≡ Menu

Cara Memindahkan File dari RDP ke PC

RDP atau dalam panjangannya adalah Remote Desktop Protocol ini sangat berguna untuk mengalihkan komputer lain pada perangkat saat ini, sebenarnya bukan RDP saja, tapi ada beberapa jenis seperti VNC dan lain-lain. Tapi kebanyakan orang lebih memilih RDP karena mudah dalam digunakan dan tidak sukar ketika ingin memasangnya. Jadi jika menggunakan RDP ini bisa dikatakan praktis atau tidak perlu menyetel sesuatu yang panjang untuk dipahami layaknya memasang desktop manual pada Linux/Ubuntu.

Membahas tentang RDP, pasti pengguna yang telah menyiapkannya akan mencari cara untuk memindahkan file dari RDP ke PC, tapi perlu diketahui juga bahwa memindah file tersebut juga tergolong lama tergantung koneksi jaringan pengguna saat ini. Beda pula jika ingin memindahkan antar RDP pasti sangat cepat karena jaringan RDP sangat cepat sekali melebihi jaringan reguler yang ada di Indonesia.

Jadi Saya peringatkan untuk melakukan transfer file dari RDP ke PC dengan koneksi tergolong cepat, karena istilahnya perangkat pengguna yang akan mengunduh data dari RDP tersebut. Jika Saya sendiri lebih suka menggunakan FTP karena lebih stabil prosesnya. Terkadang pula juga pernah Saya pindahkan ke direktori halaman utama website yang saat itu memakai XAMPP, dengan begitu Saya bisa mengunduh file tersebut melalui IDM dan dapat melakukan pause dan resume kapan saja. Tapi apabila pengguna ingin langsung memindahkan file dari RDP ke PC melalui explorer, berikut ini caranya.


  1. Pertama – tama silahkan buka Remote Desktop Conection dan langsung saja pilih pada menu Option.

    Cara Memindahkan File dari RDP ke PC

  2. Selanjutnya pilih pada tab Local Resource. Perhatikan pada bagian Local device and resources, pilih pada tombol More.

    Cara Memindahkan File dari RDP ke PC

  3. Sekarang tinggal pilih drive mana yang akan digabungkan dengan RDP dan dilanjutkan dengan menekan tombol OK.

    Cara Memindahkan File dari RDP ke PC

  4. Tahap terakhir, cukup hubungkan RDPnya dan lihat pada explorer pasti pada bagian My Computers sudah terdeteksi drive yang baru dan untuk memindahkan filenya cukup lakukan seperti biasanya, atau langsung drag and drop saja.

    Cara Memindahkan File dari RDP ke PC


Memindahkan file dari RDP ke PC ini tidak dapat dihentikan sementara atau di-pause, dan semakin besar file maka semakin lama pula memindahkan file tersebut kecuali pengguna saat ini mengguankan koneksi super cepat pasti itu bisa diminimalkan. Saran Saya sendiri lebih baik memindahkan file yang besar menggunakan FTP karena menurut Saya lebih cepat dan praktis. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment