≡ Menu

Trik Jitu Mengatasi Browser Opera Lambat pada PC

UC Browser Animation

Opera adalah salah satu peramban yang paling Saya sukai daripada yang lainnya pada PC, walaupun fungsinya menggunakan chromium tapi dari semua peramban yang Saya gunakan, hanya Opera saja yang sangat cocok dan tidak lambat walau digunakan membuka banyak tab sekalipun. Peramban ini juga memiliki pembaruan setiap bulannya baik itu penambahan fitur baru atau perbaikan bug. Salah satu fitur yang disukai banyak orang pada peramban ini adalah wallpaper yang bisa bergerak, tapi tahukah pengguna jika itu hanya akan membuat permaban terasa lambat?

Wallpaper yang bergerak memang terlihat bagus, akan tetapi tidak terlalu bagus untuk perforam PC yang memiliki spesifikasi rendah, contohnya saja PC dengan RAM 1Gb dan prosesor dibawah 2Ghz pasti akan sangat dikhawatirkan menggunakan wallpaper bergerak pada Opera ini. Bukan hanya wallpaper saja yang sebenarnya membuat Opera ini lambat untuk dibuka atau bahkan membuka banyak tab, tapi extension yang terpasang juga bisa berpengaruh.

Jika sebuah peramban tidak terpasang sebuah extension, pastilah akan sangat ringan sekali. Sebab faktor yang menyebabkan permaban menjadi lambat dikarenakan extension yang berlebihan dan tetap dinyalakan. Membuka satu halaman pada tab juga memiliki ukuran yang tidak sedikit, tergantung dari besarnya halaman tersebut. Hal yang terjadi ketika peramban sangbat lambat ini juga akan membuat seluruh program terasa lambat akibat dari peramban itu sendiri sehingga terlihat pada task manager pada bagian memory tersedia sangatlah sedikit. Tapi jika pengguna saat ini menggunakan peramban Opera, berikut ini tips untuk membuatnya tetap normal dan tidak lambat.


  1. Tidak Memakai Wallpaper Bergerak – Paling Saya unggulkan karena banyak orang yang tergiur memakai wallaper yang bergerak dan menarik tanpa mengetahui efek samping nantinya yang akan membuat peramban tersebut menjadi lambat dan sukar untuk menelusuri internet. Solusinya cukup menggunakan wallaper biasa yang tidak bergerak.

    Tips Mengatasi Peramban Opera Sangat Lambat

  2. Mematikan Extension Selagi Tak Terpakai – Sebuah extension memang memiliki keunggulan yang berbeda-beda, bisa melakukan banyak hal seperti mem-blokir iklan, mengganti jaringan, dan lain-lain. Tapi sebaiknya pengguna tidak menggunakan sebuah extension secara berlebihan karena itu hanya akan menambah memory sesak dan memicu lambat tidak hanya pada peramban saja.

    Tips Mengatasi Peramban Opera Sangat Lambat

  3. Menghapus Data Beberapa Hari Sekali – Pada dasarnya Opera juga memiliki fitur pintar untuk menghapus seluruh data browsing yang ada, namun jika terus menumpuk justru tidak akan baik. Hal ini akan terasa ketika pengguna mencoba membuka peramban Opera seolah waktu yang diperlukan untuk membukanya sedikit lebih lama, jadi sebaiknya hapus data seperti cache dan riwayat dengan rutin, atau supaya lebih mudah gunakan program seperti Ccleaner.

    Tips Mengatasi Peramban Opera Sangat Lambat

  4. Kill GPU Proses – Ini adalah tips yang terakhir, yang mana sangat berfungsi untuk menurunkan ukuran memory pada peramban opera secara signifikan. Jadi apabila pengguna merasa pada Opera sangat lambat, cobalah untuk menuju Menu => Developer => Task Manager. Pilih task bernama GPU Process: dan klik tombol End Process, dan permaban Opera akan normal kembali dan tidak akan lambat seperti sebelumnya.

    Tips Mengatasi Peramban Opera Sangat Lambat


Empat cara diatas sangat berguna sekali bagi pengguna Opera yang sering mengalami lambat ketika mengunjungi website. Dan Saya sendiri sering sekali melakukan cara yang terakhir apabila suatu saat peramban sangat lambat dan tidak ada efek samping apapun. Contoh dari extension yang tidak perlu digunakan adalah seperti AD Block dan History Eraser, sebab kedua alat tersebut sudah tersedia pada Opera walau tidak menggunakan extension. Jika ada yang ingin ditanyakan atau menambah sesuatu supaya Opera tidak lagi lambat, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Banner Bawah Artikel

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment