≡ Menu

Kelola File Antar Penyimpanan Clouds dengan Multcloud

Mengunduh file dari URL ke penyimpanan clouds pastilah sudah banyak bertebaran di internet dan telah Saya bagikan juga pada artikel sebelumnya. Tapi apakah pengguna pernah berpikir bahwa ingin memindahkan file antar cloud, misalnya saat ini memiliki file yang ada di Google Drive dan ingin memindahkannya pada Dropbox? Tentu hal tersebut akan sulit dilakukan jika tidak membutuhkan sebuah alat pembantu atau membuat sendiri alatnya dengan API yang disediakan. Namun hal tersebut memang bisa dilakukan dan sangatlah mudah sekali. Diketahui sendiri jika direct link yang ada di penyimpanan clouds menggunakan autentikasi cookie, itulah yang membuat orang kesulitan untuk memindahkannya.

Seluruh penyimpanan cloud pastinya memiliki fitur yang lebih advanced dibanding file hosting karena penyimpanan cloud bisa dilakukan integrasi dalam bentuk perijinan aplikasi. Ada banyak sebab yang membuat orang ingin memindahkan file ke penyimpanan cloud yang lain dan kemungkinan besar bahwa hal sejenis ini dikarenakan kecepatan yang dihasilkan ketika melangsungkan pengunduhan. Biasanya semua penyimpanan cloud memiliki server yang tinggi untuk melangsungkan pengunduhan tanpa adanya batasan, tapi siapa tahu untuk beberapa pengguna terasa dibatasi jika mengguankan suatu penyimpanan cloud dan lebih cepat dengan yang lainnya.

Seperti Saya sendiri yang terkadang memindahkan file antar penyimpanan cloud dari Box ke Dropbox karena Saya rasa ditempat Saya mengunduh file dari situs Box tersebut tergolong tidak terlalu cepat jika dibandingkan dengan Dropbox atau Google Drive. Dan Saya selalu menggunakan bantuan situs bernama Multcloud. Situs tersebut memberikan fitur untuk melakukan segala hal tentang file yang ada pada penyimpanan cloud. Contohnya seperti mengunggah file, menghapus, mengunduh, dan sebagainya. Intinya pada Multcloud ini pengguna bisa menggunakan banyak akun cloud dalam satu akun dan bagusnya lagi situs ini memberikan batasan kapasitas yang cukup tinggi untuk pengguna gratis, yaitu maksimal 10Tb atau setara 10.000Gb.

Untuk pengoperasian pada situs Multcloud sangatlah mudah sekali, pengguna cukup menambah akun penyimpanan cloud yang dimiliki dan mengijinkan aplikasi dari Multcloud. Dan jika pengguna ingin memindahkan sebuah file cukup melakukan Drag & Drop saja, jika tidak mengeri apa maksud dari itu, pengguna cukup menekan pada file mana yang akan dipindah dan diseret menuju penyimpanan cloud yang diinginkan dan proses pemindahan file akan berlangsung atau bisa memakai fitur Copy. Proses untuk memindahkan file antar penyimpanan cloud ini bervariasi tergantung dari besarnya file yang dipindah. Kemungkinan membutuhkan 15Menit untuk memindahkan file berukuran 1Gb. Berikut ini cuplikan gambar dari situs Multcloud.

Gambaran dari situs MultcloudGambaran dari situs MultcloudGambaran dari situs Multcloud

Dengan navigasi yang mudah tidak akan membuat pengguna baru kesulitan untuk mencari apa yang diinginkan. Untuk mempercepat proses pemindahan ini dan menambah kapasitas ruang pada akun, bisa dengan berlangganan paket premium yang disediakan. Adanya fitur FTP ini juga salah satu yang Saya sukai karena kebanyakan file yang ingin Saya pindah berasal dari situs Saya sendiri supaya mengunduh jauh lebih stabil dan tidak membuat overload pada situs akibat mengunduh file besar terus menerus. Hampir semua situs penyimpanan cloud populer didukung dan semuanya bekerja dengan baik.

Awalnya pengguna akan mendapatkan kapasitas maksimal 2Tb, akan tetapi bisa dibesarkan hingga 10Tb apabila pengguna membagikan sebuah link yang ada di sosial media, jadi pengguna cukup menyalin URL postingan tersebut dan menunggu hingga mendapatkan komisi sebesar 8Tb tambahan. Fitur untuk mengunggah file juga diberikan 2 pilihan, yaitu mengunggah melalui URL dan Penyimpanan Lokal. Pengguna juga bisa mengatur schedule atau jadwal untuk melangsungkan perindahan file ataupun pengunggahan file dengan waktu yang diatur. Semua fungsional lengkap disediakan pada situs Multcloud, seperti fitur pencarian juga disediakan, jadi tunggu apalagi, langsung saja gunakan Multcloud.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment