≡ Menu

Cara Mengganti User Agent Chrome pada PC

Setiap perangkat yang mengakses sebuah internet pasti akan mengirimkan data yang jelas dari informasi perangkat, alamat IP, dan lain sebagainya yang mana semua itu bisa dipalsukan dengan banyak cara. Salah satunya pada browser, jika pengguna mengunjungi website yang menampilkan informasi perangkat, tentu akan menampilkan sebuah User Agent dari browser yang dipakai saat ini, sedangkan jika memakai browser lain maka akan menampilkan hasil yang berbeda.

Sama halnya sebuah alamat IP yang akan berbeda ketika pengguna menyambung internet dengan jaringan VPN pasti akan diubah seolah pengguna sedang menjelajahi internet dari negara lain. Namun kali ini lebih fokus kepada User Agent dan pada sebuah browser Chrome ataupun Chromium. Terkadang orang mengganti User Agent pada browsernya hanya untuk melakukan debugging dari situs yang ia kelola, tapi siapa tahu ada orang yang menggunakan hal ini untuk menghemat kuota.

Maksud dari menghemat kuota adalah, pengguna mengatur User Agent sebagai ponsel dan dengan begitu data yang dikeluarkan tidak akan banyak. Tidak semua website membatasi jenis tampilan situsnya dari sebuah User Agent saja, karena saat ini banyak sekali template yang langsung mendukung tampilan mobile berdasarkan resolusi perangkat yang dipakai. Tapi tidak dengan Facebook, sebab meski pengguna memalsukan User Agent, saat membuka Facebook akan tetap pada versi penuh kecuali mengganti URL dengan menambahkan M atau Mbasic sebagai subdomain.

Alat yang akan Saya bagikan ini khusus untuk browser Chrome dan Chromium saja, dan mungkin juga ada untuk browser Firefox. Merupakan sebuah extension yang memiliki kinerja untuk mengganti User Agent dengan cara yang mudah dan cepat, pengguna juga bisa menyimpannya sebagai profile, jadi bisa dipakai kapan saja hanya dengan mengklik profil yang telah disimpan. Alat ini bernama User-Agent Switcher.

Dengan tampilan yang sederhana disertai ikon berbentuk browser kecil, pengguna bisa mengatur User Agent jauh lebih mudah, dari menambah Grup Baru, User Agent baru, dan mengaturnya sebagai default supaya ketika pengguna membuka browser maka User Agent yang dipilih sebelumnya langsung disiapkan tanpa harus memilih ulang. Saya menggunakan alat ini juga untuk melakukan test serta jaga-jaga ketika online menggunakan data modem untuk mengaturnya sebagai User Agent Mobile. Berikut ini gambaran dari User-Agent Switcher.

Gambaran dari Add-Ons User-Agent SwitcherGambaran dari Add-Ons User-Agent SwitcherGambaran dari Add-Ons User-Agent Switcher

Dilihat dari daftar User Agent yang ada pada alat ini sudah cukup lengkap, dari perangkat PC, Mac. Android, dan Apple sudah disediakan. Sebagai contoh silahkan menuju situs bernama UserAgentString, pasti User Agent yang ditampilkan akan menurut sesuai pengaturan yang dipilih pada extension ini. Untuk mencobanya silahkan menuju Halaman Extension User-Agent Switcher. Langsung saja pasang dan atur User Agent apa yang akan dipakai atau memilih untuk membuatnya sendiri.

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment