≡ Menu

Cara Mengatasi Limited Access Ketika Menyambung WiFi

Menggunakan jaringan WiFi memang menyenangkan karena kita bisa menelusuri internet tanpa takut kehilangan kuota, tapi itu khusus jaringan WiFi yang telah berlangganan paket unlimited dan berbeda rasanya ketika kita menggunakan jaringan WiFi yang sangat terbatas seperti memakai MiFi atau Hotspot dari ponsel lain. Apapun itu, ada banyak masalah yang bisa terjadi dari sebuah WiFi, contohnya adalah tak dapat terhubung ke jaringan tersebut.

Memang ada banyak faktor yang menyebabkan pengguna tidak dapat terhubung pada jaringan WiFi, bisa dari perangkat milik kita, atau dari router WiFi yang mengalami kesalahan malfungsi. Akan tetapi kebanyakan berasal dari perangkat yang kita gunakan dan contohnya adalah menggunakan PC. Permasalahan yang menimbulkan perangkat tidak bisa terhubung ke WiFi ini bisa dari sisi pengaturan, dan penyebabnya adalah tampil Limited Access dengan huruf tebal dibawah SSID WiFi.

Mengatasi hal tersebut ternyata sangatlah mudah, karena masalah ini hanya dari pengaturan saja dan tidak terkait akan malfungsi dari sistem atau hardware. Di setiap PC pasti memiliki adapter untuk WiFi, dan didalamnya terdapat pengaturan lebih termasuk mengatur DNS, Alamat IP Static, dan lain-lain. Nah pada pengaturan itulah pengguna bisa memulihkan keadaan yang sebelumnya tak dapat terhubung ke WiFi tanpa perlu bantuan fitur troubleshooter. Berikut ini cara mengatasinya.


  1. Pertama – tama silahkan klik START dan ketik Network and Sharing Center dan ENTER.
  2. Kemudian akan ditujukan pada halaman baru dan pilih pada menu Change Adapter Settings untuk melihat adapter WiFi yang dimiliki.

    Cara Mengatasi Limited Access Ketika Menyambung WiFi

  3. Selanjutnya klik kanan pada adapter WiFi yang dipakai PC saat ini, contohnya disini punya Saya bernama Realtek RTL8188CE Wireless LAN diteruskan dengan memilih menu Properties.

    Cara Mengatasi Limited Access Ketika Menyambung WiFi

  4. Pada bagian Properties ini, akan terdapat kumpulan menu lagi untuk mengatur adapter. Disini yang diperlukan adalah mengatur IPv4, jadi klik dua kali pada menu Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

    Cara Mengatasi Limited Access Ketika Menyambung WiFi

  5. Disini pengguna cukup memilih pada bagian Obtain an IP address automatically supaya alamat IP bisa langsung diatur otomatis dari settingan Router WiFi.

    Cara Mengatasi Limited Access Ketika Menyambung WiFi

  6. Tahap terakhir adalah melakukan restart adapter dan mencoba kembali menghubungkan ke jaringan WiFi tadi, apakah sudah bisa terhubung?

Jika cara diatas sekiranya masih tidak mengatasi hal ini, bisa dipastikan itu dari router WiFi yang memiliki masalah dari pengaturannya dan bisa jadi hanya memperbolehkan pengguna yang menyambung melalui IP Statis saja. Jika pengguna biasanya selalu menggunakan IP statis, bisa jadi permasalahnnya adalah dari alamat IP gateway, sebab jika salah memakai alamat IP Gateway, akan terdapat tulisan Limited Access atau bahkan Unidentified Network dan menyebabkan pengguna tak dapat menelusuri internet dengan seharusnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Sanjaya November 15, 2017, 1:44 pm

    Thx bgtt mastah jd conect agy deh.. Hheee”””

  • azis October 10, 2017, 1:39 am

    thank’s gan untuk tutorial nya

Leave a Comment