≡ Menu

Cara Mengatasi Tautan Bermasalah pada Profil Instagram

Instagram adalah sebuah sosial media yang dikhususkan untuk pengguna ponsel guna untuk membagikan setiap momen terbaik yang pernah ada. Banyak hal yang terjadi pada Instagram seperti sebuah kesalahan dan mememungkinkan itu adalah dari kesalahan sistem atau pengguna itu sendiri yang tidak menaati peraturan yang telah dibuat. Contoh halnya dari kebanyakan kasus yang dialami banayk pengguna baru adalah pemblokiran, dan ini sangat biasa untuk mencegah orang tersebut melanggar untuk selanjutnya.

Yang aneh daripada sebuah pemblokiran adalah fitur yang tiba-tiba tidak dapat digunakan seperti melakukan komentar, memberikan like/love dan mengikuti seseorang. Ini biasanya juga berunsur bahwa akun telah diblokir sementara, tapi adapun masalahnya ini dikarenakan link yang dituliskan pada halaman profil berisi tautan yang diblokir oleh Instagram sehingga pemberitahuan itu muncul terus-menerus. Biasanya pesan yang akan didapat adalah seperti ini “Sepertinya profil Anda berisi link (Alamat IP) yang tidak diperbolehkan” atau dalam bahasa Inggris seperti ini “It looks like your profile contains a link (IP Address) that is not allowed“.

Itu bukanlah masalah yang besar dan tentunya masih bisa diatasi dengan cara mengubah link atau tautan pada profil tersebut dengan yang lainnya. Contohnya saja jika pengguna saat ini memberikan alamat website sepertti URL Facebook dan mendapatkan pesan tersebut, cukup ganti URL yang tadi dengan yang baru dan jangan dengan URL Facebook lagi dan seperti mengarah ke website blog atau sejenisnya dan akan lebih baik tidak diisi jika tidak memiliki website sendiri. Untuk selengkapnya, silahkan baca cara mengatasinya dibawah ini.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada Instagram dan buka pada bagian profil.

    Cara Mengatasi Profil Berisi Tautan yang Tidak Diperbolehkan pada Instagram

  2. Sekarang silahkan klik tombol pada bagian kanan atas seperti pada gambar.

    Cara Mengatasi Profil Berisi Tautan yang Tidak Diperbolehkan pada Instagram

  3. Sekarang silahkan skroll kebawah dan pilih menu Edit Profil.

    Cara Mengatasi Profil Berisi Tautan yang Tidak Diperbolehkan pada Instagram

  4. Tunggu hingga loading selesai dan sekarang pengguna akan menemukan tautan yang dipakai saat ini, contoh halnya pada gambar Saya menggunakan link website ini, silahkan ganti dengan tautan lain atau lebih baik tidak mengisinya.

    Cara Mengatasi Profil Berisi Tautan yang Tidak Diperbolehkan pada Instagram

  5. Tahap terakhir cukup menekan tombol centang yang ada pada bagian kanan atas, dan selesai.

    Cara Mengatasi Profil Berisi Tautan yang Tidak Diperbolehkan pada Instagram


Setelah melakukan cara diatas, cobalah melakukan aktivitas seperti berkomentar. Jika masih muncul peringatan seperti itu silahkan tunggu maksimal 1 sampai 3 hari dan lihat kembali apakah masih mendapatkan peringatan yang sama? Ada banyak website yang berdasarkan alamat IP diblacklist oleh Instagram atau dengan maksud semua pengguna tidak boleh menggunakan link tersebut karena mengandung alamat IP yang diblokir. Jadi menurut Saya lebih baik tidak perlu mengisi tautan apabila tidak memiliki website pribadi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 10 comments… add one }
  • Wulan September 30, 2017, 5:50 pm

    Terimakasih caranya. Sangat membantu sekali

  • Zaini September 5, 2017, 1:56 pm

    kok saya masih tidak bisa ya mas, padahal saya tidak memasang situs web atau bio apapun. Sudah saya log out berulang kali tetap sama. Kotakan yang muncul berisi tulisan “Tautan tidak diizinkan. Sepertinya profil anda berisi tautan (36.79.5.208) yang tidak diizinkan. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beritahu kami jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan”. Mohon bantuannya mas,

    • rrobyf September 7, 2017, 7:58 am

      Coba mengecek pada salah satu deskripsi gambar atau video yang baru-baru ini ditambahkan. Bisa jadi terdapat kesalahan pengetikan yang mengakibatkan sebuah kata merujuk menjadi sebuah link. Contohnya membuat kata-kata berakhiran karakter dot com.

  • Tia eka putri August 28, 2017, 9:44 am

    Ka, saya udah coba seperti yg td., nah saya menyantumkan alamat youtube di bio pas dihapus malahan feedback required
    Jadinya gmna ka?

    • rrobyf August 28, 2017, 10:40 am

      Cukup kirim feedback ke Instagram dari menu bernama Kirim Masukan yang biasanya ada di menu profil.

  • Zan July 3, 2017, 4:33 am

    Padahal saya tidak memberikan link apapun di profil saya tapi saya masih di berikan tautan (censored) tolong dong mba/mas please

    • rrobyf July 3, 2017, 11:57 am

      Cobalah untuk melihat pada deskripsi gambar atau video yang dibagikan akhir-akhir ini ketika mendapatkan pemberitahuan tersebut. Barangkali pengguna menyertakan link pada deskripsi konten tersebut yang mana IP dari link itu diblokir oleh Instagram. Mohon maaf IP yang tertulis berada di komentar saya sensor untuk alasan tertentu.

  • irfan June 14, 2017, 1:48 pm

    kok saya masih tidak bisa ya mas, padahal saya tidak memasang situs web atau bio apapun. Sudah saya log out berulang kali tetap sama. Kotakan yang muncul berisi tulisan “Tautan tidak diizinkan. Sepertinya profil anda berisi tautan (36.79.5.208) yang tidak diizinkan. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beritahu kami jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan”. Mohon bantuannya mas, padahal saya login di pc bisa dan like, komentar juga bisa di pc, namun ketika di hp selalu muncul kotakan itu. Terimakasih

    • rrobyf June 15, 2017, 4:29 am

      Coba perhatikan pada postingan baru-baru ini yang dibuat, apakah pada deskripsi gambar atau video terdapat link?

  • Ra.Pasir June 1, 2017, 10:14 am

    terimakasih sangat membantu

Leave a Comment