≡ Menu

Keunggulan dari Firefox Browser di Android

Promotion

Keunggulan dari Firefox di Android

Firefox adalah peramban yang sangat terkenal dikalangan PC dengan penggunanya yang sangat banyak, begitu pula pada Android bahwa peramban ini juga memiliki peminat yang cukup banyak walau tidak bisa menjadi top browser untuk saat ini. Ada banyak hal yang membuat Firefox tidak bisa mendapat urutan paling atas untuk sebuah peramban terbaik, ini dikarenakan banyak sekali peramban lain yang mengedepankan fitur dan Firefox sendiri fiturnya masih tidak begitu banyak.

Walaupun begitu, untuk proses menjelajahi internet, Firefox bisa dikatakan selalu stabil dan tidak pernah mengalami kendala apapun, ditambah bagian beranda yang unik pada peramban yang membuat pengguna selalu betah menggunakannya. Sekilas terlihat bahwa Firefox hanyalah peramban seperti yang lainnya, tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa fitur unggulan yang membuat Firefox ini menjadi peramban yang dibutuhkan.

Memang dalam kecepatan, Firefox masih tidak bisa membuatnya lebih cepat, apalagi untuk ponsel Android dengan RAM dibawah 1Gb, sepertinya peramban ini kurang begitu cocok. Mungkin kedepannya Firefox bisa membuatnya lebih friendly untuk semua ponsel atau dengan maksud tidak dikhususkan untuk ponsel high-end saja. Untuk akselerasi pembukaan sebuah halaman website, bisa terbilang sama seperti lainnya, karena saat ini peramban yang paling tercepat hanyalah Puffin. Berikut ini beberapa fitur unggulan yang ada di Firefox Android.

  1. Tampilan Sangat Rapi – Dengan tampilan berwarna gelap sederhana, peramban ini memiliki keunikan tersendiri yang mana sangat berbeda dengan peramban yang lain, pada bagian atas diberikan menu untuk menuju daftar tab dan menuliskan alamat website, dibawahnya bisa diatyr sebagai sebuah riwayat penelusuran halaman atau sebuah bookmark yang tersimpan.
  2. Sinkronisasi Desktop ke Android – Ini adalah fitur yang sangat bagus sekali dan dengan bantuan sinkronisasi ini pengguna dapat menyimpan kembali seluruh informasi dari penanda, riwayat, add-ons, dan bahkan tabs yang terbuka. Seluruh kata sandi yang tersimpan juga bisa disalin dengan bantuan sinkronisasi ini.
  3. Master Lock – Sama halnya Firefox yang ada pada PC, di Android juga disediakan fitur ini untuk mengunci kata sandi yang dituliskan pada situs. Jadi ketika pengguna ingin menuliskan kata sandi dari data akun yang tersimpan pada Firefox, maka secara otomatis akan ditanyai untuk menuliskan kata sandi Master Lock yang telah diatur sebelumnya.
  4. Gesture – Ini adalah fitur kebanyakan peramban dan pastilah memiliki gesture yang berbeda-beda. Pada Firefox pengguna bisa menggunakan fitur Gesture ini sama halnya browser lain, seperti melakukan zoom, menggeser antar tab, dan juga membuka kolom pencarian khusus search engine.
  5. Mode Incoginto – Fitur ini diberikan supaya pengguna tidak terasa bahwa pernah membuka website itu sebelumnya, jadi tidak akan ada riwayat yang akan ditampilkan, karena saat berada pada mode Incoginto ini, tidak akan ada yang disimpan termasuk setelah yang telah diatur kecuali kembali ke mode normal.
  6. Mendukung Add-Ons – Tanpa sebuah add-ons, permaban tampak kurang komplit, dan pada Firefox juga sudah diberikan banyak sekali pilihan add-ons dan seluruh pengguna bisa mendapatkannya secara gratis pada halaman Add-Ons Firefox. Seperti Adblock Plus, Youtube Plus, Greasemonkey juga sudah tersedia untuk Firefox.
  7. Mengirim Header Do Not Track – Fitur ini biasa digunakan untuk menyembunyikan identitas pengguna dari sekumpulan situs yang menganalisa setiap pengunjungnya. Jadi seolah pengguna tidak pernah berada pada situs itu karena tidak akan terhitung pada statistik website tersebut kecuali langsung dari server.
  8. Meminta Tampilan Desktop – Bisa dikatakan ada persamaanya dengan mengubah User Agent yang ada, tapi fitur ini selalu bekerja dengan baik karena resolusi layar juga tampak diubah layaknya menggunakan PC, tapi perlu diketahui juga bahwa menggunakan tampilan PC pada firefox ini tergantung spesifikasi ponsel, karena untuk ponsel low-end, akan sangat berat membuka satu halaman dalam tampilan desktop.
  9. Tombol untuk Membagikan – Tombol tersebut akan ditampilkan ketika pengguna telah menelusuri sebuah halaman yang ada, dengan begitu pengguna bisa membagikan konten apapun pada setiap jejaring sosial yang digunakan saat ini.
  10. New Guest Session – Ketika ada seseorang teman yang meminjam ponsel pengguna, inilah fitur yang dibutuhkan saat itu. Seolah fitur ini seperti membuka mode incoginto namun hanya memiliki beberapa kelebihan lain.
  11. Menyimpan Halaman Sebagai Dokumen – Sebenarnya tidak hanya disimpan saja, bahkan bisa juga dilakukan print sekaligus dengan fitur yang ada pada menu Alat. Format dokumen yang disimpan adalah PDF. Tidak perlu memasang add-ons lagi apabila pada peramaban sudah disediakan fitur ini.
  12. Mengatur Data Login – Terdapat satu fitur yang bisa mengatur seluruh data akun yang sudah disimpan seperti kata sandi dan akun email dan semuanya itu bisa dikelola ulang pada menu Laman. Pengguna bisa melihat-lihatnya saja sudah masuk dari situs mana saja dan menghapusnya jika memang diinginkan.
  13. Mendukung Banyak Bahasa – Selain hanya tampilan yang sangat sederhana, peramban ini juga sudah dilengkapi bahasa yang sangat baik untuk kebanyakan negara termasuk Indonesia. Namun fitur ini diharuskan untuk memakai internet untuk mengganti setiap bahasa yang dipilih karena seolah akan mengunduh data bahasa terlebih dahulu sebelum menerapkannya.
  14. Mode Baca – Salah satu fitur yang Saya sukai dari Firefox adalah Mode Baca, yang mana tidak akan ada lagi gambar disekitar artikel dan hanya sebuah tulisan saja. Dengan begitu pengguna tetap fokus pada tulisan saja dan ditambah fitur ini juga akan membuat layar lebih redup untuk membaca tulisan lebih nyaman.

Untuk saat ini hanya beberapa fitur diatas yang Saya temukan dan mungkin ditahun berikutnya akan ada lagi fitur unggulan yang lebih bagus daripada ini. Sayang sekali bahwa Firefox masih tidak punya salah satu cara untuk memuat halaman lebih cepat, jadi intinya Firefox untuk masalah kecepatan membuka halaman tidak ada bedanya dengan Chrome atau Safari. Untuk masalah keamanan, tentunya memakai peramban Firefox tetap aman. ingin mengunduh Firefox? Langsung saja menuju Halaman Firefox di Play Store Jika ada fitur yang kurang atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment