≡ Menu

6 Keunggulan dari Browser Puffin di Android

Keunggulan dari Peramban Puffin di Android

Sebuah Browser atau peramban adalah salah satu alat yang bisa membawa pengguna mengelilingi internet dengan cara yang mudah dan tentunya mendapatkan apa yang diinginkan. Saat ini kebanyakan orang menggunakan internet untuk mencari informasi, baik itu pelajaran sekolah, berita, dan permainan untuk menyegarkan pikiran. Ada jutaan website yang ada di internet yang memiliki konten yang berbeda-beda, dengan begitu setiap orang membuka internet pasti akan menemukan sesuatu yang dicari-cari.

Dari peramban itulah mereka menemukan konten tersebut dan sekaligus menggunakannya untuk menyimpan ataupun membaca sesuatu didalam website. Tanpa peramban, tidak akan bisa mengunjungi website dan untuk saat ini semua ponsel memiliki peramban, baik itu Safari, Chorme, Firefox, dan lain-lain. Namun sebenarnya masih ada banyak peramban lain yang tersebar gratis dan juga memiliki fitur yang lebih baik ketimbang peramban yang lebih populer.

Salah satunya adalah Puffin Browser. Sekilas dilihat bahwa peramban tersebut terlihat kurang bagus diluar, tapi jika pengguna mencobanya sekali pasti akan meneruskan untuk menggunakan peramban tersebut dan bisa jadi ketagihan akan fitur yang disediakannya. Selain Puffin sebenarnya masih banyak lagi peramban lainnya dan memiliki tampilan yang berbeda-beda dans fitur yang khas. Pada Puffin sendiri juga memiliki fitur khas yang tidak dimiliki oleh peramban lain. Berikut ini fitur keunggulan dari Puffin Browser.


  1. Menelusuri Website Sangat Cepat – Puffin mengklaim dirinya lebih cepat 50% dibanding peramban lainnya dan ini memang benar sekali. Sebuah fitur kecepatan ini bahkan menandingi UC Browser yang katanya sangat cepat untuk melakukan browsing, akan tetapi pada Puffin 8x lebih cepat mengunjungi website layaknya sedang mengguanakan server cloud padahal itu tidak sama sekali.
  2. Memiliki Plugin Flash Internal – Dengan adanya plugin Flash yang langsung tersedia pada peramban ini, tidak perlu lagi memasang ulang aplikasi Adobe Flash supaya konten flash yang ada pada website bisa ditampilkan. Pada Puffin juga sudah memiliki kualitas flash yang bagus dan itu masih diberi kelebihan untuk mengatur kualitas flash lebih kecil atau besar guna menghemat keluaran data.
  3. Mengunduh File pada Penyimpanan Cloud – Ini adalah fitur dimana pengguna bisa mengalihkan proses unduhan untuk disimpan pada penyimpanan cloud yaitu Google Drive dan Dropbox. Maksimal unduhan file yang diberikan adalah 1Gb per file dan dengan begitu pengguna bisa mengunduh ulang file tersebut dari penyimpanan cloud lebih cepat tanpa ada batasan kecepatan.
  4. Tema Berdasarkan Warna dan Wallpaper – Puffin memiliki tampilan yang sederhana dan tidak terlalu mencolok, untuk itulah peramban ini hanya menggunakan beberapa warna yang disediakan pada pengaturan dan wallpaper yang masih dapat diubah oleh pengguna, hal ini memungkinan setiap pengguna tidak merasa bosan ketika tetap menggunakan peramban ini.
  5. Mengunjungi Website dengan Versi Desktop – Mungkin fitur sudah biasa dalam kebanyakan pengguna yang telah mengerti pergantian useragent, tapi pada Puffin ini seolah tidak hanya useragent saja, akan tetapi resolusi layar juga tampak diubah sehingga website yang diminati akses versi dekstop benar-benar mengira bahwa pengguna saat ini seolah mengguanakan komputer.
  6. Memiliki Fitur Diagnosa Jaringan – Hal ini dimaksudkan untuk pengguna yang menggunakan koneksi yang bermasalah, jadi Puffin akan melakukan diagnosa seperti menampilkan respon dari HTTP atau HTTPS dan lain-lain sehingga bisa sampai melakukan reconnect kembali ke server Puffin.

Enam keunggulan diatas tidaklah semuanya karena bisa saja Puffin menambah fitur yang lebih fantastis kedepannya. Pada tahun 2016 sepertinya Puffin tidak melakukan banyak pembaruan dan jika pengguna membeli versi berbayar permaban Puffin ini akan diberikan banyak lagi kelebihan yang lain. Satu hal yang masih perlu ditingkatkan pada Puffin hanyalah cara supaya peramban ini tetap ringan untuk ponsel kualitas rendah, dengan begitu akan lebih banyak peminatnya. Jika saat ini belum memilikinya unduh sekarang juga Puffin Browser dan rasakan kecepatan ketika menelusuri website.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • kocol December 15, 2016, 2:48 pm

    kayanya browser puffin sangat keren bos, tapi sangat disayangkan androidku gak mendukung bos, sedih bos 🙁

    • rrobyf December 17, 2016, 7:14 am

      Puffin masih tergolong berat gan, dan semoga saja nantinya terdapat perbaruan supaya semua ponsel dapat menggunakan peramban ini.

Leave a Comment