≡ Menu

Cara Unik Melakukan Shutdown, Restart, dan Hibernate di PC

Gambar dari Fitur Turn Off Shorchut pada Windows

Mematikan sebuah perangkat komputer memang tidak bisa dilakukan secara paksa meski hal itu dalam keadaan darurat seperti mengalami macet parah pada saat memainkan game, sebab macet masih bisa diatasi dengan menghentikan proses pada task manager. Mungkin orang yang tidak mengerti akan mematikan komputer ataupun laptop dari tombol power, bahkan hal tersebut tidaklah bagus karena bersifat memaksa dan tidak normal. Ini sering dilakukan oleh banyak orang ataupun remaja yang sedang menuju ke warnet untuk memainkan game dan terjadi macet, salah satu cara tercepat adalah mematikan melalui tombol power CPU dan menghidupkan ulang.

Kejadian seperti itu sangatlah lumrah akibat pengguna yang masih tidak mengerti tentang merawat perangkat PC dengan sebaiknya dan jadinya harus memaksakan untuk mengatasi sebuah permasalahan. Berbeda lagi jika permasalahan tersebut datang dari sistem dalam yang mengakibtkan PC tiba-tiba mati, itu bukanlah memaksakan tapi sudah menjadi keanehan yang dirasakan oleh pengguna. Sebagai contohnya pengguna yang menggunakan laptop selalu memakai charger tanpa baterai, ketika mati lampu secara otomatis perangkat akan ikut mati seketika kecuali menggunakan baterai. Nah saat inilah kesalahan yang telah diperbuat, jadi hasilnya nanti akan sangat beragam, bisa jadi perangkat akan mati-mati sendiri ketika menggunakan baterai, atau bahkan tidak bisa hidup lagi menggunakan baterai.

Mematikan perangkat PC dengan cara aman sangatlah dianjurkan demi menjaga kesehatan perangkat itu dan janganlah malas untuk melakukannya karena pada dasarnya sangatlah mudah, hanya perlu menekan start menu dan klik pilihan power menu yang ada dibawah dan memutuskan untuk memilih yang mana. Tapi ada pula cara yang unik untuk melakukan hal tersebut dan bahkan lebih mudah karena pengguna tidak lagi menuju start menu, jadi pengguna cukup klik kanan pada mouse 2 kali saja dan otomatis perangkat akan melakukan perintah. Intinya hal ini ada kaitannya dengan shortcut.

Yang akan Saya bagikan ini tentang cara unik untuk mengoperasikan power menu dengan hal yang lebih berbeda dari yang aslinya, jadi yang diperlukan hanyalah sebuah file dan harus memiliki format batch. Sebelumnya Saya juga ingin memberitahukan bahwa cara ini sangatlah aman dan sama halnya dengan melakukan shutdown, restart, hibernate seperti normal. Tidak ada yang perlu diragukan dan cara ini pastinya sangat cocok bagi para pemalas atau hanya ingin mencoba-coba saja, berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan buat file txt baru dan ubah format menjadi akhiran .bat. Jadi misalnya sebelumnya adalah “shutdown.txt” silahkan ubah menjadi shutdown.bat.
  2. Selanjutnya silahkan buka file shutdown.bat tadi menggunakan notepad. Silahkan pilih dibawah ini yang mana yang sekiranya ingin dioperasikan.

    Shutdown

    shutdown /s

    Restart

    shutdown /r

    Hibernate

    shutdown /h

  3. Jika ingin menambahkan sebuah pesan, silahkan tambahkan /c “Isi catatan shutdown”. Jadi contohnya akan seperti ini.

    Restart Dengan Catatan

    shutdown /r /c “PC ini akan segera melakukan restart”

  4. Dan tahap terakhir silahkan buat sebuah shortcut yang mengarah ke shutdown.bat tadi, dan jangan lupa untuk mencentang run as administrator pada properties shortcut.

Bagaimana cara membuat shortcut? Silahkan cari pada website ini karena sudah pernah Saya bagikan sebelumnya. Sebenarnya masih ada cara yang lebih lengkap untuk menambah segalanya, misalnya menambah waktu mundur untuk dilakukan penjadwalan mematikan perangkat, tapi Saya rasa itu terlalu membingungkan untuk dijelaskan. Kenapa harus mengijinkan akses administrator? Sebab tidak akan berjalan jika tidak mengijinkan hal itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan file berformat .bat dan semua itu mengarah pada sistem, jadi sebaiknya jangan salah sedikitpun untuk mengalihkan file tersebut supaya tetap aman. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment