≡ Menu

Cara Menambah Ukuran Batas Upload File pada XAMPP

Sudah banyak sekali orang yang terbantu dengan adanya XAMPP ini untuk membuat website ataupun mengelola projek supaya mudah untuk dilakukan dengan tim sebelum projek tersebut dipublikasikan. XAMPP sendiri mendukung program PHP (Apache) sepenuhnya dan berfungsi dengan baik dan adapun beberapa masalah namun bukan berarti itu adalah sebuah kesalahan dari XAMPP, dengan maksud hanya salah menyetel sesuatu yang ada pada pengaturan.

Kebanyakan programmer menggunakan program ini untuk mengalihkan kode yang dimilikinya, bahkan Saya sendiri juga menggunakannya untuk mengalihkan website suatu saat dan melakukan tes dengan menambah perubahan atau penambahan pada struktur kode yang ada. Tapi ada beberapa masalah yang kadang membuat orang bingung bahwa XAMPP ini berbeda sekali dengan sebuah hosting yang langsung bisa dipakai dengan sekali pasang, itu semua karena akses yang diberikan XAMPP ini bisa dialihkan sepenuhnya oleh pengguna, jadi lebih bebas dibanding hostingan.

Masalah yang sering muncul dan dibicarakan adalah maksimum upload yang dibatasi hanya 2Mb saja, tentu itu adalah ukuran yang sangat kecil dan sedangkan pengguna harus mengunggah file besar seperti kode atau berkas ukuran besar lainnya. Tidak hanya pada mode FTP saja, akan tetapi batasan upload ketika melakukan import database juga dibatasi juga. Pastilah pengguna kurang leluasa dengan maksimum 2Mb tersebut dan harus ditambahkan, dan untuk menambahkannya sangatlah mudah, berikut ini caranya.


  1. Pertama – tama sebaiknya cek dulu berapa batas maksimum upload, untuk melihatnya bisa masuk PhpMyAdmin dan pada bagian Import.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP

  2. Jika tampil seperti diatas, sekarang saatnya mengatasinya. Langsung saja buka Explorer dan masuk direktori dimana pengguna memasang XAMPP, lalu menuju direktori PHP.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP

  3. Pada direktori PHP ini, silahkan cari file bernama php.ini, silahkan klik 2 kali hingga masuk mode pengalihan pada program Notepad.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP

  4. Kemudian tekan tombol CTRL+F pada keyboard pada Notepad hingga muncul kolom pencarian, cukup cari dengan format upload_max_filesize lalu ENTER.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP

  5. Sekarang akan ditemukan teks tersebut dan perhatikan pada bagian 2M diatas, itu adalah ukuran saat ini, sekarang coba ubah menjadi 20M.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP

  6. Masih belum selesai, sekarang cari lagi dengan format post_max_size dan ubah menjadi 20M.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP

  7. Tahap terakhir, simpan dengan cara tekan CTRL+S pada keyboard dan restart Apache dan lihat, pasti batas upload sudah meningkat.

    Cara Menambah Batasan Ukuran Upload di XAMPP


Cara diatas hanya akan mengubah batasan menjadi 20 Mega Byte saja dan pengguna juga bebas mengubahnya sesuai kebutuhan. Tidak akan ada efek samping setelah mengalihkan batasan ini, jadi tidak perlu khawatir karena ini hanyalah pengaturan saja. Sebenarnya pengguna juga bisa menambah langsung file php.ini pada htdocs, namun Saya rasa itu masih tidak akurat jika tidak dialihkan dari pengaturan di folder PHP. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Tasker February 21, 2017, 1:28 pm

    Sukses gan… Waktu pertama dicoba gak work gan, pas XAMPP nya direstart baru bisa work.

Leave a Comment