak. Cukup gunakan mouse untuk menggeser bagian mana yang akan disimpan. Jika sudah, cukup tekan tombol Crop and Finish.

    Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri

  7. Tahap terakhir, memilih sifat gambar yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan. Jadi disini misalnya gambar yang diunggah hanya khusus untuk dewasa (18+) cukup pilih pada ikon R X. Dan misalnya gambar tidak bersifat khusus dewasa atau hanya sebatas foto wajah, cukup pilih pada icon G atau PG.

    Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri


Pada tahap ketika pengguna melakukan pemotongan gambar, dibawahnya juga terdapat semacam tampilan hasil jadi secara langsung dari gambar yang kecil dan besar, dengan befitu pengguna bisa menyesuaikannya sebaik-baiknya. Pengguna dapat mengunggah gambar lebih dari satu jika ingin memakainya untuk jenis atau sifat gambar yang berbeda-beda. Saran Saya jika gambar tersebut adalah foto wajah atau hanya sekedar tulisan yang tak berbau sara, silhkan memilih ikon G. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment