≡ Menu

Cara Mengatur Proxification Rules pada Proxifier

Proxifier adalah sebuah program yang dikhususkan untuk mengelola semua jenis proxy, sebelumnya ini telah ada artikel tentang pembahasan apa itu Proxifier lebih lanjut. Mengatur Proxifier tidaklah berlangsung secara cepat, itu juga memungkinkan pengguna harus mengatur setiap hal yang diperlukan dan yang paling penting adalah port. Kebanyakan orang menggunakan Proxifier sebagai forwarding antar SSH dan memberikan port khusus yang bisa diterima oleh Proxifier untuk menyalurkan koneksi kepada berbagai macam program.

Masalahnya, meski sudah disalurkan koneksinya pada Proxifier dengan port yang diatur, namun masih tidak dapat terhubung ke internet. Itu sebenarnya bisa dikarenakan banyak hal, dan paling tidak jika itu masalah dari program Proxifier, tentu masih dapat diatur. Intinya beberapa orang yang mencoba mengalokasi koneksi ke Proxifier ini harus melihat dulu menggunakan koneksi jenis apa, bisa dari HTTP atau SOCKS.

Jika pengguna telah tahu koneksi apa yang telah dibuat untuk mengirimkan koneksi, selanjutnya yang diperlukan adalah menyetel pada bagian Proxification Rules. Itu adalah peraturan khusus untuk membatasi program tertentu untuk menggunakan koneksi dari Proxifier ini. Jadi saat ini pengguna hanya mengatur dari itu dan mencobanya. Dan beginilah tata cara mengatur Proxification Rules dengan mudah pada Proxifier.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada Proxifier dan langsung saja klik pada tab Profile dan pilih menu Proxification Rules.

    Cara Mengatur Fitur Proxification Rules pada Proxifier

  2. Selanjutnya silahkan klik tombol Add dan akan ditujukan banyak kolom.

    Cara Mengatur Fitur Proxification Rules pada Proxifier

  3. Sekarang pengguna cukup menekan tombol Browse yang pada bagian Application.

    Cara Mengatur Fitur Proxification Rules pada Proxifier

  4. Pilihlah file berformat EXE yang sekiranya akan dibuat menjalin koneksi menggunakan Proxifier. Disini misalnya Firefox, jadi silahkan cari pada folder dimana pengguna menginstall program tersebut.

    Cara Mengatur Fitur Proxification Rules pada Proxifier

  5. Setelah itu pengguna bisa melihat kebawah dan temukan bagian Action silahkan pilih Profil koneksi yang telah dibuat, disini misalnya Saya menggunakan koneksi SOCKS localhost. Dan lanjutkan dengan menekan tombol OK.

    Cara Mengatur Fitur Proxification Rules pada Proxifier

  6. Sekarang cobalah masuk pada program yang telah ditambahkan tadi, misalnya firefox. Pasti sudah bisa terhubung ke internet melalui Proxifier.

Diatas untuk bagian penambahan Firefox hanya sekedar untuk contoh dan pengguna bebas memilih program apa saja untuk ditambahkan supaya bisa menjalin koneksi dari Proxifier. Saya sendiri menggunakan banyak aplikasi sesuai kepentingan seperti TightVNC, Putty, dan lain-lain, semuanya berjalan dengan baik. Jika melakukan cara diatas masih tidak bisa terhubung ke internet, silahkan cek sekali lagi pada program yang mengirim koneksi localhost ke Proxifier misalnya Bitvise, bisa jadi masih belum terhubung atau terdapat kesalahan ketika masuk SSH.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment