≡ Menu

Cara Sinkronisasi Waktu pada Program Subtitle Edit

Banyak orang yang mengerti Bahasa Inggris dalam sebuah teks, namun masih kurang begitu paham jika terdapat orang yang mengatakan Bahasa Inggris secara logika dan cepat. Seperti halnya menonton sebuah film, pastinya jika video tidak dilakukan dubbing atau menambahkan subtitle/terjemahan, para penonton yang kurang mengerti bahasanya dengan baik tentunya tidak akan paham sepenuhnya mengerti. Saat ini sudah banyak sekali pengguna internet yang menerjemahkan sebuah film secara gratis dan dengan begitu, para penikmat film akan bisa menonton dengan nyaman dan mengerti alur cerita yang ada.

Ada berbagai macam format subtitle yang ada dan kebanyakan format yang digunakan adalah SRT. Setiap pengguna yang menerjemahkan atau mengalihkan subtitle pastinya akan mengutamakan dari waktu yang tepat, sebab jika waktu yang ada sedikit lambat atau terlalu berlebih hanya akan membuat pengguna tidak nyaman ketika menontonnya. Biasanya setiap orang yang melakukan encoder video akan menambah atau mengurangi waktu yang ada di video tersebut yang menyebabkan subtitle menjadi tidak selaras, dan untungnya itu tidak banyak. Jadi terkadang orang tersebut menghapus bagian depan atau belakang saja supaya bisa mengurangi ukuran dari video tersebut dan untuk konten ceritanya masih tetap sama.

Melihat sebuah film yang memiliki subtitle tidak selaras hanya akan membuat pengguna menjadi tidak semangat melihat film tersebut. Walaupun subtitle lambat atau kelebihan 1 detik saja, itu sudah merubah segalanya, dan untuk itulah mengapa banyak sekali penikmat film yang sudah menyiapkan alat khusus ketika ingin menonton film dengan nyaman, yaitu sebuah program untuk mengalihkan subtitle. Tidak hanya wakti saja yang bisa dialihkan, akan tetapi seluruh teks yang ada bisa dirubah sesuai keinginan. Dan kebanyakan orang menggunakan program bernama Subtitle Edit.

Mungkin terdapat banyak software yang bisa digunakan untuk mengalihkan subtitle, tapi Subtitle Edit jauh lebih memilik fitur yang banyak dan gratis untuk digunakan. Dengan Subtitle Edit ini pengguna tidak perlu cemas lagi ketika melihat sebuah subtitle yang tidak selaras dengan perkataan di video, karena yang diperlukan hanya menghitung seberapa lambat/cepat subtitle itu tampil dan cukup diatur untuk dikurangi atau ditambahkan. Cara yang akan Saya bagikan ini sangatlah mudah dan yang dibutuhkan hanyalah program Subtitle Edit saja. Berikut ini tata cara sinkronisasi ulang waktu pada program Subtitle Edit.

  1. Pertama – tama silahkan buka program Subtitle Edit dan apabila belum memilikinya, silahkan unduh pada bagian bawah artikel ini.
  2. Selanjutnya silahkan menu File dipojok kiri atas dan klik Open, atau bisa langsung tekan CTRL+O pada keyboard lalu cari file subtitle yang akan dialihkan.

    Sinkronisasi Ulang Waktu pada Subtitle Edit

  3. Jika sudah, sekarang cukup klik menu Syncronization dan akan muncul submenu, silahkan pilih Adjust All Time, dan akan tampil sebuah popup kecil.

    Sinkronisasi Ulang Waktu pada Subtitle Edit

  4. Pada popup tersbeut pengguna cukup mengatur kolom waktu yang sudah disediakan dalam format jam:menit:detik:milidetik. Apabila misalnya ingin menampilkan subtitle lebih awal dalam jangka 1 detik, silahkan isikan 00:00:01,000 dan klik tombol Show Earlier. Sedangkan jika ingin menambah waktu subtitle, silahkan pilih Show Later. Apabila sudah, untuk menyimpannya, cukup tekan CTRL+S pada keyboard.

    Sinkronisasi Ulang Waktu pada Subtitle Edit

  5. Dibawahnya juga terdapat sebuah 3 pilihan. jadi untuk All lines digunakan untuk mengedit seluruh daftar waktu yang ada pada subtitle, sedangkan Selected Lines Only digunakan unuk mengedit satu daftar waktu saja yang telah dipilih, dan terakhir Selected Line(s) and Forward digunakan untuk mengedit satu daftar waktu yang dipilih hingga terus kebawahnya sampai terakhir.

Hanya dengan cara yang sederhana sudah bisa mengalihkan subtitle dengan mudah, dan yang Saya sukai dari Subtitle Edit ini adalah pada bagian popup tersebut yang menampilkan 2 tombol khusus untuk menerapkan, yaitu Show Earlier dan Show Later, tentunya pengguna pasti tahu kegunaanya. Biasanya orang akan pusing ketika mengedit wakti yang ada di subtitle dengan program lain yang hanya menampilkan plus dan minus, dan orang akan berpikir dulu sebelum memutuskan untuk memilih mana yang tepat untuk menambah atau mengurangi waktu yang benar. Tapi dengan Subtitle Edit ini kedua tombol tersebut sudah bisa dijelaskan bahwa Show Earlier akan menampilan subtitle lebih dulu, dan Show Later akan menampilkan subtitle nanti. untuk mengunduh Subtitle Edit, silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment