≡ Menu

Membatasi Jumlah Perangkat yang Terhubung pada Modem Speedy

Menjelajahi internet tanpa adanya batasan adalah sesuatu yang diharapkan semua netizen yang ada di dunia. Saat ini melakukan hal tersebut hanya dapat dirasakan pada WiFi saja, sedangkan jika dengan jaringan seluler pasti akan terdapat batasan dan parahnya batasan yang diberikan akan menurunkan kecepatan signifikan dan pengguna hanya bisa melakukan browsing saja. Tapi memang begitulah peraturannya, tapi jika menggunakan WiFi, batasan yang didapat masih lebih baik ketimbang batasan di seluler.

Banyak hal yang membuat konksi menjadi lambat atau bahkan tidak bisa digunakan untuk menjelajahi internet lagi. Ini bisa dikarenakan karena banyaknya yang menggunakan koneksi tersebut dan parahnya lagi kecepatan yang digunakan mungkin sangat minim. Jadi misalnya pengguna saat ini berlangganan internet dengan kecepatan 1Mbps, kemungkinan ini akan stabil jika digunakan maksimal 10 perangkat.

Berbeda lagi jika pengguna mengatur QOS atau batasan pada setiap perangkat yang terhubung, pasti 1Mbps tersebut bisa dibagi-bagi dengan 20 perangkat. Pada modem Speedy biasanya diatur maksimal 100 atau bahkan 250 perangkat yang dapat terhubung, tentu ini adalah masalah serius. Bayangkan jika kecepatan 1Mbps dipakai 100 pengguna, pastilah internet tidak akan berjalan stabil karena koneksi dibagi-bagi. Maka dari itulah sebaiknya dibatasi maksimal perangkat yang terhubung pada modem Speedy tersebut, berkut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan sambungkan kabel LAN pada PC dan langsung saja menuju halaman pengaturan WiFi.
  2. Selanjutnya menuju pada bagian Interface Setup => LAN.

    Cara Membatasi Perangkat yang Terhubung pada Modem Speedy

  3. Perhatikan pada bagian Main IP Address adalah gateway dari WiFi dan juga termasuk dari batasan. Sekarang contohnya Saya akan mengatur untuk maksimal 20 orang, jadi diubah seperti ini 192.168.1.21. Angka 21 dibelakang untuk membatasi jumlah 20, sedangkan jika 50 maka harus 51.

    Cara Membatasi Perangkat yang Terhubung pada Modem Speedy

  4. Selanjutnya cukup klik SAVE dan sistem akan reboot dan sekarang batasan perangkat yang terhubung sudah diatur.

Beberapa website memberikan informasi yang salah mengenai pembatasan perangkat yang terhubung dan mengarah ke bagian IP Pool Count, padahal sangat jelas sekali bahwa fitur tersebut digunakan untuk menampilkan/melihat daftar perangkat yang terhubung dari tombol Current Pool Summary dari jumlah yang diatur. Sedangkan cara diatas sudah Saya coba sepenuhnya dan terbukti berhasil. Aturlah batasan sesuai kecepatan WiFi yang ada supaya koneksi internet tetap stabil untuk browsing dan streaming.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment