≡ Menu

Cara Sederhana Install Dropbear pada Linux Ubuntu

Proses Install Dropbear di Ubuntu

Jika pengguna pernah menuju website layanan penyedia tunneling gratis baik itu SSH ataupun VPN, pasti akan menemukan port 443 yang dapat digunakan untuk menyambungkan ke server. Port 443 pada SSH disebut sebagai Dropbear dan entah mengapa setiap orang lebih menyukai port tersebut dibanding yang lainnya. Dropbear sendiri adalah program sejenis openSSH hanya saja lebih ringan dan mudah untuk terhubung.

Tentang koneksi yang diberikan oleh program Dropbear ini sepertinya tergantung dari servernya. Tetapi adapula beberapa server yang lebih cepat menggunakan Dropbear ini dibanding OpenSSH. Saya sendiri pun saat ini masih menggunakan port 443 untuk server Saya sebagai tunneling dan memang terbukit nyaman dan terasa lebih stabil. Banyak opsi yang bisa diatur dengan adanya Dropbear, dan sebenarnya bisa juga mengatur port selain 443.

Port 443 sendiri adalah jenis HTTPS atau koneksi aman, tak heran ini dijadikan port Dropbear supaya terlihat aman meyakinkan. Disini akan Saya bagikan cara menginstall Dropbear pada VPS Ubuntu. Cara ini hanyalah cara yang sangat sederhana layaknya menginstall Squid Proxy, hanya saja menggunakan Dropbear tidak perlu mengatur konfigurasi lagi atau dengan maksud sekali pasang bisa langsung dipakai tanpa harus mengatur segalanya. Cara ini juga bisa digunakan untuk VPS Debian, dan silahkan simak dibawah ini.


  1. Pertama – tama silahkan masuk SSH dan ketikan perintah dibawah ini untuk memperbarui segalanya.

    sudo apt-get install update

    dan perintah ini juga

    sudo apt-get install upgrade
  2. Setelah itu saatnya untuk memasang Dropbear. ketikan perintah ini.

    sudo apt-get install dropbear

    Akan ada perijinan, silahkan ketik Y dan ENTER.

  3. Tunggu hingga proses selesai, dan apabila sudah silahkan ketikan perintah ini untuk menjalankannya pada port 443.

    dropbear -p 443

    Tambahan: untuk mengganti port lainnya, cukup ubah 443 dengan port yang diinginkan.

  4. Kemudian atur Security Group pada pengaturan VPS. Tambahkan port 443 (HTTPS) untuk bagian inbound. Selesai.

Cara yang mudah sekali bukan? Hanya beberapa menit saja pasti sudah selesai dan bisa menggunakan Dropbear. Proses instalasinya pun juga sangat cepat sekali atau dengan maksud tidak perlu menunggu waktu lebih dari 5 menit dan hanya hitungan detik saja sudah selesai. Jika membuka pada konfigurasinya, tersedia banyak sekali hal yang dapat dilakukan dan pengguna bisa mengaturnya bebas dengan syarat mengerti setiap opsi yang ada.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment