≡ Menu

Cara Capture Gambar pada Video Youtube dengan Mudah

Semua orang pasti telah mengetahui apa itu Youtube dan yang ada didalam website tersebut. Terdapat jutaan video yang bisa ditonton namun tidak bisa diunduh. Akan tetapi pengguna masih bisa mengunduh videonya menggunakan alat bantuan seperti IDM atau sebuah website yang menyediakan jasa downloader gratis. Tapi tahukah jika beberapa hal unik bisa dilakukan pada Youtube, salah satunya adalah melakukan capture gambar dari video yang diputar.

Biasanya untuk menangkap gambar dari video, pengguna harus menggunakan suatu program pemutar video seperti VLC Player yang memiliki fitur untuk menangkap gambar dari video. Tapi sekarang ini pengguna tidak perlu kesusahan untuk menggunakan program lain, karena pada peramban yang digunakan saat ini sudah bisa melakukan hal tersebut dengan sangat mudah sekali. Untuk menangkap gambar pada Youtube sangatlah mudah dan yang diperlukan hanyalah sebuah extension tambahan saja.

Jika dulunya sebuah extension yang bisa menangkap gambar dari Youtube adalah Magic Youtube, tapi saat ini alat tersebut sudah tidak terlalu bagus seperti dahulu dan memiliki saingan yang lebih memiliki fitur yang lebih banyak dan berfungsi sepenuhnya. Yaitu bernama Youtube Plus, bisa digunakan sebagai extension atau sebagai userscript untuk tampermonkey maupun greasemonkey.

Youtube Plus memiliki berbagai fitur unik yang akan mempermudah pengguna ketika menonton video yang ada sehingga bisa tetap nyaman. Ditambah sebuah fitur capture gambar yang berfungsi sepenuhnya dan gambar nantinya bisa diunduh menjadi format JPG. Jika menurut Saya sendiri lebih ringan apabila Youtube Plus ini dipasang pada userscript program, Selain itu dengan bantuan alat tersebut, iklan atau anotasi yang tampil juga bisa dimatikan. Berikut ini tata cara capture gambar pada video Youtube menggunakan bantuan tambahan fitur dari Youtube Plus.


  1. Pertama – tama silahkan pasang extension atau userscript Youtube Plus terlebih dahulu.
  2. Jika sudah terpasang, nantinya akan muncul beberapa icon dibawah player video di Youtube seperti ini.

    Cara Capture Gambar pada Yotube dengan Mudah

  3. Pause terlebuh dahulu pada video, lalu pilih pada icon kamera untuk menangkap gambar dari video seperti ini.

    Cara Capture Gambar pada Yotube dengan Mudah

  4. Selanjutnya akan muncul sebuah gambar disamping kanan bawah yang siap untuk disimpan, caranya klik kanan dan pilih Save image as.

    Cara Capture Gambar pada Yotube dengan Mudah

  5. Sebagai tambahan, jika gambar yang akan diambil sangat susah untuk dipilih dan dipause, sebaiknya pilih icon bidik (frame-by-frame). Dan pada keyboard cukup tekan shift → atau shift ← untuk mengendalikannya, dengan begitu video akan melaju per-frame dan mudah untuk mendapatkan gambar yang tepat.

    Cara Capture Gambar pada Yotube dengan Mudah


Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan, tidak perlu sebuah program lain untuk menonton video Yotube secara streaming dan menangkap gambar yang diinginkan, sebab pada peramban jauh lebih sederhana. Semakin tinggi resolusi video yang diputar, maka kualitas gambar juga akan lebih bagus. Jadi intinya dengan bantuan Youtube Plus ini, seluruh fitur yang dirasa kurang, telah dilengkapi sepenuhnya.

Untuk mengunduh Youtube Plus ini, silahkan pilih jenis peramban yang dipilih, dan jika pengguna memakai permaban jenis Chromium juga masih bisa memasang extension untuk Chrome karena sama saja. Hingga saat ini tidak pernah ada kesalahan yang Saya alamai selama menggunakan Yotube Plus, seluruh fiturnya dapat berfungsi dengan baik dan fitur yang Saya sukai adalah tombol action yang ada dibawah player video youtube seperti melakukan repeat, popout video, mode cinema, dan tidak lupa adalah capture gambar. Untuk mengunduhnya silahkan pilih dibawah ini.


UserscriptFirefoxChrome


Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment