≡ Menu

Atasi File .thumbnails yang Memiliki Ukuran Besar di Android

Selalu ada kekurangan yang ditemukan pada setiap ponsel Android, dan kebanyakan terjadi hanya pada software saja dan tidak mempengaruhi apapun pada hardware. Salah satunya yang paling banyak terjadi adalah dari rom yang terpasang saat itu. Tapi hal ini lebih banyak dialami oleh ponsel buatan china dan untuk merk yang telah mendunia jarang sekali ditemukan masalah jenis ini yang terdapat pada stockrom.

Berbagai jenis kesalahan dari fungsi yang tidak bisa diaktifkan, lalu membuka aplikasi sistem terkadang keluar atau force close dan biasanya hal tersebut bisa diperbaiki melalui fitur wireless update. Fitur tersebut berguna untuk memperbarui sistem ponsel saat itu dengan versi yang lebih baru dan memungkinan kesalahan yang terjadi sebelumnya telah dibetulkan. Memang ada ponsel china yang sering melakukan pembaruan, namun kebanyakan tidak ada pembaruan lagi dan ini tidaklah professional.

Terakhir kali ponsel yang Saya beli juga buatan china dan sampai sekarang pun tidak pernah mendapati sebuah pembaruan. Ditambah pada stockrom juga memiliki beberapa kesalahan, dan salah satunya adalah proses tembolok yang menumpuk dan mengatasinya pun harus menghapus secara manual. File tembolok atau cache yang menumpuk ini ada pada folder .thumbnails yang ada pada SDCard dan parahnya file didalamnya memiliki ukuran yang sangat besar.

Tentunya jika tidak diatasi sekarang, pengguna yang mengalami masalah yang sama harus menghapus folder tersebut secara rutin. Dan folder tersebut berasal dari Gallery yang mana menyimpa file sementara dari gambar ukuran kecil dan sedang, tapi anehnya itu terus menerus menumpuk dan hal ini harus diatasi secepatnya. Tidak perlu akses root untuk mengatasi hal ini, jadi ponsel apapun yang mengalami masalah sejenis ini bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan siapkan aplikasi file manager yang memiliki fitur advanced. Disini Saya menggunakan X-Plore. Pada pengaturan X-plore silahkan atur seperti ini supaya bisa membaca file yang tersembunyi.

    Cara Mengatasi File .thumbnails yang Menumpuk dengan Ukuran Besar di Android

  2. Selanjutnya buka folder DCIM, disana pasti terdapat folder bernama .thumbnails, silahkan langsung hapus saja.

    Cara Mengatasi File .thumbnails yang Menumpuk dengan Ukuran Besar di Android

  3. Kemudian buat file baru dengan cara menekan tombol New Text File yang ada dibagian samping. Lalu silahkan buat nama file tersebut sebagai .thumbnails tanpa extensi atau format. Lalu akan ditujukan pada sebuah editor dan cukup tekan spasi, lalu klik opsi dan pilih Save

    Cara Mengatasi File .thumbnails yang Menumpuk dengan Ukuran Besar di Android

  4. Untuk mengetahui bekerja tidaknya, cobalah untuk membuka file Gallery dan lihatlah pada folder DCIM tadi, apakah terdapat folder .thumbnails atau tidak ? Jika tidak ada berarti berhasil.

Mudah sekali bukan? Hanya perlu menghapus folder thumbnails tersebut dan membuatnya sebagai file dan dengan begitu folder tidak akan terbuat lagi dan tidak akan ada file tembolok gambar yang akan menumpuk lagi. Selain menggunakan X-Plore, pengguna juga bisa memakai aplikasi file manager sesuai keinginan dengan syarat harus bisa mengedit extension atau format, sebab file .thumbnails yang akan dijadikan nama file ini tidak memerlukan format apapun dan hanya sebuah file kosong saja untuk mengalihkan sistem supaya tidak membuat folder dengan nama tersebut karena seolah itu sudah ada.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment