≡ Menu

Cara Mengatasi “Terjadi Error Ketika Membuat Koneksi Keamanan” di IDM

Logo Ineternet Download Manager

Mengunduh suatu konten adalah kebiasaan orang-orang ketika sedang berada pada internet. Baik itu mengunduh video, gambar, ataupun dokumen, beberapa dari unduhan tersebut sangatlah penting untuk disimpan, maka dari itu tidak hanya koneksi internet yang harus dijaga supaya tetap stabil, akan tetapi program untuk mengunduh berkas tersebut juga harus dilihat apakah benar-benar mengunduh berkas dengan benar atau justru tidak bisa sama sekali.

Saat ini program unduhan yang sangat populer adalah IDM. Program tersebut telah digunakan banyak sekali netizen yang ada di dunia untuk mempermudah proses pengunduhan berkas dari suatu website. Namun ada hal yang membuat IDM ini tidak bisa mengunduh berkas dengan benar dan ini meliputi dari puluhan masalah yang tentunya bisa diatasi dari pengaturan IDM. Adapun masalah yang serius yang mengakibatkan IDM tidak bisa mengunduh berkas yang diinginkan adalah masalah dari firewall ISP yang digunakan.

Salah satu kesalahan yang biasa terjadi adalah munculnya peringatan “Terjadi error ketika membuat koneksi keamanan pada server” dan ini juga mempengaruhi dari beberapa sisi, baik itu dari server dari berkas itu, atau terdapat kesalahan malfungsi pada PC yang mengakibatkan ini terjadi. Tapi apapun itu, hal tersebut sangatlah mengganggu dan menyebabkan pengguna tidak dapat meneruskan untuk mengunduh berkas tersebut. Jadi di artikel ini akan Saya bagikan cara mengatasinya, dan langsung saja silahkan simak berikut ini.


  1. Restart IDM – Dari kebanyakan kasus yang dialami pengguna dan bahkan Saya sendiri, bahwa masalah ini terjadi dikarenakan malfungsi pada program yang seolah memblokir alamat website tersebut pada satu tugas itu saja. Jadi cobalah untuk keluar dari IDM dengan cara klik kanan lalu pilih Keluar dan buka lagi program IDMnya, atau bisa juga melalui Task Manager dengan menghentikan proses bernama IDMan.exe dan mulailah ulang.
  2. Ubah HTTPS ke HTTP pada URL Unduhan – Cara ini bertujuan untuk keluar dari autentikasi dan terkadang ini tidak akan bekerja apabila pengguna mengunduhnya pada sebuah website sejenis forum yang mengharuskan pengguna masuk untuk mengunduh berkas.
  3. Ganti ke Jaringan Lainnya – Misalkan pengguna saat ini menggunakan IDM dengan sambungan dial-up atau modem, cobalah untuk menggunakan jaringan lain seperti WiFi jika ada. Bisa jadi masalah ini datang dari koneksi yang tidak diperbolehkan dari ISP.
  4. Cobalah Mengunduh Melalui Peramban – Step pertama adalah mematikan IDM pada suatu peramban pada pengaturan IDM. Lalu cobalah mengunduhnya secara langsung melalui peramban tersebut, jika berhasil maka kesalahan ini datang pada IDM yang sedang mengalami malfungsi dan perlu untuk dimulai ulang.
  5. Memuat Ulang Alamat Unduhan – Ini adalah cara terakhir, yaitu memuat ulang alamat unduhan yang sedang digunakan saat ini. Karena beberapa orang mungkin tidak mengetahui apakah alamat unduhan tersebut telah kadaluarsa atau masih dapat digunakan. Silahkan klik kanan pada unduhan dan tekan Refresh alamat download.

Dari keseluruhan, Saya lebih menyarankan untuk melakukan restart IDM karena menurut Saya mengatasinya lebih akurat. Penyebab itu terjadi biasanya dikarenakan koneksi yang tidak memadai atau bisa dikatakan idle cukup lama yang menyebabkan proses unduhan tidak berjalan dan mengakibatkan ini terjadi. Tapi terkadang ini juga dikarenakan server unduhan yang memang bermasalah dan pengguna bisa mengganti protokolnya menjadi HTTP tanpa huruf S diakhhir. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • ifan September 3, 2017, 4:40 am

    mantap kali! klo download ulang nyerah ane..

  • DFG17 June 10, 2017, 7:45 pm

    waahhh… berhasill… Mantaaaaaaaappp

  • Anonim June 5, 2017, 2:37 pm

    thank’s kang,work di ane,ngebantu banget..

Leave a Comment