≡ Menu

Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop

Pernah mendengar apa itu Skype? yaitu adalah layanan video call yang sangat terkenal sejak lama hingga sekarang. Dulu banyak yang memakai Skype untuk melakukan panggilan video, namun sekarang sudah banyak website semacam sosial media yang memiliki fitur video call, contohnya adalah Facebook. Pada Facebook pun pengguna bisa melakukan percakapan video secara mudah baik menggunakan perangkat mobile atau laptop.

Satu hal pasti supaya bisa melakukan percakapan video pada laptop adalah memastikan adanya kameranya. Karena tidak semua laptop memiliki kamera dan kebanyakan memiliki kualitas kamera yang tidak begitu bagus. Akan tetapi masih bisa juga diperbagus dengan memakai kamera portable. Beberapa orang menanyakan tentang kamera yang ada pada laptop miliknya tentang cara penggunaanya. Sebenarnya ini sangatlah mudah karena pengguna tersebut cukup memasang program webcam pada laptopnya.

Akan tetapi masalahnya tidak seperti itu, namun kamera tidak tampil atau hanya ada gambar hitam saja. Ini bisa dipastikan bahwa kamera laptop belum diaktifkan. Untuk mengaktifkannya pun juga sangat sederhana sekali. Pada artikel ini akan Saya bagikan tentang tata cara mengaktifkan kamera pada laptop ini dan pastikan sebelumnya bahwa laptop telah memiliki kamera yang ada baik disudut kiri, kanan, tengah diatas monitor. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama hidupkan laptop dan langsung saja klik START dan ketik Device Manager lalu tekan ENTER pada keyboard.

    Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop

  2. Kemudian pengguna akan ditujukan pada jendela baru yaitu tempat dimana seluruh driver terpasang. Sekarang pengguna cukup tekan FN dan F10 secara bersamaan pada keyboard.
  3. Maka pada jendela Device Manager tersebut akan seolah melakukan refresh otomatis dan cobalah mencari apakah terdapat menu Imaging Device, jika ada silahkan klik 2 kali.

    Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop

  4. Jika terdapat driver pada Imaging Device, berarti kamera sudah siap untuk digunakan dan untuk mencoba bisa tidaknya silahkan gunakan program webcam atau melakukan panggilan video pada Facebook.

    Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop


Suatu laptop mungkin memiliki tombol kamera yang berbeda pada keyboardnya. Jadi jika cara diatas tidak bisa, cobalah untuk mencari tombol dari F1, F2, F3, dan seterusnya yang memiliki ikon kamera. Jika sudah ketemu cukup tekan secara bersamaan dengan tombol FN. Gunakan keyboard asli pada laptop dan jangan menggunakan keyboard portable, sebab keyboard portable biasanya tidak memiliki tombol FN. Jika pengguna ingin mencoba kamera secara online, silahkan menuju website Online Webcam Test.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment