≡ Menu

Cara Melakukan Backup atau Mencadangkan Data pada Modem Speedy

Mencadangkan data pengaturan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan ketika pengguna telah merasa bahwa segala sesuatu yang diatur sebelumnya berjalan dengan normal dan suatu saat cadangan tersebut bisa dipulihkan kembali pada suatu sistem yang diatur ulang. Contohnya pada ponsel pintar saat ini, terdapat fitur untuk mencadangkan data dengan mudah dan data tersebut bisa dipulihkan kembali guna mengembalikan pengaturan seperti sebelumnya.

Tidak hanya pada ponsel pintar saja, bahkan pada semua jenis WiFi pun juga diberikan fitur untuk mencadangkan data, tak terkecuali pada WiFi dengan modem Speedy. Mungkin pengguna WiFi Speedy pernah berkeinginan untuk mencadangkan datanya, akan tetapi tidak bisa melakukan itu akibat tidak diberikan opsi untuk mencadangkan data atau bisa dikatakan menu terdapat greyed out (tidak bisa diklik).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya sangatlah mudah dan hanya perlu menggunakan bantuan telnet, jadi sebelumnya akan lebih baik membaca dahulu tentang Mengaktifkan Telnet pada Modem Speedy. Dengan konektivitas pada telnet ini, pengguna bisa mengatur segalanya yang ada pada modem Speedy tersebut seperti halnya membuat menu yang greyed out tadi supaya menjadi menu normal, disini akan Saya bagikan cara tersebut sekaligus cara untuk mencadangkan pengaturan pada modem Speedy.


  1. Pertama-tama silahkan buka pengaturan modem Speedy, bisa dari 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 tergantung alamat gateway yang diatur.
  2. Setelah masuk, langsung saja pilih tab Maintenance dilanjutkan menekan subtab Firmware.

    Cara Mencadangkan Pengaturan WiFi pada Modem Speedy

  3. Dibagian ini, perhatikan pada tombol disebelah Romfile Backup
    silahkan klik dan nanti akan muncul jendela dialog untuk mengunduh berkas dengan nama rom-0 tanpa ada format.

    Cara Mencadangkan Pengaturan WiFi pada Modem Speedy

  4. Tapi jika pengguna tidak bisa menekan tombol tersebut, silahkan masuk pada telnet dan ketikan sys firmwarelock off dan kemudian ENTER. Dan cobalah menuju halaman Firmware tadi pasti sudah bisa diklik dan diunduh.

    Cara Mencadangkan Pengaturan WiFi pada Modem Speedy


Untuk beberapa WiFi sejenis Zyxel tidak perlu mengatur pada telnet, tapi gunakan akun dengan username support untuk masuk pada pengaturan WiFi dan seketika tombol untuk mencadangkan data akan tampil dan dapat diklik. Pada artikel ini Saya hanya membagikan untuk WiFi dengan modem Speedy dan untuk mengetahui itu sangatlah mudah, yakni terdapat logo Telkom dibagian samping atas. Untuk mengembalikan cadangan tersebut, pada halaman tadi cukup pilih tombol disamping New Romfile Location, cari file dengan nama rom-0 tadi dan klik tombol Upgrade dan selesai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment