≡ Menu

WP SlimStat – Plugin Statistik Terlengkap untuk WordPress

UC Browser Animation

Sebuah statistik memang diperlukan untuk melihat berapa banyak total pengunjung yang ada pada website yang dimiliki serta mengatur dan mengelela segalanya termasuk melihat pengguna yang aktif dan yang tidak. Memang ada banyak sekali situs yang menyediakan sebuah alat untuk menganalisa situs web dengan benar dan memiliki berbagai keunggulan tersendiri, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Google Analystic, namun rasanya masih kurang lengkap jika tidak menganalisa langsung dari server website sendiri.

Website yang menyediakan counter juga selalu menganalisa situs selama 24jam penuh tanpa henti dan selalu menyegarkan statistik setidaknya 1 menit sekali. Tapi menurut Saya itu masih tidak dapat dipercaya sepenuhnya terhadap melihat penangkapan pengunjung, atau maksud Saya juga tidak bisa lengkap dalam menganalisa secara keseluruhan. Contohnya pada Histats yang menggunakan tehnologi Javascript, memang terlihat sudah lengkap, tapi setelah Saya perbandingkan dengan Google Analystic, terlihat ada perbedaan yang mana Histats tidak mengangkap seluruh pengunjung yang ada.

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan website penyedia counter tidak menerima data yang sesungguhnya, itu bisa dikarenakan request dari browser yang tidak mau menerima tracking code dan berniat untuk mematikannya. Akan tetapi bagi pengguna WordPress Self-Hosted, hal tersebut masih bisa diminmalisir dengan sebuah plugin statistik yang langsung menangkap pengunjung dari server website sendiri dan menyimpannya langsung kedalam database.

Plugin yang akan Saya bagikan ini bernama WP SlimStat dan telah digunakan lebih dari 100ribu website WordPress. Menurut Saya hanya inilah plugin terbaik untuk melihat statistik blog dengan lengkap. Ada kemungkinan pengguna WordPress sudah tidak membutuhkan plugin ini karena mereka memilih Jetpack, tapi sebaiknya cobalah plugin ini sesekali dan lihat perbandingkannya, pastilah performa WP SlimStat jauh lebih menarik dan menghitung pengunjung secara langsung.

WP SlimStat memiliki fitur untuk melihat pengguna yang aktif berdasarkan IP, itu akan disegarkan dalam interval waktu 1 menit, tapi jangankan IP saja, halaman yang dikunjungi juga disediakan. Bukan hanya satu halaman saja, akan tetapi semua halaman yang ditelusuri satu pengunjung bisa dilihat dengan mudah. Lalu fitur untuk menangkap terms atau keyword dari mesin pencari, itu juga ditampilkan sangat lengkap.

Tidak hanya itu saja, pengelola blog juga bisa melihat artikel mana yang memiliki pengunjung paling banyak, lalu halaman mana yang paling banyak membuat orang menutupnya, dan bahkan external link juga bisa dihitung dengan WP SlimStat ini. Ditambah lagi pengguna juga bisa membeli produk addons premium yang disediakan yang akan membuat plugin ini sangat lengkap sekali walau sebenarnya tanpa membeli addons sudah terlalu lengkap bagi Saya. Berikut ini gambaran dari plugin WP SlimStat untuk WordPress.

Gambaran dari plugin WP Slim StatGambaran dari plugin WP Slim StatGambaran dari plugin WP Slim StatGambaran dari plugin WP Slim Stat

Untuk mengunduhnya silahkan menuju Halaman Plugin WP SlimStat, atau juga bisa langsung mencari pada dasbor dengan kata kunci “Slim Stat Analytics“. Plugin ini bisa lansgung digunakan setelah memasangnya dan sebaiknya mengaturnya supaya menghapus seluruh statistik selama 7 hari atau tergantung banyaknya pengunjung.

Walau diatur untuk dihapus dalam waktu 7 hari, plugin ini masih akan menyimpannya pada bagian arsip, jadi jangan lupa suatu waktu kunjungi menu pengaturan plugin ini dan menuju tab Maintenance, disana pengguna bisa melihat seberapa besar ukuran yang dipakai saat ini dan sekaligus mengelolanya. Pasang sekarang plugin WP SlimStat dan ketahui statistik website lebih sederhana dan lengkap.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Banner Bawah Artikel

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment