≡ Menu

Cara Konversi Gambar ke Teks dengan Text Fairy di Android

UC Browser Animation

Pernahkah pengguna mencoba fitur terjemahan Google yang memiliki cara berbeda dari lainnya yaitu melakukan scan teks dari gambar dan sistem akan langsung mendeteksi teks yang ada dan mencoba mengkoreksi otomatis dan sekaligus menerjemahkannya. Tapi hanya saja fitur tersebut hanya bisa digunakan secara online atau dengan maksud pengguna tidak bisa menikmati fitur tersebut dalam kondisi tidak memiliki paket data.

Tapi ada satu aplikasi terbaik untuk melakukan scan teks yang ada pada gambar dan pastinya bisa dilakukan secara offline. Aplikasi itu bernama Text Fairy yang memiliki kelebihan dalam mengkoreksi teks dengan baik dari bahasa yang dipilih. Setiap bahasa memiliki koreksi yang berbeda-beda, untuk itulah aplikasi ini mendukung beragam bahasa untuk kebutuhan pengguna. Aplikasi ini juga dibagikan secara gratis dan sebenarnya dikhususkan untuk jenis gambar berbentuk dokumen.

Selain dokumen pun nyatanya juga bisa dengan baik didteksi dengan syarat bahwa gambar tidak ada efek blur sekalipun sehingga tetap mudah dikoreksi oleh sistem. Setiap kata akan dipindai dengan baik dan nantinya pengguna akan dialihkan pada sebuah kolom untuk mengedit sekali lagi teks yang berhasil dikeluarkan dari gambar dan bisa menyalinnya saja atau melakukan print out atau menyimpan dalam format PDF. Berikut ini gambaran dari aplikasi Text Fairy.

Gambaran dari aplikasi Text FairyGambaran dari aplikasi Text FairyGambaran dari aplikasi Text Fairy

Hanya sebuah aplikasi sederhana dan menurut Saya ini adalah yang terbaik dari teks scanner yang lainnya, dilihat dari rating Text Fairy pada Play Store juga tergolong tinggi, yaitu mencapai 4.2. Aplikasi dan bahasa dibagikan secara terpisah, jadi hanya diberikan Bahasa Inggris untuk pertama kalinya dan pengguna bisa bebas mengunduh bahasa lain pada menu bahasa yang diberikan dan ukuran arsip bahasanya juga tidak begitu besar, selain itu tidak ada iklan sedikitpun didalam aplikasi ini. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Text Fairy (OCR Text Scanner) membutuhkan Android versi 4.0.3 keatas, memiliki ukuran sekitar 28Mb dan masih membutuhkan data berupa bahasa tambahan didalam aplikasi untuk peningkatan text scanner yang lebih akurat. Bisa dibilang bahwa aplikasi ini adalah konverter gambar ke sebuah teks. Untuk menggunakannya pun sangat mudah sekali, cukup memotret atau memilih gambar dari Gallery dan lakukan crop pada teks saja dan pilih paragraph yang diperlukan, kemudian tinggal tunggu sekitar beberapa detik hingga aplikasi berhasil mengkonversi gambar tersebut kedalam teks. Perlu diketahui juga bahwa Text Fairy tidak bisa membaca tulisan tangan kecuali itu sangat rapi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Banner Bawah Artikel

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment