≡ Menu

Tips Mengatasi Android yang Mengunduh Aplikasi Terus-Menerus

Indikator Unduhan di Android

Adakalanya orang tidak mengerti apa yang terjadi pada ponselnya saat ini padahal tidak pernah melakukan apa-apa yang membuat masalah tersebut terjadi. Dalam beberapa kasus yang paling banyak dialami adalah ponsel yang terkena sebuah malware yang merambat ke sistem, dengan begitu untuk mengatasi secara penuh adalah melakukan flash ulang, dan pengguna tersebut pastilah menyalahkan aplikasi yang baru diinstallnya karena aplikasi tersebut bersifat memberi malware pada ponsel. Tapi adapula orang yang cerdas dengan memindai dulu aplikasi yang hendak dipasang dengan aplikasi antivirus.

Android secara keseluruhan menggunakan sistem Linux yang tidak akan bisa terkena virus, akan tetapi masih bisa kemasukan malware jahat yang memanfaatkan ponsel tersebut untuk melakukan hal yang bersifat ilegal, seperti halnya membuat ponsel terus mengunduh aplikasi dari link kampanye sponsor milik pemasang malware. Tentu pemilik ponsel resah memiliki ponsel yang terus mengunduh aplikasi aneh dan tidak penting serta terus menguras kuota data yang dimiliki.

Biasanya hal tersebut tidak hanya dikarenakan sebuah virus saja, tapi kadang juga dikarenakan setelan Play Store yang diatur untuk memperbarui aplikasi secara otomatis. Jadi dalam kasus ini tidak hanya sebuah malware saja, akan tetapi setelan yang salah pun juga bisa membat ponsel layaknya mengunduh aplikasi terus-menerus. Lalu adapula masalah yang sama, yaitu indikator icon tetap berjalan walau unduhan sudah dihentikan dan yang seperti ini hanyalah kesalahan biasa dan perlu dilakukan reboot saja. Berikut ini beberapa cara mengatasi ponsel yang mengunduh terus-menerus.

  1. Scan Ponsel Dengan Aplikasi Anti Virus – Ini paling banyak dialami oleh pemilik ponsel Android yang sering mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya sejenis aplikasi Mod palsu dan berakibat menjadi malware. Jadi silahkan unduh aplikasi antivirus dan scan lalu hilangkan. Untuk menghilangkannya akan lebih baik jika ponsel sudah diroot karena bisa langsung menghapus ke sistem.
  2. Mematikan Perbaruan Otomatis di Play Store – Beberapa orang mengira ponsel yang mengunduh aplikasi terus-menerus disebabkan karena malware yang telah memasuki ponselnya, akan tetapi silahkan lihat terlebih dahulu setelan yang ada di Play Store ini apakah Perbaruan Otomatis dihidupkan atau tidak, dan sebaiknya dimatikan saja supaya pengguna bisa menghemat data atau mengaturnya untuk memperbarui otomatis hanya ketika menggunakan WiFi.
  3. Paksa Berhenti Proses Unduhan – Untuk melakukan hal ini cukup sederhana, pengguna bisa menuju pada panel statusbar, lalu menekan unduhan sekiranya 2 detik hingga akan muncul sebuah submenu. Silahkan pilih pada App Info dan akan menuju detail aplikasi downloader/pengunduh lalu cukup klik Paksa Berhenti atau Force Stop.
  4. Restart Statusbar – Cara ini akan lebih baik digunakan pada ponsel yang telah berstatus rooted. Jadi silahkan unduh aplikasi Statusbar Restarter dan silahkan reboot statusbar dengan bantuan aplikasi tersebut. Biasanya mengatasi hal ini ketika terjadi proses unduhan yang sudah dipause tapi tidak mau menghilang dan terus menampilkan proses loading mengunduh.

Sebaiknya jangan menilai buruk terlebih dahulu tentang ponselnya yang terus mengunduh aplikasi terus-menerus dan terkadang solsui yang paling tepat adalah melakukan reboot, sebab seluruh task akan diberhentikan dan memulai ulang, akan tetapi hal ini tidak ada gunanya jika aplikasi yang mengunduh tersebut memiliki perijinan startup atau maksudnya aplikasi akan berjalan ketika ponsel mulai dihidupkan. Apapaun itu, silahkan coba dengan cara diatas dan apabila masih tidak berhasil juga berarti ponsel sudah ingin diflash ulang. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment