≡ Menu

Menghapus pagefile.sys Secara Aman pada PC

Tahukah pengguna bahwa ada kemungkinan PC yang saat ini digunakan tidak hanya bekerja dari sebuah memory RAM saja, akan tetapi juga memerlukan sebuah bantuan berupa virtual RAM yang berbentuk dari berkas yang terletak pada hard drive. Berkas tersebut tidak akan kelihatan kecuali pengguna mengatur pada Windows supaya bisa melihat folder atau berkas yang tersembunyi, dan dengan begitu pengguna akan melihat berapa besar virtual memory yang dipakai saat ini.

Berkas yang tersimpan yaitu bernama pagefile.sys. Sudah terlihat disini bahwa itu adalah sebuah berkas yang memiliki format dari sistem yang mana tidak boleh dialihkan seperti dihapus, dipindah, atau lain-lain. Sebenarnya berkas tersebut tidak bisa dihapus meski menggunakan perijinan administrator, lalu bagaimana cara untuk menghapusnya? Jadi disini harus mengatasinya langsung dari sistemnya.

Mengatasi langsung dari sistem sangatlah aman dan tidak perlu mengganti apapun. Yang diperlukan hanyalah menggaturnya supaya berkas tersebut bisa hilang dan atau dipindahkan ke drive yang lainnya. Pada dasarnya berkas pagefile ini memang terletak pada drive C dan sehubungan ukuran drive tersebut tidak sebanyak yang lainnya, maka akan lebih baik dipindah pada drive yang lain. Tapi pengguna juga bisa menghilangkan pada semua drive jika memang diinginkan. Tapi ketahulah resikonya. Berikut ini tata cara menghapus pagefile.sys dengan aman.


  1. Pertama – tama silahkan klik START lalu klik kanan pada Computers dan pilih Properties.

    Cara Menghapus pagefile.sys Secara Aman

  2. Sekarang akan dibawa pada halaman baru, pilih pada Advanced system settings.

    Cara Menghapus pagefile.sys Secara Aman

  3. Akan muncul sebuah dialog, dan pada tab Advanced, silahkan klik tombol Settings pada bagian Performance.

    Cara Menghapus pagefile.sys Secara Aman

  4. Akan muncul dialog lagi, dan langsung saja menuju tab Advanced dan klik tombol Change pada bagian Virtual memory.

    Cara Menghapus pagefile.sys Secara Aman

  5. Sekarang saatnya menghapusnya. Jadi terdapat pilihan direktory, pilihlah drive C, lalu dibawahnya terdapat pilihan untuk ukuran paging file tersebut, cukup pilih sebagai No paging file. Lalu klik tombol Set dan dilanjutkan menekan OK.

    Cara Menghapus pagefile.sys Secara Aman

  6. Sesudahnya cukup restart PC dan lihat, pasti berkas pagefile.sys sudah tiada.

Saya lebih menyarankan untuk memindahkan daripada menghapusnya, karena Windows masih perlu bantuan virtual memory untuk meningkatkan kinerja dari RAM. Jika PC dengan RAM 4Gb mungkin tidak masalah menghapusnya, tapi jika untuk PC dengan RAM 2Gb akan lebih baik memindahkan ke drive yang lain. Tata cara memindahkannya juga terbilang hampir sama seperti diatas, hanya saja pada pilihan memilih ukuran paging file, cukup pilih sebagai System managed.

Paging File ini juga bisa disebut sebagai SWAP yang mana akan menyimpan suatu komponen sebuah program dan menggantikan kinerja RAM. Jika hanya RAM yang digunakan tentu beberapa fungsional akan berkerja tidak seperti biasanya, seperti lebih lambat, untuk itulah Saya menyarankan untuk memindahkannya. Dan akan lebih baik hanya membuat satu file paging saja, karena pada Windows bisa membuatnya pada setiap drive.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment