≡ Menu

(ROOT) Trik Mengganti Device ID pada Android

Setiap ponsel memiliki sebuah identitas yang tidak bisa diganti-ganti dan akan tetap seperti itu, kecuali pada smartphone seperti Android saat ini masih bisa diubah sesuai keinginan penggunanya dan ini juga bukanlah hal yang ilegal. Ponsel Android memiliki fungsi dan sistem yang pintar yang mana membuat ponsel ini menjadi nomor satu dari segala jenis ponsel lainnya yang ada di dunia. Terdapat fitur menarik yang akan membuat penggunanya terus memakainya dan akan lebih banyak lagi fitur tambahan ketika pengguna berhasil menerobos sistem dalam.

Maksud dari menerobos sistem dalam adalah melakukan rooting dan dengan begitu pengguna dapat melakukan segala hal yang lebih yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Contohnya seperti mencadangkan data secara penuh dan bisa dikembalikan lagi. Tidak hanya itu saja, akan tetapi ponsel yang telah diroot bisa mengganti identitas ponsel tersebut dan ini juga masih butuh bantuan aplikasi seperti Xposed Framework untuk mengubah segalanya lebih mudah.

Tapi yang paling penting adalah Device ID, setiap ponsel memiliki Device ID yang berbeda-beda dan ini bukanlah satu-satunya ID yang memiliki jenis karakter yang unik, tapi masih ada yang lain seperti Android ID. Namun yang biasanya digunakan dari Device ID ini untuk mengenali perangkat ponsel dan jika diganti maka aplikasi tersebut seakan mendeteksi sebagai ponsel lain dan bisa saja data yang sebelumnya akan corrupt. Mengganti Device ID pada Android sangatlah mudah, berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan unduh aplikasi Device ID Changer pada bawah artikel ini dan langsung pasang.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut dan pengguna akan disiapkan Device ID dari karakter acak yang disiapkan, pengguna bisa memilih icon “Change” untuk memilih yang lainnya.

    Trik Mengganti Device ID pada Android

  3. Jika sekiranya sudah memilih ID yang akan dipakai nantinya, sekarang cukup tekan icon “Submit”.

    Trik Mengganti Device ID pada Android

  4. Sekarang akan tampil dialog perijinan dari SuperUser, silahkan ijinkan saja dan seketika Device ID berhasil diubah. Untuk mengembalikannya sangatlah mudah, silahkan lihat pada bagian bawah bertuliskan Original ID dan pengguna cukup menekan icon “Submit” untuk mengganti kesemula.

    Trik Mengganti Device ID pada Android


Biasanya untuk pertama kali ketika pengguna menekan icon “Submit” tadi, proses munculnya dialog SuperUser akan berlangsung sedikit lama dan silahkan ditunggu saja kurang lebih 10 detik saja. Dengan mengganti Device ID ini tidak sepenuhnya merubah segala identitas pada ponsel, karena jika ingin melakukan hal tersebut harus menggunakan aplikasi lain dan ponselnya juga harus terpasang Xposed Framework, dan dengan cara diatas tidak perlu bantuan Xposed Framework dan sepenuhnya bisa diguankan dengan syarat ponsel dalam kondisi telah diroot.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment