≡ Menu

Mengatur TightVNC Supaya Koneksi ke Server Lebih Cepat

Banyak sekali program VNC Viewer yang memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah TightVNC. Program tersebut sangat banyak digunakan orang untuk melakukan banyak hal terhadap VNC. dan VNC ini juga memiliki sifat yang hampir sama dengan RDP, hanya saja RDP ini biasanya untuk Windows saja. Sebelumnya juga sudah Saya bagikan VNC Viewer terbaik untuk Android, yakni adalah Remote Ripple dan begitupula fiturnya, tapi jika dibandingkan dengan TightVNC pada PC, tentu tidak ada apa-apanya.

TightVNC Viewer memiliki cara pintar untuk membuat pengguna tetap bisa mengakses virtual machine seperti desktop jarak jauh dengan halus. Jadi program tersebut akan mengikuti kecepatan jaringan yang ada sebagai cara mengompressnya. Tapi tahukah pengguna bahwa terdapat pengaturan pada TightVNC ini yang bisa membuatnya lebih cepat, mungkin 2x lebih cepat dibanding biasanya. Dan cara ini juga memiliki sedikit kekurangan karena kualitas gambar akan berbeda dari biasanya.

Mengetahui bahwa yang menyebabkan data menaik adalah sebuah gambar, maka dengan bantuan TightVNC Viewer ini, pengguna dapat mengaturnya seburuk mungkin untuk kualitas gambar dan juga meningkatkan kompressi supaya mengakses server bisa lebih ringan. Akan Saya bahas untuk melakukan itu dan sebaiknya lakukan cara ini hanya ketika koneksi internet benar-benar lambat. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan buka TightVNC Viewer pada PC dan langsung saja buka menu Options.

    Gambaran dari TightVNC pada PC

  2. Pada bagian Prefered Encoding, tetapkan sebagai Tight, Centang pada bagian Set custom compression level dan maksimalkan menjadi Best. Lalu centang juga pada Allow JPEG, set image quality dan kurangi quality sampai Poor atau kualitas 0.

    Gambaran dari TightVNC pada PC

  3. Sekarang simpan dan cobalah masuk pada VNC. Pasti sudah lebih cepat dari sebelumnya. Dan gambar yang dihasilkan akan lebih buruk namun koneksinya lebih cepat.
  4. Supaya tidak terlalu buruk, atur pada bagian Allow JPEG, set image quality untuk menambah quality sebanyak 2 atau 3.

Jadi intinya semakin besar kualitas gambar yang diatur, maka akan semakin bagus pula gambar yang akan ditampilkan tapi data yang dikeluarkan juga lebih banyak. Dan semakin sedikit mengatur kualtas gambar, maka semakin buruk gambar yang ditampilkan akan tetapi data yang dikeluarkan akan sangat sedikit dan koneksi lebih cepat.

Pada dasarnya TightVNC Viewer pun sudah bisa mengatur hal tersebut secara otomatis berdasarkan koneksi, akan tetapi beberapa orang lebih ingin menghemat datanya, maka dari itulah mereka mengatur kualitas gambar sekecil mungkin guna untuk membuat data yang keluar sangat sedikit, karena kebanyakan orang menggunakan VNC ini hanya untuk mengunduh dan mengunggah sesuatu pada internet. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment