≡ Menu

Tutorial Menggunakan Secureline VPN pada Avast

Logo Avast Secureline Baru

VPN sangatlah diperlukan bagi setiap pengguna yang sering mengakses internet melalui jaringan nirkabel. Ada beberapa alasan yang membuat orang harus menggunakan VPN ini dan itu juga mengarah pada keamanan akun yang dipakai saat ini ketika menjelajahi internet. Jika pengguna mencoba untuk terhubung pada jaringan WiFi tanpa VPN, bisa jadi hal yang tidak menyenangkan akan terjadi dan salah satunya adalah penyadapan. Pada WiFi saat ini masih bisa dilakukan penyadapan sesama jaringan dan cara penggunaannya juga sangat mudah, bahkan sudah banyak alat atau program yang bisa digunakan untuk menyadap koneksi WiFi dengan sekali klik saja.

Seseorang yang menyadap WiFi akan bisa langsung masuk pada akun yang diinginkan, sebab semua jaringan tidak aman atau bisa dikataan http tanpa http(s) akan bisa dilihat dengan mudah segalanya. Berbeda lagi jika website yang dikunjungi telah mendukung koneksi aman https, tentunya kemungkinan penyadapan sangatlah kecil sekali. Mekanisme dari penyadapan ini adalah membuat IP saat ini menjadi Gateway atau Gerbang Masuk yang digunakan semua pengguna yang online terdeteksi lebih baik, jadi dengan memanipulasi Gateway, maka orang tersebut bisa mendapatkan seluruh statistik jaringan yang ada, baik itu sebuah cookies.

Berbeda lagi jika pengguna menggunakan sebuah program VPN, tentu semuanya akan tetap aman dan anti penyadapan, karena VPN ini akan dijadikan perantara untuk membuat sebuah jalan yang aman. Pada Anti Virus Avast telah dibenamkan fitur VPN bernama Secureline, yang mana fitur tersebut adalah berbayar dan pengguna bisa menikmati secara gratis selama 7 hari saja. Yang membuat Avast Secureline ini patut untuk diaktifkan adalah, bahwa fitur tersebut sudah dari sebuah program Anti Virus dan mendukung banyak sekali server yang ada dibanyak negara. Dengan membeli produk VPN dari Avast tersebut, pengguna bisa menikmati semuanya dan kecepatan internet akan tetap sama dan tidak dibatasi sama sekali.

Dulunya VPN Secureline ini memiliki program sendiri dan harus menginstallnya, namun saat ini sudah digabungkan langsung pada program Anti Virus Avast dan penggunaanya juga sangat mudah. Saya kira dulunya fitur ini akan bisa digunakan secara gratis ketika pengguna telah membeli produk Anti Virus saja, tapi nyatanya itu mustahil dan harus membeli sendiri dengan paket yang terpisah. Server VPN yang ada pada Avast ini semuanya UP dan jarang sekali mengalami down. Terdapat juga server pada bagian asia seperti Singapura, Jepang, dan Australia. Dan paling banyak ada pada bagian United States. Berikut ini tata cara menggunakan VPN Secureline pada program Avast.

  1. Pertama – tama silahkan buka Avast dan pastikan telah mengaktifkan produk ini dengan membelinya atau mencobanya secara gratis selama 7 hari.
  2. Selanjutnya silahkan klik menu Alat pada program Avast, dan akan muncul sebuah submenu, cukup pilih pada VPN Secureline.

    Mengaktifkan VPN Secureline pada Avast

  3. Sekarang silahkan pilih lokasi server yang diinginkan, silahkan klik pada bagian Ubah Lokasi dan akan tampil popup untuk memilih sever dari negara tertentu.

    Mengaktifkan VPN Secureline pada Avast

  4. Apabila sudah memilihnya, tahap terakhir adalah dengan klik tombol Sambungkan dan tunggu maksimal 1 menit dan VPN akan terhubung.

    Mengaktifkan VPN Secureline pada Avast

Sederhana sekali bukan? Dengan menggunakan VPN ini tidak akan membuat proses internet menjadi cepat ataupun lambat. Silahakn coba dengan mengukur kecepatan internet, jika sekiranya lambat, cukup mengganti server pada negara terdekat seperti Singapura dan lihat perbedaanya. Tidak semua VPN yang ada pada daftar mendukung untuk p2p dan torrent, dan hanya beberapa saja yang telah ditandai dengan icon p2p. Menggunakan VPN sangat cocok apabila pengguna selalu menggunakan WiFi setiap harinya, dengan begitu supaya tidak terjadi pembajakan akun, lebih baik tetap menggunakan VPN pada semua perangkat yang menggunakan WiFi.

Melakukan penyadapan koneksi WiFi ini tidak bisa dilakukan secara cepat, karena akan membuthkan paket hingga lebih dari 100Mb, sebab Gateway akan menerima banyak sekali request yang membuatnya mendapatkan seluruh halaman yang ada. Baik itu dari sebuah aplikasi ataupun web, jika tidak menggunakan https pasti akan terdeteksi dengan baik. Kecuali jika koneksi WiFi sangat lambat, itu tidak memungkinkan orang untuk melakukan penyadapan. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment