≡ Menu

Cara Mengatur Advanced DNS pada Namecheap untuk Website

Tidak semua provider domain menyediakan menu yang sama dalam mengatur segalanya, contohnya mengatur DNS dan keguanaan dari DNS ini sangatlah penting sekali karena DNS itulah yang akan digunakan untuk menghubungkan dari domain kepada website. Jika pengguna pernah mendaftar disebuah hosting, pasti akan disuruh untuk melakukan pointing domain ke server yang sudah disediakan, dan paling banyak menggunakan DNS jenis nameserver.

Mengatur nameserver sangatlah mudah sekali dan bahkan sepertinya pengguna yang baru mengenal website pun pasti bisa mengatur itu. Tapi jika pengguna pernah menggunakan platform blogger pasti akan terdapat perbedaan dalam mengatur DNSnya dan bukan menggunakan nameserver. Jadi pengguna harus mengaturnya dengan jenis yang lain dan bukan nameserver. Yaitu menggunakan jenis A dan CNAME.

Pada Namecheap juga dapat mengatur hal tersebut dan sangat mudah sekali layaknya mengatur nameserver yang pernah Saya bagikan pada website ini. Hanya saja ini sedikit rumit apabila pengguna pertama kali mencobanya. Jadi DNS jenis A akan digunakan untuk keperluan ROOT website, sedangkan untuk CNAME ini untuk subdomain www, karena masih banyak orang yang mengakses situs menggunakan WWW, maka untuk itu harus diatur juga supaya website tidak kosong apabila dibuka melalui WWW. Berikut ini tata cara mengatur Advanced DNS pada Namecheap.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada akun Namecheap dan silahkan menuju menu Product List.

    Cara Mengatur Advanced DNS pada Namecheap

  2. Selanjutnya pilih domainnnya dan klik pada tombol Manage yang ada disampingnya.

    Cara Mengatur Advanced DNS pada Namecheap

  3. Akan ditujukan pada halaman untuk mengalihkan domain, silahkan klik pada tab Advanced DNS.

    Cara Mengatur Advanced DNS pada Namecheap

  4. Sekarang saatnya untuk mengatur, jadi silahkan hapus semua DNS yang tertera dan buat baru dengan jenis A. Lalu pada bagian Host silahkan isikan symbol @ dan pada IP silahkan isikan alamat IP website yang akan digunakan. Tekan tombol save berwarna hijau disamping.

    Cara Mengatur Advanced DNS pada Namecheap

  5. Masih belum selesai, sekarang ada menambah DNS jenis CNAME, silahkan isikan www pada bagian Host lalu pada bagian IP silahkan isikan alamat domain yang dipakai saat ini dan jangan lupa tambahkan titik dibagian akhir, lalu tekan tombol save berwarna hijau. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

    Cara Mengatur Advanced DNS pada Namecheap

  6. Apabila sudah, langsung saja parkir domain pada panel website dan cukup tunggu maksimal 24jam dan website akan dapat diakses dari domain yang diatur tadi. Tapi jika pengguna mengatur hal ini untuk domain baru, maka cukup menunggu selama 30 menit saja dan website akan dapat dibuka pada domain tersebut.

Apabila pengguna sebelumnya menggunakan nameserver, tidak perlu khawatir ketika menggunakan Advanced DNS ini, karena nameserver secara otomatis tidak digunakan. Mungkin untuk kali pertamanya akan terasa membingungkan, tapi itu adalah cara pengguna beradaptasi dengan cara ini dan jika telah mencobanya 2 kali pasti akan mengerti. Hanya ingin mengingatkan bahwa pada pengaturan bagian CNAME ini pastikan telah menambah titik pada domain yang diguankan saat ini supaya berfungsi sepenuhnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment