≡ Menu

Tips Supaya Koneksi Tidak Sering Disconnect

Mencari Koneksi

Tidak semua orang selalu merasakan koneksi yang stabil. Meskipun kadang signal tertera sangat baik tapi tidak begitu pula dengan koneksi yang ada dan tergantung dari keadaan. Dan hal ini banyak dialami oleh pengguna yang berada diwilayah desa dan sedangkan di wilayah kota kemungkinan sangat kecil untuk merasakan koneksi yang tidak stabil. Namun tidak semua desa juga merasakan koneksi tidak stabil setiap harinya, karena koneksi paling parah mungkin selalu ada di hari minggu dengan berbagai alasan.

Beberapa pertanyaan yang pernah Saya lontarkan pada operator dari beberapa penyedia kartu SIM di indonesia menyatakan koneksi yang tidak stabil bisa dikarenakan beberapa hal dan yang paling banyak dialami oleh pengguna adalah kepadatan koneksi. Untuk mengatasinya biasanya mereka melakukan perbaruan jaringan dari nomor tersebut supaya dan Saya rasa itu pun masih tidak bekerja dengan seharusnya.

Masalah yang dialami dari koneksi yang tidak stabil adalah seringnya disconnect secara otomatis. Ada banyak hal yang membuat koneksi yang sering disconnect dan ini berbeda-beda tergantung situasi, bisa dikarenakan koneksi tidak melakukan apa-apa atau bisa dikatakan idle, lalu ada juga dikarenakan mode koneksi yang digunakan saat ini tidak seperti seharunya. Dan berikut ini Saya berikan beberapa tips supaya koneksi tidak sering disconnect.


  1. Melakukan PING ke DNS – Cara ini tergolong sederhana karena pengguna cukup melakukan proses PING untuk segala DNS untuk memungkinkan koneksi selalu beraktivitas. Pengguna dapat menerapkan cara ini pada berbagai peranti yang digunakan, baik itu PC ataupun ponsel bisa melakukan cara ini. Jika pada PC gunakan CMD, jika pada smartphone seperti Android gunakan Terminal.
  2. Cek Mode Jaringan – Siapapun bisa lupa tidak memikirkan mode jaringan yang sedang dipakai. Apakah itu menggunakan jaringan 2G, 3G atau menggunakan 4G. Sebaiknya diatur sebagai 3G karena saat ini jaringan tersebut yang memiliki cakupan luas di banyak wilayah dibanding 4G.
  3. Gunakan Layanan VPN – Faktanya VPN memang tidak bisa digunakan untuk mempercepat jaringan, tapi setidaknya ini bisa digunakan sebagai penyetabil jaringan yang mana hampir sama dengan melakukan ping beberapa waktu. Selain itu menggunakan VPN juga melindungi data dari internet supaya tak disadap.
  4. Restart Perangkat – Cobalah untuk melakukan restart pada perangkat saat ini, mungkin saja koneksi yang sering disconnect disebabkan dari sistem yang bermasalah.
  5. Pasang Kartu SIM pada Perangkat Lainnya – Silahkan lepas kartu dan pasang pada perangkat lain, baik itu ponsel ataupun modem. Jika pada perangkat yang baru tidak sering disconnect, berarti perangkat sebelumnya memiliki kesalahan pada sistem yang membuat koneksi tidak stabil dan berhenti seketika.
  6. Melaporkan ke Operator – Jika cara diatas dirasa masih sama saja, sebaiknya laporkan langsung pada operator. Untuk melaporkan Saya sarankan langsung melalui pemanggilan ke nomor customer service karena tergolong lebih cepat dibanding melalui Twitter dan Email. Bisa dipastikan mereka akan meminta alamat yang lengkap termasuk RT RW untuk melihat jaringan stabil tidaknya.

Cara diatas hanya berlaku untuk koneksi yang dijalin dari kartu SIM dan tidak akan bisa diterapkan pada koneksi WiFi. Sebaiknya lakukan dari yang paling atas kebawah. Disini maksud dari disconnect adalah koneksi yang tidak merespon, contohnya jika digunakan untuk membuka suatu halaman di internet hanya akan tampil proses memuat. Tapi Saya sendiri pun sampai saat ini menggunakan cara paling pertama setiap hari minggu dan itu benar-benar berfungsi dengan baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment