≡ Menu

Cara Mudah Mengunci Kronologi di Facebook

Selalu ada hal baru yang ada di Facebook dan memberikan kualitas yang terbaik untuk setiap pengguna. Setiap tahun selalu terdapat fitur baru yang membuat pengguna selalu menikmati fitur terbarunya seperti emotikon, atau fitur menanggapi kiriman yang baru-baru ini muncul. Setiap hari pengguna Facebook selalu online dalam waktu yang tidak menentu, bisa jadi 24jam nonstop apabila akun digunakan untuk bisnis, atau hanya sekedar melihat-lihat pemberitahuan seperti pesan atau berkomunikasi melalui kiriman. Jika dulu Facebook tidak bisa menggunakan emotikon, tapi sekarang ketika pengguna melakukan komentar dengan symbol emotikon atau bahkan emoji pasti akan tampil.

Pada pertengahan tahun 2016 ini fitur baru muncul pada Facebook dan beberapa perubahan lainnya. Salah satu perubahan yang membuat pengguna tertarik adalah pembaruan emotikon yang ada di Facebook pada pesan atau chat, tapi jika pengguna ingin mengirim pada teman di kronologi akan tetap menggunakan emotikon versi lama. Mungkin pengguna pernah melihat sebuah kronologi teman yang tertutup dan hanya ia saja yang bisa menulis kiriman pada kronologi tersebut, jadi meski pengguna adalah teman tapi tetap saja tidak bisa mengirim apapun meski konten selain status. Hal sejenis ini banyak diminati dan membuat orang menginginkannya juga akan tetapi tidak mengetahui tata caranya.

Menutup atau mengunci kronologi ini adalah hal yang biasa dan bukan sebuah trik rahasia, jadi ini hanyalah sebuah pengaturan privasi saja. Beberapa orang juga menganggap hal sejenis ini menyebalkan karena setiap teman tidak bisa menuliskan apa-apa pada kronologinya dan hanya bisa melalui pesan atau komentar saja. Contoh halnya adalah seperti melihat teman yang berulang tahun pada Facebook dan tidak bisa mengirimkan pesan selamat pada kronologi. Tapi kejadian seperti ini juga banyak menjadi sebuah kesalahan apabila mengijinkan kronolgi secara publik dan semua pengguna Facebook baik itu teman maupun bukan.

Sebenarnya sangat mudah membatasi kronologi supaya hanya bisa ditujukan untuk teman saja ataupun hanya pengguna saja. Tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya karena hanya seperti mengedit privasi seolah ingin melakukan update status saja, hanya saja ini berada pada pengaturan. Saya sendiri mengaktifkan pengaturan ini hanya ketika menginginkan saja, dan mungkin kebanyakan hanya saat pengguna berulang tahun saja supaya kiriman tidak membanjiri kronologi. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama silahkan buka akun Facebook, lebih baik menggunakan PC saja supaya praktis. Dilanjutkan dengan menuju Opsi dan klik Pengaturan.

    Cara mengunci kronologi akun Facebook

  2. Pada bagian Pengaturan, silahkan klik pada menu Kronologi dan Penanda.

    Cara mengunci kronologi akun Facebook

  3. Silahkan perhatikan pada bagian samping tertulis pada “Siapa yang boleh mengirim ke kronologi Anda?” dan klik pada menu Sunting disamping kanannya.

    Cara mengunci kronologi akun Facebook

  4. Pada bagian ini, silahkan pilih privasi yang diinginkan, jika hanya ingin mengunci kronologi, silahkan pilih pada menu Hanya Saya dan klik Tutup.

    Cara mengunci kronologi akun Facebook

Mudah sekali bukan? Hanya perlu mengedit privasi saja dan pengguna langsung bisa mengunci kronologi sepenuhnya. Sebaiknya mengaktifkan privasi ini hanya ketika keadaan khusus saja seperti apabila pengguna tidak ingin diganggu oleh siapapun pada kronologi, tapi juga tidak masalah jika pengguna ingin menetapkan untuk mengubah privasi hanya untuk pengguna saja karena itu adalah Hak. Jika pada ponsel sepertinya tidak berbeda jauh dengan cara diatas dan pastikan memerhatikan pada bagian menu “Kronologi dan Penanda”. Begitu pula jika pengguna ingin membuat kronologi Facebook tidak bisa dilihat oleh orang lain seperti teman, tata caranya hampir sama seperti diatas dan hanya berbeda pada bagian menu saja yang ada pada halaman Kronologi dan Penanda.

Sayangnya masih tidak ada fitur untuk membatasi hanya untuk teman khusus saja yang bisa mengirimkan pada kronologi, tapi jika terdapat orang lain yang mengirim sesuatu yang tidak masuk akal pada kronologi pengguna, cukup blokir saja dan selamanya orang tersebut tidak akan terlihat lagi selama pengguna melepas pemblokiran. Cara diatas aman untuk dilakukan karena langsung melalui setelan Facebook dan tidak membutuhkan aplikasi bantuan. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang mengunci kronologi, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment