≡ Menu

Menambah User ROOT SSH dengan Autentikasi Sandi di VPS Ubuntu

Menambah User SSH Baru di VPS Ubuntu

Sudah beberapa kali membahas tentang apa itu SSH dan penggunaanya, jadi Saya rasa itu tidak perlu dijelaskan lagi pada artikel ini. Yang pasti kegunaan SSH ini tidak digunakan untuk tunneling saja layaknya sebuah VPS untuk membuka firewall dari ISP, tapi SSH juga digunakan untuk mengatur segalanya pada virtual server ketika pengguna telah mendapatkan akses ROOT. Pengguna yang pernah memiliki VPS pasti sudah tahu mengenai itu.

Semua layanan VPS pasti memiliki 2 pilihan dalam awalan pembetukan atau proses deploy server, yaitu ditanyai apakah akan menggunakan sebuah kata sandi untuk masuk SSH, atau justru menggunakan berkas sertifikat publik, tentu banyak orang lebih suka menggunakan kata sandi karena sangat praktis dan tidak perlu membawa berkas sertifikat tersebut. Tapi ada juga layanan VPS yang mengharuskan pengguna untuk menggunakan berkas sertifikat tersebut dan tidak bisa menggunakan kata sandi, yaitu Amazon AWS.

Tidak hanya itu saja, masih banyak penyedia layanan VPS yang mengharuskan memakai berkas sertifikat dibanding kata sandi, tapi dibalik itu semua, pengguna juga bisa mengganti itu sebagai kata sandi dan ini adalah hal yang sangat mudah sekali dan kali ini hanya akan Saya bagikan tata caranya pada OS Linux. Jadi meski pengguna menggunakan kata sandi masih bisa mendapatkan akses ROOT, cara ini juga hampir sama dengan menambah user FTP. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama masuk pada terminal dan ketikan ini untuk menjadi ROOT dan ENTER.

    sudo -s
  2. Selanjutnya adalah menambah user terlebih dahulu. Ketikan perintah dibawah ini dan ENTER.

    adduser namauser

    Silahkan ganti namauser dengan nama user yang baru. Maka akan tampil sebuah dialog untuk mengisi banyak informasi seperti nama, tanggal lahir dan lain-lain, cukup kosongkan saja dan terus menekan ENTER.

  3. Sebelumnya pengguna pasti telah melihat dialog yang menyuruh mengisikan kata sandi, itu adalah kata sandi yang akan digunakan masuk SSH nantinya. Jika ingin menggantinya silahkan ketik perintah ini.

    passwd namauser
  4. Sekarang adalah proses penambahan akses ROOT. ketikan ini dan ENTER.

    visudo

    Lalu tambahkan ini dibawah tulisan “ROOT ALL=(ALL) ALL”

    namauser	ALL=(ALL) ALL
  5. Masih belum selesai, sekarang saatnya menambahkan sesuatu pada konfigurasi SSH supaya bisa menggunakan kata sandi. Jadi ketikan perintah ini.

    nano /etc/ssh/sshd_config

    Pengguna akan ditujukan pada teks editor, dan carilah teks PubkeyAuthentication yes dan tambahkan ini dibawahnya

    PasswordAuthentication yes
  6. Sekarang saatnya memuat ulang proses SSH dengan perintah ini.

    sudo /etc/init.d/ssh reload
  7. Sekarang cobalah untuk masuk SSH menggunakan user yang baru, pasti sudah bisa menggunakan kata sandi.

Cara ini tidak mengganti user utama SSH, tapi setidaknya dengan user yang baru masih bisa melakukan seperti user utama seperti halnya menginstall sesuatu dan lain-lain karena user yang baru telah mendapatkan hak akses ROOT. Sama halnya seperti menambah user FTP, hanya saja ini dikhususkan untuk SSH saja. Mungkin pengguna akan ditanyai kata sandi ganda, yakni ketika pertama kali masuk dan mengetikan perintah untuk menjadi ROOT. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment