≡ Menu

Download Aplikasi Tampermonkey untuk Android

Tampermonkey pada mulanya adalah sebuah extension yang ada pada Chrome dan jika pada peramban Firefox menggunakan Greasemonkey, keduanya memiliki inti dan tujuan yang sama untuk mengatur segalanya pada sebuah halaman yang terbuka dan hanya bisa menggunakan javascript saja. Ada tersebar banyak sekali script yang bisa digunakan Tampermonkey atau Greasemonkey yang memiliki keunikan tersendiri, contohnya saja menambah fitur pada suatu website, paling banyak ditemukan adalah script yang membuat Youtube tampil berbeda.

Tidak hanya membantu untuk menambah fitur saja, namun script tersebut juga bisa melakukan tweak yang memungkinkan pengguna bisa merubah segalanya pada halaman yang terbuka saat ini. Bukan berarti bermaksud meretas, hanya saja mengalihkan element yang ada di halaman. Untuk menggunakannya pun pengguna juga harus memahami betul apa itu javascript dan tata cara pengguunaanya, dengan begitu pengguna bisa melakukan apa yang diinginkan tanpa terbatas script yang dibagikan orang lain saja.

Pertanyaannya, apakah pada ponsel Android bisa menggunakan untuk itu? Tentu saja bisa dan hanya beberapa peramban saja saat ini yang bisa memakainya. Yang pasti firefox yang ada di Android telah mendukung ini pada halaman add-ons yang dimiliki, sedangkan selain itu harus menggunakan aplikasi lain untuk menjalankannya. Beberapa peramban yang mendukung Tampermonkey antara lain adalah Chrome, Dolphin, dan UC. Selain itu belum dicoba. Berikut ini gambaran dari Tampermonkey untuk Android.

Aplikasi Tampermonkey untuk AndroidAplikasi Tampermonkey untuk AndroidAplikasi Tampermonkey untuk Android

Aplikasi Tampermonkey ini langsung bisa digunakan setelah memasangnya dan juga bisa memasang langsung dari penyedia script untuk Tampermonkey, salah satunya adalah OpenUserJS. Memang masih kurang menurut Saya jika mengguankan Tampermonkey pada ponsel dikarenakan masih tidak ada sebuah add-ons yang memberikan fitur inspect element pada peramban tersebut. Jika ada pasti pengguna bisa berkreasi untuk mengatur segalanya pada halaman itu. Tertarik ingin mencobanya, silahkan unduh sesuai peramban yang digunakan saat ini.


ChromeUCDolphinFirefox


Khusus untuk Firefox tidak menuju halaman Play Store melainkan langsung menuju halaman add-ons Greasemonkey. Untuk aplikasi Tampermonkey ini bisa digunakan pada Android versi 2.1 keatas, memiliki ukuran sekitar 500Kb. Ada beberapa website penyedia script untuk Tampermonkey, anatara lain adalah OpenUserJS, Greasyfork, Github.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment