≡ Menu

Cara Mengetahui File yang Tersembunyi pada Windows 7

Setiap file begitupula dengan folder memiliki sebuah perijinan tersendiri, dimana file atau folder tersebut bisa diedit dalamnya, atau dibaca. Dan hal tersebut juga biasa disebut sebagai chmod. Pada PC juga memiliki cara untuk mengganti chmod supaya file ataupun folder tidak akan terbaca dan sebenarnya masih bisa dibaca apabila mengatur dengan benar pada opsi folder yang ada pada PC tersebut. Bahkan pada ponsel pun juga bisa melakukan hal ini dan walaupun file tidak akan terbaca, sebanarnya itu karena tidak diijinkan sebagai readable sehingga file atau folder tidak akan tampil pada daftar.

Adapula sebuah masalah yang mengacu pada file yang tersembunyi secara otomatis dan hal ini biasanya terjadi pada sebuah memory atau flashdisk yang telah corrupt data didalamnya dan salah satu solusinya adalah melakukan format sepenuhnya. Lalu jika pada PC sendiri juga menggunakan metode ini untuk membatasi pengguna untuk mengakses dalaman itu, seperti halnya adalah file savegame. Karena kebanyakan dari sebuah game, menyimpan file savegame berada di folder tersembunyi yang tidak akan diketahui pengguna kecuali mengatur pada opsi folder.

Cara mudah mengatahui file maupun folder yang tersembunyi pada PC adalah dengan mengatur opsi folder yang pada dasarnya fitur ini sudah disediakan langsung dari Windows 7 dan tidak perlu bantuan software apapun untuk melakukannya. Sama halnya dengan tata cara menampilkan format atau extensi pada setiap file juga membutuhkan fitur opsi folder ini untuk menjalankannya walau dengan software pengelola berkas lain juga bisa, akan tetapi menggunakan fitur bawaan jauh lebih praktis dan tidak membebani PC. Berikut ini tata cara menampilkan file atau folder tersembunyi yang ada pada PC.

  1. Pertama – pertama silahkan hidupkan PC dan langsung saja klik START, ketikan Folder Option dan ENTER.

    Cara Mengetahui Folder dan File yang Tersembunyi pada PC

  2. Akan mucul sebuah popup dan silahkan klik pada tab View yang ada diantara General dan Search.

    Cara Mengetahui Folder dan File yang Tersembunyi pada PC

  3. Sekarang pada bagian Advanced Settings, silahkan skroll kebawah dan temukan pada opsi Hidden files and folders, dibawahnya terdapat 2 opsi untuk mengaturnya, silahkan pilih pada Show hidden files, folders, and drives.

    Cara Mengetahui Folder dan File yang Tersembunyi pada PC

  4. Tahap terakhir, cukup klik OK dan lihatlah, pasti folder yang tidak terlihat sebelumnya sudah bisa tampil dengan bentuk icon sedikit transparent.

    Cara Mengetahui Folder dan File yang Tersembunyi pada PC

  5. Dan untuk mengembalikannya kesemula, cukup lakukan tahap dari awal dan pada bagian 2 opsi tadi, silahkan pilih sebagai Don’t show hidden files, folders, and drives.

    Cara Mengetahui Folder dan File yang Tersembunyi pada PC

Cukup mudah sekali bukan? Tidak perlu menggunakan software tambahan untuk bisa melakukan hal tersebut dan ada banyak hal yang bisa dilakukan lebih pada Opsi Folder tadi dan tidak hanya sebagai penampil file tersembunyi saja. Dengan menampilkan file dan folder yang tersembunyi, pengguna bisa melihat sebuah savedata dari game yang dimainkan pada direktori C:\Users\NAMAPC\AppData\Local\. Disana adalah letak dimana biasanya sebuah game menyimpan datanya dan pengguna bisa bebas melakukan apa saja, misalnya mengubah value atau bahkan merubahnya dengan yang lain. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment