≡ Menu

Mengatasi Syntax Error pada Kode XHTML Wapka

Wapka adalah sebuah situs wapbuilder yang telah berdiri sejak lama dan telah memiliki banyak pengguna aktif didalamnya, sama halnya dengan XTGem, Wapka sendiri juga sering memperbarui sesuatu didalamnya seperti sebuah fitur baru setiap tahunnya. Namun perbedaannya, Wapka jauh lebih rumit ketimbang XTGem diakibatkan tidak bisa mengkoreksi sendiri dari kode HTML yang dimasukkan. Sebenarnya Wapka tidak menggunakan kode HTML, namun XHTML.

Perbedaan dari HTML dan XHTML ini sangatlah kecil dan hanya saja XHTML yang ada di wapka ini sangat sensitif atau tidak peka. Dengan maksud misalnya ketika pengguna tidak menerapkan kode penutup yang tepat maka akan menampilkan sebuah kesalahan Syntax Error. Ini adalah hal yang rumit walau hanya sekedar XHTML saja. Tidak seperti pada wapbuilder lainnya yang tidak harus menampilkan koreksi, pada wapka ini justru penggunanya diajak untuk belajar menulis kode yang benar tanpa ada yang kurang sedikitpun.

Tentu jika pengguna mendapati sebuah keterangan Syntax Error terus-menerus akan lelah memikirkan bagian mana yang kurang atau tidak pas, padahal itu hanya sekedar XHTML saja dan bukanlah kode PHP ataupun Java. Tapi ada cara yang mudah untuk mengatasinya dan pengguna pun tidak perlu lelah lagi memikirkan kode yang kurang pas, misalnya penutupnya ada dibagian yang salah dan sebagainya, berikut ini cara mudah mengatasi Syntax Error pada Wapbuilder Wapka dengan mudah.


  1. Pertama – tama pastikan telah mendapati keterangan koreksi Syntax Error dari wapka, dan jika sudah begitu, langsung saja salin semua kodenya dan menuju website Cruto: Convert HTML to XHTML.
  2. Pada halaman tersebut akan tersedia sebuah 2 kolom, silahkan tempel kode tadi pada kolom yang atas.

    Cara Mudah Mengatasi Syntax Error pada Kode XHTML Wapka

  3. Selanjutnya silahkan skroll kebawah dan biarkan untuk tidak mencentang pada bagian convert to whole XHTML page by… dan lanjutkan dengan menekan tombol html => xhtml.

    Cara Mudah Mengatasi Syntax Error pada Kode XHTML Wapka

  4. Tunggu hingga kolom kedua menampilkan kode, jika sudah tampil, silahkan salin pada kolom kedua tersebut dan itulah kode pengganti yang siap diaplikasikan pada wapka. Pasti sekarang tidak akan muncul Syntax Error lagi.

    Cara Mudah Mengatasi Syntax Error pada Kode XHTML Wapka


Walau sebenarnya dianggap buruk ketika belajar membuat wapsite dengan program otomatis seperti itu, tapi setidaknya program tersbeut bisa mengurangi sedikit stress ketika telah mengedit kode 10 kali lebih tapi tetap menampilkan hasil yang sama. XHTML tidak membatasi tags HTML yang ada, jadi seluruh tags tetap didukung, sebab beberapa orang mungkin mengira ada sebuah tags yang tidak didukung yang menyebabkan hal ini terjadi. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomantar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment