≡ Menu

Perbedaan Antara Popcash dengan Popads

Promotion

Tehnologi Periklanan Berbasis Popunder

Banyak sekali penyedia iklan yang memiliki harga tinggi untuk setiap publisher dan itu juga tergantung dari pengunjung website yang rata-rata harus dari U.S supaya mendapat hasil yang pantas. Kebanyakan orang yang telah gagal diterima oleh Adsense akan langsung mencari alternativ yang lain dan tentunya yang memiliki harga yang setidaknya tidak jauh beda dengan Adsense, memang sangat sulit untuk mencari yang seperti itu, namun ada satu jenis iklan yang akan membuat pengguna merasakan hasil seperti pada Adsense, dan jenis iklan tersebut adalah Popunder. Mungkin jika pengguna mendengar kata popup pastilah memikirkan bahwa iklan tersebut sangat mengganggu, tapi itu salah jika dipikir beberapa kali, karena penyedia iklan popunder bukan hanya satu situs saja.

Website penyedia iklan popunder pertama kali adalah Popads, dimana website tersebut telah lama berdiri dan menyediakan iklan khusus popunder saja. Lalu setelah itu muncul situs baru yang sama dan sepertinya menjadi saingan dari Popads, yaitu bernama Popcash. Ada sedikit perbedaan dari kedua situs tersebut dan sebelumnya Saya hanya ingin pengguna tahu, diartikel ini Saya tidak ingin menjelekkan suatu website atau sejenisnya dan hanya membandingkan sebuah keunggulan atau kekurangan saja. Jika dilihat dari total membernya, Popads jauh lebih banyak daripada Popcash dikarenakan Popads memiliki kode iklan yang bisa diatur lebih advanced ketimbang Popcash.

Kenapa banyak orang menggunakan iklan popunder? Karena iklan ini terbilang sangat mudah untuk mendapatkan hasil dan pengunjung tidak perlu melakukan klik karena akan melakukannya otomatis. Apakah iklan popunder mengganggu pengunjung? Ada dua jawaban untuk pertanyaan ini yaitu “Iya” dan “Tidak”, karena beberapa website penyedia iklan popunder kadang menampilkan popunder tersebut secara terus menerus, namun adapula yang hanya menampilkannya sehari sekali. Iklan popunder ini berbeda dengan iklan onclick yang akan membuka iklan setiap kali pengunjung melakukan klik pada link ataupun teks, jadi popunder ini akan membuka suatu window baru dan tidak membuat website tertutup, jadi pada window tersebut pengguna bisa memutuskan ingin membuka iklan atau menutupnya.

Iklan popunder berbeda dengan iklan popup, karena iklan popup ada bermacam-macam bentuk dan salah satunya adalah tidak membuka window dan langsung menampakkan layaknya iklan interisitial (full page) dan halaman akan tertutup oleh iklan popup tersebut. Jadi sekarang pasti sudah dimengerti tentang iklan popunder ini, walau kadang mengganggu pengunjung, akan tetapi tidak akan mempengaruhi terhadap mesin pencari. Saya mengatakan bahwa iklan popunder ini tidak mengacu sama sekali pada optimisasi SEO, kareana Saya sendiri telah menggunakan iklan popunder selama hampir 2 tahun dan website masih tetap aman pada mesin pencari. Baiklah, berikut ini perbedaan dari iklan popunder Popads dengan Popcash.

Kelebihan dan Kekurangan Popads

  1. Menyetujui Situs Dalam Waktu Maksimal 1 Hari – Setiap pengguna yang mendaftaran situsnya pada Popads tidak akan bisa mendapatkan kode iklan selama situs tersebut berlum disetujui (Approve). Jadi pengguna cukup menunggu sekiranya 1 Hari dan akan diberikan penjelasan melalui Email apakah situs yang didaftarkan telah disetujui ataupun tidak, Perlu diketahui bahwa kategori yang dipilih harus sama dengan topik pada situs yang didaftarkan.
  2. Website Harus Memiliki Konten yang Sepadan – Misalnya jika pengguna mendaftarkan sebuah blog baru yang masih tidak memiliki konten apa-apa, pastilah ini akan ditolak karena yang melakukan review adalah manusia dan bukan robot. Dan sepertinya tentang pengunjung situs yang akan didaftarkan, Popads tidak memikirkan lebih tentang itu dan hanya melihat dari sisi konten saja.
  3. Iklan yang Bisa Diatur Sesuai Keinginan – Pada dasarnya pengguna yang mendaftar pada website penyedia iklan sejenis adsense akan diberikan kode iklan dan harus langsung dipasang pada situs yang didaftarkan tanpa boleh mengedit kode tersebut sedikitpun, tapi berbeda jika pada Popads karena pengguna bisa mengatur sesuatu yang lebih pada iklan seperti value eCPM, dan masih banyak lagi.
  4. Iklan Selalu Tampil Berkali-kali – Inilah yang dikhawatirkan pengguna ketika memasang sebuah iklan popunder adalah iklannya yang akan tampil terus menerus, namun bukan berarti iklan popads ini akan tampil selalu setiap pengguna membuka halaman, jadi mekanisme dari iklannya adalah, setiap kali pengunjung membuka situs yang didaftarkan, maka pengunjung akan melihat iklan popunder, dan ketika membuka halaman lain, iklan tersebut tidak akan ada kecuali pengunjung menutup browser dan membuka situs tadi dan iklan akan kembali muncul kembali.

    Pembaruan: Untuk sekarang ini di PopAds sudah memiliki fitur untuk mengatur supaya iklan hanya tampil sekali dalam waktu yang ditetapkan melalui code generator

  5. Menampilkan Impressi Banyak dan Tidak Semuanya Valid – Ini adalah salah satu kekurangan dari Popads yang menampilkan impressi sangat banyak pada halaman report namun earning yang didapat tidak sebanyak yang diperkirakan, jadi kemungkinan hanya impressi yang valid saja yang akan dihitung, dan banyaknya hasil juga dipengaruhi oleh tingginya rate yang diberikan pada negara tertentu.
  6. Rate Kadang Besar dan Kadang Kecil – Bisa dikatakan bahwa rate pada Popads ini kurang stabil, jadi kadang bisa tinggi dan kadang bisa sangat rendah sekali. Tapi meskipun begitu, rate yang diberikan untuk negara Indonesia juga tergolong tinggi, biasanya $0.8 hingga mencapai $1 keatas.
  7. Minimum Payout Adalah $5 dan Proses Pengiriman Maksimal 1 Hari – Salah satu kelebihan yang banyak disukai banyak orang terhadap Popads adalah Minimum Payout yang diberikan sangatlah kecil dan proses pengiriman yang hanya membutuhkan waktu maksimal 1 Hari saja. Sampai saat ini Popads tetap membayar dengan teratur dan tidak pernah telat.
  8. Tidak Menambah Fee pada Pembayaran – Salah satu kelebihan lagi, yang mana Popads tidak memberikan fee sama sekali pada proses pembayaran. Jadi contohnya pengguna menarik saldo sekitar $5, maka hasil yang akan diterima akan tetap $5 dan tidak akan kurang sedikitpun.
  9. Kontak Support Tergolong Cepat – Tidak seperti Popcash yang memberikan beberapa jenis kontak support, pada Popads hanya diberikan opsi kontak melalui Email saja. Tapi meski begitu respon dari staff Popads ini sangat cepat dan hanya butuh kurang lebih beberapa menit saja pasti pesan yang dikirimkan akan segera dibalas.

Kelebihan dan Kekurangan Popcash

  1. Menyetujui Situs Dalam Waktu Maksimal 1 Hari – Sama seperti Popads, bahwa pada Popcash juga membutuhkan waktu maksimal 1 Hari untuk menerima proses penyetujuan atau penolakan untuk situs yang didaftarkan. Biasanya Popcash akan melakukan proses review pada sore hari sekitar antara jam 2 hingga jam 5 dalam waktu Indonesia, begitu pula dengan proses pembayaran yang biasanya dilaksanakan pada waktu persis seperti proses review.
  2. Semua Website akan Disetujui – Tidak seperti Popads yang memilih situs sesuai kategori yang ada, sedangkan pada popcash akan menyetujui semua website dan layaknya tidak membuka website itu. Jadi meski pengguna salah mengatur kategori, Popcash akan tetap menyetujuinya, hal ini sudah berdasarkan pengalaman Saya pertama kali mendaftar Popcash yang mengatur kategori asal-asalan.
  3. Iklan Hanya Tampil Satu Hari Sekali – Ini adalah salah satu kelebihan yang disukai oleh banyak pengguna, dimana Popcash hanya akan menampilkan satu iklan untuk 1 kali IP, dan harus menunggu selama 24jam supaya iklan tersebut bisa muncul kembali, dengan begitu pengguna tidak akan kesulitan atau resah ketika membuka situs beberapa kali karena iklan hanya tampil satu kali saja dalam sehari.
  4. Menampilkan Impressi yang Sepadan – Berbeda lagi dengan Popads yang menampilkan Impressi yang banyak namun tidak semua terhitung, justru pada Popcash impressi yang ditampilkan adalah impressi yang valid, jadi impressi akan mengikuti rate. Contohnya jika rate saat itu adalah $1 dan impressi yang didapatkan adalah 1000, maka hasil yang didapatkan adalah $1. Tapi sayangnya butuh pengunjung yang banyak sekali untuk mendapatkan impressi 1000 pada popcash, disebabkan pengunjung sekarang ini banyak yang menggunakan adblock.
  5. Rate Stabil – Di Popcash, rate yang diberikan selalu stabil. Jadi meski ada penurunan tidak akan terlalu rendah dan meski ada kenaikan tidak akan terlalu tinggi. Jadi intinya pengguna akan tetap melihat rate yang stabil dan tidak akan membuat hasil perhari melorot drastis ataupun melonjak secara tiba-tiba. Rate yang dihasilkan ini berdasarkan dari pengeluaran advertiser, jadi jika pengguna mencoba melakukan kontak support, tentu itu tidak ada gunanya.
  6. Minimum Payout Adalah $10 dan Proses Pengiriman Maksimal 1 Hari – Berbeda dengan Popads yang memiliki minimum payout $5, sedangkan Popcash mengharuskan melakukan payout dengan minimal saldo $10. Waktu proses pengiriman sama dengan proses review, jadi biasanya akan dikirim pada sore hari atau terkadang pada malam hari.
  7. Menambah Fee pada Pembayaran – Ini adalah salah satu kekurangan yang ada pada Popcash, dimana pembayaran masih memiliki fee, namun itu tidak mengapa karena fee yang dikeluarkan sangatlah kecil. Jika dulu fee ini langsung diambil dari hasil pembayaran, sekarang ini fee diambil langsung dari hasil akun saat ini, jadi ketika melakukan pembayaran seolah tidak ada fee.
  8. Kontak Support Tergolong Cepat – Sama dengan Popads, proses kontak pada staff Popcash ini tergolong cepat walau harus menunggu setengah jam atau lebih. Dan Popcash juga aktif pada Yahoo Messenger, jadi pengguna yang ingin melakukan perbincangan secara cepat bisa langsung melakukan chatting pada YM.

Sekarang pasti sudah mengerti tentang perbedaan dari Popads dan Popcash, dan saran Saya silahkan tampilkan satu iklan popunder saja pada setiap halaman supaya pengunjung tidak merasa terlalu terganggu, Kemungkinan besar setelah memasang iklan popunder ini pengunjung akan menurun kurang lebihnya sekitar 10% dari biasanya dan tidak mempengaruhi mesin pencari sama sekali seperti Google, Yahoo & Bing. Dan iklan popunder juga akan tampil dan dihitung meski pada perangkat mobile. Jika menurut Saya sendiri kedua iklan popunder diatas sama-sama bagusnya dan memiliki kualitas yang sangat baik dibanding yang lainnya. Jadi sekarang pengguna cukup memilih atau menilai sendiri, dari kedua penyedia iklan popunder diatas, manakah yang terbaik?

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 5 comments… add one }
  • aditya iskandar April 6, 2017, 8:30 am

    milih popcash aja deh

  • Dian ashari rahmad aji December 26, 2016, 4:36 pm

    Terimakasih kontentnya sangat vermanfaat

  • deady ady November 13, 2016, 7:01 am

    popcash nya muncul kalau user itu mengeklik salah satu tombol pada artikel kita ya sob??

    • rrobyf November 15, 2016, 11:55 am

      tidak hanya tombol saja gan, tapi link atau teks.

  • BokurawANIME July 7, 2016, 12:32 am

    Wah…jadi itu ya bda nya… kalo ane pilih PopCash aja gan.

Leave a Comment