≡ Menu

(ROOT) Perbagus Keluaran Audio Android dengan Dolby Atmos

Kualitas audio yang ada di ponsel Android saat ini sudah sangat baik dibanding masa ponsel java. Memang tidak semua ponsel Android memiliki kualitas keluaran audio yang sangat bagus, akan tetapi hal tersebut masih bisa dimaksimalkan dengan sebuah bantuan aplikasi. Jika mencari pada Play Store tentunya akan ada banyak sekali aplikasi pembantu memaksimalkan kualitas audio dalam bentuk ekualiser. Contohnya seperti Poweramp dan Amplifier yang memiliki berbagai alat untuk membuat keluaran audio semakin bagus dan akan terasa perubahannya ketika pengguna saat ini mengenakan headset/headphone.

Kebanyakan orang mencari ponsel yang bisa mengeluarkan suara bass dengan bagus dan hal tersebut tidak banyak dijumpai pada ponsel Android low-end, tapi kira-kira apakah bisa jika melakukan hal tersebut dengan cara tweak pada sistem? Jawabannya adalah tentu saja bisa dan hal ini membutuhkan aplikasi bantuan yang mana bisa membuat kualitas audio sangat maksimal dan bisa memiliki volume 2x lebih keras dibanding sebelumnya. Aplikasi yang akan Saya bagikan ini bernama Dolby Atmos, dan hanya ponsel yang memiliki ijin root saja yang bisa menikmati aplikasi ini, sebab harus dilakukan pemasangan melalui recovery supaya komponen lainnya ikut teratur pada direktori yang sudah disiapkan.

Dolby Atmos yang biasanya digunakan pada sebuah theater, kini bisa dirasakan pada ponsel Android dan aplikasi ini memang terbukti bisa memperbagus kualitas suara dari sebelumnya. Jadi keluaran suara akan jauh lebih tajam dan terdengar surround. Suara dentuman bass juga bisa didengar meski tidak menggunakan headset, dan cobalah bandingkan dengan ponsel lain, pasti ponsel yang menggunakan Dolby Atmos jauh lebih menggelegar. Perlu diketahui juga bahwa aplikasi ini tidak digunakan untuk mengedit ekualiser sebuah musik, namun hal tersebut sudah diatur pada aplikasi supaya pengguna bisa merasakan pengalaman mendengarkan musik dengan keluaran suara yang bagus.

Dolby Atmos tidak bisa digabungkan dengan aplikasi pemutar musik yang mengaktifkan ekualiser karena akan bertabrakan. Dan aplikasi ini juga memiliki preset sendiri untuk dipilih, misalnya bermain game, memutar film, ataupun memutar musik. Intinya setiap aplikasi bisa dikolaborasikan dengan Dolby Atmos dengan syarat tidak diatur ekualiser tambahan. Aplikasi Dolby Atmos juga sangat ringan, dan bagusnya lagi aplikasi ini tidak berjalan pada latar belakang dan sudah menyatu dengan sistem. Sayangnya Dolby Atmos untuk Android ini masih tidak mendukung untuk versi Gingerbread dan hanya bekerja pada versi Jelly Bean keatas. Inilah contoh gambaran dari aplikasinya.

Dolby Atmos untuk AndroidDolby Atmos untuk Android

Satu volume saja sudah cukup ketika pengguna mengenakan headset saat ini, dan jika pengguna merasakan suara yang gemerisik, hal tersebut bisa dipastikan dari kualitas file audio yang kurang baik, dan minimal bitrate yang dianjurkan adalah 128Kbps, lebih tinggi maka lebih baik. Saya sendiri menggunakan audio format flac dengan bitrate setara 700Kbps dan hasil audio yang dikeluarkan menggunakan Dolby Atmos ini sangat bagus sekali. Sebelumnya ponsel Saya juga tidak begitu bagus pada pengeluaran bass ketika audio sedang diputar karena seolah mengeluarkan suara “cetuk” ketika terdapat bass kecuali menggunakan headset, dan setelah menggunakan Dolby Atmos sekarang ini, pengeluaran suara audio bisa lebih keras dan suara bass terdengar lebih baik daripada sebelumnya. Untuk mengunduhnya silahakn klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Link diatas mengarah pada forum XDA, dan untuk mengunduhnya cukup klik tombol “Direct Tombol” yang diberi warna hijau. Saya ulangi lagi bahwa aplikasi Dolby Atmos hanya dikhususkan Android versi 4.3 (Jelly Bean) keatas. Untuk proses pemasangannya cukup install file ZIP tersebut langsung melalui recovery, dan setelah diintstall silahkan reboot dan nantinya aplikasi Dolby Atmos akan telah terinstall dan bisa diaktifkan dengan menekan tombol power pada bagian kanan atas.

Aplikasi Dolby Atmos ini sangat aman untuk diinstall pada sistem dan tidak akan membuat ponsel menjadi bootloop dengan syarat mengikuti minimum versi Android yang sudah Saya jelaskan diatas. Untuk melakukan pencopotan sangatlah mudah, pengguna cukup mengunduh dulu file Uninstaller Dolby Atmos dan install melalui recovery, lalu reboot. Tidak dianjurkan mencopot pemasangan Dolby Atmos langsung dari manajer aplikasi karena Dolby Atmos memiliki komponen lain pada bagian sistem dan jika dicopot melalui manajer aplikasi, aplikasi ini tidak akan tercopot sepenuhnya. Saya bisa membantu pengguna di komentar apabila mengalami kesulitan ketika ingin memasang atau mencopot aplikasi Dolby Atmos ini. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Nii-san October 10, 2017, 1:22 pm

    Saya mau nanya, itu di link website XDA ada 3 Link download: 1. Installer, 2. Uninstaller 3. Deep Buffer Remover.
    Nah maksud atau kegunaan nomor 3 tuh apa ya?

    • rrobyf October 11, 2017, 1:32 am

      Jika dengan uninstall masih tidak meng-efek maka bisa melakukan cara ketiga itu untuk menghapus aplikasi lebih dalam.

Leave a Comment