≡ Menu

Trik Mengatasi Batas Kuota Terlampaui Ketika Download di Google Drive

Bagi seseorang yang suka mengkoleksi sebuah berkas yang sangat banyak dan menyimpannya pada layanan penyimpanan cloud, pastinya memerlukan sesuatu yang bersifat unlimited, tapi tentu itu membutuhkan biaya untuk membuatnya tanpa batas dan jika pada akun gratis, pastinya terdapat batasan seperti ukuran penyimpanan, maksimal ukuran satu berkas, pengunggahan, dan juga bandwidth. Pada semua penyimpanan cloud pasti memiliki batasan untuk akun gratis, tak terkecuali adalah Google Drive.

Google Drive juga memiliki batasan dan yang paling membuat pengguna kesal adalah batasan bandwidth. Ini akan mencekal pengguna untuk mengunduh berkas tersebut karena akun sang pengupload berkas tersebut telah mencapai batas. Dan hal ini bisa dikarenakan karena banyaknya pengguna lain yang juga mengunduh berkas yang sama pada akun pengupload berkas tersebut. Untuk mengatasinya pun juga sangat mudah, hanya perlu butuh akun lain dan menyalin berkas tersebut ke akun Google Drive yang lain.

Mungkin beberapa pengguna masih tidak mengetahui tentang cara menyalin berkas dari sebuah berkas yang diunggah oleh orang lain di Google Drive. Karena disana tidak ada opsi untuk menyalin berkas tersebut dan itu bisa menyulitkan untuk beberapa orang. Tapi sebenarnya opsi untuk menyalin itu sudah tersedia pada bagian akun Google Drive milik kita, yakni dengan cara melihat berkas yang baru-baru ini kita lihat dan menyalin seperti biasa layaknya pada file manager. Berikut ini tata cara selengkapnya.


  1. Pertama – tama silahkan buka halaman dari berkas yang telah melampaui batas unduhan.

    Cara Mengatasi Batas Kuota Terlampaui Ketika Mengunduh di Google Drive

  2. Lalu buka akun Google Drive dan langsung saja klik pada menu .

    Cara Mengatasi Batas Kuota Terlampaui Ketika Mengunduh di Google Drive

  3. Pada halaman tersebut akan tampil berkas yang tadi dilihat dan cukup klik kanan pada mouse lalu pilih Buat Salinan.

    Cara Mengatasi Batas Kuota Terlampaui Ketika Mengunduh di Google Drive

  4. Jika sudah, kembali ke menu Drive Saya dan akan tampil nama berkas tadi dengan awalan nama SALINAN, dan pengguna kali ini cukup mengunduh dari berkas salinan tersebut dengan cara klik kanan pada mouse, lalu klik Unduh.

    Cara Mengatasi Batas Kuota Terlampaui Ketika Mengunduh di Google Drive

  5. Sekarang pasti berkas sudah dapat diunduh seperti biasanya.

Pengguna tidak perlu takut lagi akan ada peringatan melampaui batas karena berkas yang diunduh tidak lagi dari akun pengupload, melainkan dari akun milik sendiri. Kenapa untuk pertama kalinya harus menunjungi halaman unduhan tersebut? Itu hanya digunakan supaya berkas tersebut tampil pada riwayat berkas yang beru-baru ini dilihat. Berkas tersebut juga akan tetap ada atau dalam maksud tidak akan terhapus dengan sendirinya, jadi selama pengguna tidak menghapus salinan itu, berkas tersbut akan tetap ada.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 5 comments… add one }
  • Sellin Marselina September 30, 2017, 12:50 am

    MANTAP, TY!

  • aji September 9, 2017, 2:24 am

    mantap min…

  • WasoeReteta August 19, 2017, 12:08 pm

    udah dicoba dan berhasil 🙂

  • zaidankomputer June 12, 2017, 12:08 pm

    mantep gan, emang manjur ini,, tapi masalahnya ane sering ga bisa buat salinan, kesalahan terus…

    • rrobyf June 13, 2017, 5:46 am

      Kesalahan seperti apa ya gan kalau boleh tau?

Leave a Comment