≡ Menu

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG BMP GIF PNG Secara Online

Tahukah bahwa setiap gambar memiliki lingkatan tersendiri yang membuatnya tampak lebih bagus atau biasa saja, terkadang kamera yang memiliki resolusi yang tinggi lebih memiliki ukuran gambar yang sangat tinggi. Contohnya saja rata-rata kamera dengan resolusi 13MP kemungkinan beasr ukuran setiap gambarnya bisa mencapai 4-5Mb tergantung dari mode yang dipilih, jika itu hitam putih pastilah ukurannya tidak akan terlalu tinggi, akan tetapi jika dalam kondisi HDR, tentu ukuran akan lebih tinggi karena seluruh gambarnya dipertajam.

Jika pengguna pernah mengedit sebuah foto dengan program Photoshop, pasti ketika akan menyimpannya diberikan beberapa opsi untuk memilih tingkatan foto tersebut, tapi itu hanya untuk JPG dan beberapa format saja, lalu bagaimana jika pengguna ingin menurunkan tingkatan itu pada gambar dengan format PNG atau GIF? Sangat mudah sekali dan tidak perlu bantuan Photoshop untuk melakukannya, jadi disini akan Saya berikan satu cara untuk menurunkan tingkatan gambar tersebut.

Banyak orang menurunkan tingkatan gambar hanya untuk membuat gambar tersebut memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, dengan begitu foto sebelumnya bisa dihapus dan menggantinya dengan yang baru. Lagipula resolusi juga akan tetap sama dan jenis gambar dari warna tidak akan dikurangi sama sekali, jadi ketika pengguna melihat hasilnya akan terlihat gambar sebelumnya tidak ada perbedaan sama sekali dengan hasil saat ini kecuali ukurannya yang menurun drastis. Ingin mengetahuinya? Simak caranya dibawah ini.


  1. Pertama – tama silahkan menuju website bernama Optimizilla.com/, dan pastikan telah menyiapkan gambar yang akan dikurangi ukurannya.
  2. Selanjutnya perhatikan pada bagian untuk mengunggah gambar, silahkan klik tombol Upload Files dan pilih gambar yang telah disiapkan tadi. Dan tunggu hingga proses mengunggah selesai.

    Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG BMP GIF PNG Secara Online

  3. Sekarang menuju step kedua, skroll kebawah dan akan diberikan 2 gambaran yang dunggah tadi. Disampingnya terdapat meter tingkatan gambar, disini Saya sarankan untuk mengaturnya sebagai 70, lalu klik tombol Apply.

    Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG BMP GIF PNG Secara Online

  4. Nah, tahap terakhir, cukup klik kanan pada gambar preview yang sudah diperkecil ukurannya dan klik Save Image As. Selesai, gambar telah diunduh dan tersimpan.

    Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG BMP GIF PNG Secara Online


Hanya perlu kurang lebih 1 menit saja sudah dapat mengecilkan ukuran dari sebuah gambar. Tidak perlu meragukan hasil gambarnya nanti, akan lebih baik silahkan coba perbedakan dari hasil sebelumnya dan sesudah dan lakukan zoom sesekali, tentunya tak ada perbedaan sama sekali kecuali ukurannya. Saya mencobanya sendiri dengan ukuran gambar 1Mb dan bisa diperkecil sampai 300Kb, itu sangat luar biasa. Tapi jika pengguna ingin mengecilkan ukuran gambar dengan format PNG, Saya lebih menyarankan untuk memakai situs TinyPNG.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment