≡ Menu

Tutorial Menjalankan CGI Proxy pada Shared Hosting

Membuat situs webproxy memang harus memikirkan beberapa hal, salah satunya keamanan pengguna yang memakainya dan jenis program apa yang akan dijalankan. Saat ini ada lebih dari 5 program untuk membuat webproxy terbaik, dan yang paling banyak diminati adalah bernama Glype karena tergolong sangat mudah cara pengguanan dari proses installasi hingga mengunjungi situs baik itu memiliki sertifikat keamanan maupun tidak sama sekali bisa dijalankan dengan baik pada Glype.

Lalu adapula seseorang yang membuat webproxy hanya sekedar untuk membuatnya sebagai perantara browser atau bisa dikatakan front query pada proses pemanggilan setiap URL yang ada. Salah satunya yang digunakan adalah program CGI Proxy. Menurut Saya program tersebut memang sangat bagus digunakan hanya bagi mengerti pemrograman CGI saja, sedangkan Saya sebenarnya juga masih tidak terlalu paham betul. Tapi pengguna yang menggunakan CGI Proxy tersebut tidak akan kebingungan, karena didalamnya sudah diberikan manual untuk memasangnya.

Beberapa orang biasanya mengabaikan pengaturan yang ada didalam script CGI Proxy yang membuat server tidak dapat mengeksekusi dengan baik. Dan juga kebanyakan orang memakainya pada Shared Hosting yang mana banyak fitur yang dimatikan demi suatu keamanan, tapi masih banyak server hosting yang mengaktifkan modul CGI, seperti pada Namecheap, Hostgator, Bluehost. Mungkin pengguna saat ini sedang ingin memasang juga program CGI Proxy pada shared hosting ? berikut ini Saya berikan tata cara yang paling mudah.


  1. Pertama – tama silahkan unduh programnya pada Halaman Versi CGI Proxy. Saya menyarankan memilih versi 2.1.6 karena itu adalah versi stabil.
  2. Selanjutnya silahkan extract arsipnya menggunakan WinRar atau semacamnya dan edit script CGI tersebut menggunakan Notepad atau teks editor. Silahkan cari pada bagian $RUNNING_ON_SSL_SERVER silahkan atur sebagai 0, dan cari lagi bagian $OVERRIDE_SECURITY atur sebagai 1.

    Cara Menjalankan CGI Proxy pada Shared Hosting

  3. Sekarang silahkan masuk FTP dan unggah file CGI tadi, dan setelah itu ubah chmod atau perijinan menjadi 755.

    Cara Menjalankan CGI Proxy pada Shared Hosting

  4. Sekarang cobalah untuk mengakses file CGI Proxy tadi, pasti sudah dapat dibuka.
  5. Jika terdapat kendala error ketika mengakses CGI Proxy tadi, cobalah ubah pada bagian $NOT_RUNNING_AS_NPH sebagai 1 dan akses kembali.

    Cara Menjalankan CGI Proxy pada Shared Hosting


Dalam beberapa jenis masalah, ketika mengakses URL akan menampilkan kode text saja dan tidak ada form sama sekali yang tandanya server tidak mengaktifkan modul CGI, lalu tidak bisa mengakses situs bersertifikat seperti Google dan lain-lain karena belum mengatur seperti contoh diatas, dan masih banyak jenis kesalahan yang ada di CGI Proxy yang akan dijumpai. Akan lebih bagus CGI Proxy dijalankan pada website yang telah mendukung SSL, dengan begitu keamanan pengguna yang memakainya bisa terjamin.

Saya menyarankan untuk memakai versi 2.1.6 karena itu stabil dan sebenarnya akan lebih bagus menggunakan versi kebawah supaya bisa dijalankan tanpa banyak kendala. Terkadang orang juga lupa tidak mengatur perijinan sebagai 755 yang mengakibatkan muncul kesalahan bisa jadi HTTP 500, 403, 401, dan sebagainya. Dari pengalaman Saya sendiri, ketika memasang pada website yang tidak mendukung SSL atau HTTPS, kemungkinan besar tidak bisa mengakses Facebook dan mengisi Captcha pada mesin pencari Google.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment