≡ Menu

Tips Mengatasi Suara Speaker Brebet pada PC

Pernahkah pengguna merasakan hal yang sangat tidak nyaman dalam mendengarkan musik yang ada pada speaker PC, baik menggunakan speaker maupun tidak sama sekali tapi seolah masih terasa suara brebetnya. Beberapa orang mungkin merasa bahwa hal ini dikarenakan speakernya atau kinerja PC yang sudah mulai berkurang, namun pada dasarnya hal ini juga berpengaruh terhadap driver audio yang ada pada PC tersebut dan memang kompatible, akan tetapi tidak begitu nyaman untuk digunakan. Bukan berarti driver tersebut tidak mendukung, hanya saja memiliki kesalahan fungsional sedikit.

Saya sendiri pernah mengalami masalah yang sama dimana ketika memutar musik maupun audio biasa pasti akan tampil suara kresek-kresek atau bisa dikatakan noise. Hal ini sangat tidak diharapkan untuk semua pengguna dan Saya pun mulai mencari cara pemecahannya dan satu-satunya ternyata ada pada driver yang telah terpasang. Memang sebelumnya Saya sendiri mendapatkan permasalahan sejenis ini ketika melakukan upgrade driver dengan bantuan software dan di audio driver yang baru ini ternyata ada masalah kecil yang membuat ini terjadi.

Solusinya ternyata tidak begitu sulit dan bisa dilakukan langsung dari pengaturan windowsnya. Intinya dengan cara yang akan Saya bagikan ini tidak akan ada resiko yang terjadi karena yang akan dilakukan adalah menyetel sesuatu pada pengaturan audio saja terhadap satu driver audio yang dipakai saat ini. Apapun permasalahannya, apabila berpengaruh dengan audio yang brebet meski menggunakan software pemutar audio lainnya, bisa jadi penyebabnya sama dengan kasus ini. Berikut ini tata cara mengatasi suara speaker yang brebet pada PC.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan PC dan perhatikan pada bagian taskbar. Silahkan klik kanan pada icon sound lalu akan muncul sebuah menu dan klik Sounds.

    Cara Mengatasi Suara Speaker Brebet pada PC

  2. Sekarang akan muncul sebuah popup, silahkan pilih pada tab Playback. Lalu pada bagian Playback ini, akan muncul driver audio yang sedang dipakai sebagai icon Speakers. Silahkan klik kanan pada driver audio tersebut dan pilih Properties.

    Cara Mengatasi Suara Speaker Brebet pada PC

  3. Selanjutnya klik tab Enhancements dan silahkan centang pada bagian Disable all enhancements.

    Cara Mengatasi Suara Speaker Brebet pada PC

  4. Tahap terakhir silahkan klik OK dan lihat perbedaannya.

Jika masih terjadi suara brebet, cobalah untuk melakukan restart setelah melakukan cara diatas. Intinya cara diatas supaya driver ini tidak memberikan efek apapun pada audio dan pengguna pun masih bisa menambah efek pada audio dengan musik player. Contohnya menambah reverb, bass, dan lain-lain dan yang ada di pengaturan diatas hanya untuk mematikan penambahan efek suara tersebut saja supaya lebih baik, karena dilihat dari namanya yaitu enhancements sudah diketahui kegunaannya. Perlu diketahui bahwa dalam kasus ini suara brebet hanya terjadi ketika pengguna memuutar suatu audio dan bisa diatasi dengan cara diatas. Tapi apabila pengguna sedang tidak memutar audio dan telah muncul suara brebet sejak awal, hal tersebut berbeda lagi permasalahannya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment