≡ Menu

Cara Menonaktifkan Sementara Fitur Obrolan di Facebook

Melakukan obrolan atau biasa dianggap sebagai chatting adalah hal normal yang dilakukan oleh pengguna Facebook mana saja. Fitur obrolan tersebut juga digunakan langsung menyatu pada perpesanan, dimana setiap kali pengguna mengobrol dengan teman akan tersimpan pada riwayat pesan. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan fitur obrolan ini dengan banyak teman dengan maksud tidak hanya satu teman saja, jadi pengguna bebas membuat grup chat untuk bisa berkumpul menjadi satu dalam satu obrolan dan itu pasti akan menyenangkan. Beberapa orang tidak ingin melakukan obrolan dan ini pasti ada penjelasan, contohnya seperti teman yang memiliki watak buruk tapi pengguna tidak ingin memutus hubungan pertemanan di Facebook.

Dengan mematikan obrolan ini sementara juga bisa membuat pengguna itu sendiri seolah offline jangka panjang. Meski pengguna tetap online namun tidak mengaktifkan obrolan, hal tersebut tidak akan terdeteksi sebagai online meskipun itu pada pesan. Fitur untuk mematikan obrolan ini sudah ada sejak dulu dan hanya saja dulu hanya tersedia pada Facebook versi desktop saja, akan tetapi sekarang fitur obrolan ini sudah bisa dirasakan pada ponsel apapun, baik itu ponsel Java dalam Facebook versi Mobile Basic.

Fitur untuk mematikan obrolan yang ada di Facebook akan terlihat jelas jika dipantau langsung dari Facebook Mobile Basic, tapi jika pada PC harus menuju pengaturan obrolan dan tidak semua orang mengerti tata caranya yang benar. Perlu diketahui juga sebelumnya bahwa mematikan obrolan ini hanyalah bersifat sementara hingga pengguna mengaktifkannya kembali dan tidak bersifat permanen, jadi tidak perlu cemas ketika ingin menggunakannya. Intinya pengguna bisa menjauhi teman yang memiliki watak yang kasar atau mungkin pengguna tidak ingin mengobrol pada siapapun.

Mungkin pengguna mengira dengan mematikan fitur obrolan ini tidak akan bisa menghubungi siapa-siapa lagi pada Facebook, tapi hal tersebut tidak benar karena pengguna masih bisa menggunakan fitur perpesanan yang ada pada Facebook. Fitur obrolan ini hanya digunakan untuk memanipulasi supaya akun pengguna tidak tampak pada obrolan teman dan seolah sedang offline. Saya sendiri melakukan hal ini ketika terdapat orang asing yang terus mengajak untuk mengobrol dan Saya tidak tahu akan menjawab apa lagi, jadi salah satu cara untuk menjauhinya adalah dengan mematikan obrolan ini dan ternyata berhasil dengan memuaskan. Berikut ini tata caranya untuk beberapa perangkat.


Facebook Versi Desktop

  1. Pertama – tama silahkan buka akun Facebook dan pada beranda langsung saja perhatikan menu Obrolan yang ada pada kanan bawah.
  2. Silahkan klik pada tombol Gear atau Opsi seperti pada gambar dibawah ini, dan akan muncul sebuah submenu.

    Mematikan obrolan pada Facebook

  3. Tahap terakhir, cukup klik pada Matikan Obrolan dan akan muncul sebuah popup, pilih pada Matikan obrolan untuk semua orang dilanjut dengan menekan tombol Oke dan seketika obrolan berhasil dimatikan sepenuhnya.

    Mematikan obrolan pada Facebook
    Mematikan obrolan pada Facebook


Facebook Versi Mobile Basic

  1. Pertama – tama silahkan buka akun Facebook dan pada beranda klik pada menu Obrolan disamping menu Pemberitahuan.

    Mematikan obrolan pada Facebook

  2. Sekarang akan tampil siapa saja teman yang sedang online, dan langsung saja skroll kebawah dan klik pada tombol Matikan Obrolan.

    Mematikan obrolan pada Facebook

  3. Sekarang obrolan telah berhasil dimatikan sepenuhnya.

    Mematikan obrolan pada Facebook


Saya sengaja tidak memberikan cara untuk Facebook versi Touch karena hampir sama dengan Facebook versi Mobile Basic, dan untuk mengaktifkannya kembali juga sangat mudah, pengguna cukup klik pada menu Hidupkan Obrolan atau Aktifkan Obrolan dan seketika obrolan akan bisa digunakan kembali. Cara ini aman untuk dilakukan meski berkali-kali dan tidak membuat akun Facebook menjadi terkunci atau semacamnya. Terkadang pengguna akan masih terlihat online jika dilihat dari riwayat online pada perpesanan dan tidak ada cara lain untuk membuat itu tidak tampil kecuali pengguna benar-benar melakukan offline semestinya.

Selain untuk mematikan obrolan secara sepenuhnya, pengguna juga bisa mematikan obrolan ini hanya untuk beberapa teman yang dipilih saja. Fitur ini hanya akan ditemukan pada Facebook versi desktop dan tidak bisa dilakukan pada Facebook versi Mobile Basic. Lalu terdapat pula fitur untuk mematikan obrolan untuk semua teman kecuali teman yang dipilih saja. Jadi intinya terdapat fitur whitelist dan blacklist dan itu bisa ditemukan pada menu Pengaturan Lanjutan pada Opsi obrolan. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang mematikan obrolan Facebook, silahkan bekomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment