≡ Menu

Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Website

Adanya sebuah halaman yang diberi nama “Privacy Policy” ini digunakan untuk membuat kebijakan untuk semua pengunjung yang ada, jadi setiap pengunjung harus mena’ati setiap kebijakan yang telah dibuat oleh pemilik situs tanpa boleh diganggu gugat. Membuat halaman kebijakan ini sangatlah penting karena beberapa orang kadang salah paham terhadap fitur yang ada pada website. Salah satu yang paling banyak diterapkan dalam sebuah kebijakan adalah akses Cookie, jadi terkadang suatu situs akan menampilkan popup dibawah untuk mendapatkan pengertian dari pengunjung yang ada.

Para pemilik website bisa membuat sendiri jenis halaman Privacy Policy sesuka hati, dan hal tersebut tidaklah mudah karena harus memiliki banyak kata untuk membuatnya terlihat menarik, bahkan saat ini kebanyakan situs tidak hanya diakses oleh pengunjung lokal saja, tapi adapula pengunjung dari berbagai negara yang menuju situs tersebut untuk mencari konten yang diinginkan, untuk itulah banyak situs menggunakan bahasa inggris pada halaman Privacy Policy.

Jika pada situs WordPress Self-Host bisa membuat halaman Privacy Policy dengan segera dan praktis. Tapi jika situs selain WordPress pastilah harus membuatnya secara manual dan hal seperti itu tidaklah disukai banyak orang, tapi ada cara otomatis untuk melakukannya dan dijamin sangat mudah sekali. Layaknya menggunakan sebuah plugin WordPress hanya perlu beberapa step untuk melakukannya, dan pengguna hanya perlu menyalin dan menempel saja.

Ada banyak situs yang bisa melakukan hal sejenis ini, tapi hasilnya masih kurang memuaskan karena pilihan yang disediakan cukup sedikit dan tidak sesuai kriteria situs yang ada seperti iklan yang tampil dan apakah situs menggunakan cookie atau tidak. Tapi pada situs yang akan Saya bagikan ini bisa dibilang lengkap dan bisa menyesuaikan kriteria segala jenis website, jadi pengguna bisa mengatur sendiri seperti Iklan yang ada pada situs, Email, dan lain-lain.

Nama situsnya adalah PrivacyPolicyOnline dan hanya dikhususkan untuk membuat halaman Privacy Online saja, pada situs ini juga bisa mengenkripsi email yang tampil dan ini adalah hal yang bagus untuk mengurangi adanya spam yang masuk dari sebuah robot yang mengunjungi halaman tersebut, karena setiap robot biasanya mengincar alamat email dari source HTML, tapi alamat email dienkripsi pasti tidak akan bisa mengambilnya.

Untuk membuat halaman Privacy Policy pada website tersebut sangatlah mudah, cukup menuju pada situs www.PrivacyPolicyOnline.com, lalu mengisikan detil yang sesuai pada jenis situsnya saat ini, seperti Nama, URL, Email, dan beberapa hal lainnya. Untuk mendapatkan hasilnya bisa dilihat dulu dengan menekan tombol Generate Policy dan setelah hasil muncul dan terlihat cocok, langsung saja tekan tombol Generate HTML untuk menampilkan source HTML. Berikut ini gambaran sederhana dan sekaligus contohnya.

Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk WebsiteCara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk WebsiteCara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Website

Pada situs PrivacyPolicyOnline ini sebenarnya tidak hanya untuk membuat halaman Privacy Policy saja, tapi pemilik situs juga bisa membuat halaman Disclaimer dan TOS dengan mudah dan praktis layaknya membuat Privacy Policy seperti tadi. Sekarang pengguna tidak perlu kesusahan untuk membuat kebijakan pada situsnya, karena menurut Saya dengan bantuan website generator tersebut sudah lengkap untuk mengurangi pengunjung salah paham terhadap segala fitur yang ada. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang membuat halaman Privacy Policy. silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment