≡ Menu

Cara Mudah Mengganti Banyak Nama File pada Android

Nama file yang ada di perangkat digunakan untuk mengenali isi dari dalam file tersebut dengan mudah begitu pula dengan format yang sudah disediakan akan lebih mudah untuk menyortir suatu berkas supaya lebih rapi. Jika diperhatikan akan banyak sekali jenis format yang tersedia di memory ponsel saat ini, tidak hanya pada external memory namun juga pada sistem jauh lebih banyak jenis file yang ada. Beberapa orang kesulitan apabila ingin mengganti nama file tersebut namun file yang akan diganti namanya sangatlah banyak dan seperti tidak mungkin apabila dilakukan satu persatu, dan hal itu masih bisa diatasi dengan sebuah aplikasi, serta memerlukan ponsel Android untuk melakukannya.

Pada kali ini akan Saya bagikan sebuah aplikasi yang dapat melakukan “mass rename file” yang artinya bisa mengganti nama pada banyak file. Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna tidak perlu lagi jika ingin mengubah banyak nama dalam kata yang sama. Jadi aplikasi ini bisa mengganti banyak file dengan nama yang bisa disesuaikan oleh pengguna dan sangat cocok untuk sebuah berkas yang ditujukan untuk suatu kepentingan, maka akan mudah untuk mencari nama file meski semuanya sama pada bagian depannya. Yang menarik lagi, aplikasi ini bisa juga langsung mengganti format file sekaligus.

Aplikasi ini bernama Bulk Rename Wizard telah mendapatkan rating 4 keatas pada Play Store. Jika pengguna pernah kehilangan suatu file dan seluruh file yang hilang itu berada pada folder bernama “LOST.DIR” maka secara keseluruhan filenya tidak akan memiliki sebuah ekstensi atau format dan harus diganti lagi namanya begitu juga formatnya. Maka untuk itu aplikasi ini bisa melakukan hal itu dengan sangat mudah, yang diperlukan pengguna adalah memilih file mana saja yang akan diganti namanya serta membuat kriteria nama yang cocok sesuai pada pengaturan aplikasi ini. Jika melakukan pertama kali pasti akan sedikit membingungkan, akan tetapi jika telah mencoba aplikasi 2 kali pasti akan mengerti tata cara pengerjaanya.

File yang hilang pada LOST.DIR akan berubah menjadi file yang tidak bisa dilihat atau dengan maksud bahwa file yang ada pada direktori tersebut tidak diberikan akses membaca file, dimana file manager biasa tidak akan bisa melihatnya begitu pula mengganti namanya. Namun pengguna cukup menggunakan file manager yang lebih advanced dalam fiturnya seperti root explorer atau xplore untuk memindahkan dulu seluruh file yang tidak bisa dibaca tersebut, setelah itu baru melakukan mass rename file dengan aplikasi Bulk Rename Wizard. Berikut ini beberapa gambaran dari aplikasi ini.

Aplikasi Bulk Rename Wizard AndroidAplikasi Bulk Rename Wizard AndroidAplikasi Bulk Rename Wizard AndroidAplikasi Bulk Rename Wizard Android

Sangat sederhana dan sedikit tidak mudah dipahami untuk awalnya, namun seiring lamanya menggunakan aplikasi ini akan terasa begitu mudah untuk digunakannya. Untuk melakukan mass rename file, pengguna bisa membuka aplikasi ini dan klik pada tombol Rename lalu pilih pada bagian “Rename Files” dan klik tombol NEXT. Selanjutnya klik lagi tombol Add Files untuk menambah berkas yang ingin diganti namanya. Kemudian aplikasi ini seketika akan mengarahkan pada SDCard dan pengguna cukup memilih file mana yang ingin ditambahkan. Jika sudah dipilih seluruh file yang ingin diganti namanya, sekarang cukup klik tombol Add. Sekarang adalah tahap pengecualian, silahkan pilih lagi seluruh filenya jika ingin merubah seluruh file itu dan klik tombol NEXT. Saat ini pengguna harus membuat sebuah nama khusus untuk semua file tersebut, jadi silahkan klik tombol Add reename criterion dan ada beberapa pilihan silahkan pilih kriteria mana yang akan digunakan pada nama file tersebut, dan jika ingin membuat nama baru cukup klik pada New name dan akan disediakan sebuah popup untuk mengisi nama baru tersebut. Lalu jika sudah, akan diberikan sebuah halaman untuk melihat hasil output sementara, disini cukup centang pada bagian kriteria nama file tadi dan klik Next lalu klik Finish dan tunggu hingga proses selesai. Untuk mengunduh Bulk Rename Wizard silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Bulk Rename Wizard membutuhkan Android versi 2.3 keatas, memiliki ukuran sekitar 2.3Mb, dan tidak membutuhkan data atau cache tambahan. Cara penggunaan yang Saya bagikan diatas memang terlihat sangat rumit sekali, namun itu hanya ada pada awal penggunaan saja, jadi jika pengguna sudah pernah melakukannya akan terasa sangat mudah dan tidak membingungkan. Banyak jenis kriteria yang disediakan oleh aplikasi ini dan jika terdapat format file yang sama akan diberikan sebuah tambahan nama berbentuk angka untuk membuatnya tampak berbeda. Tidak hanya file saja yang bisa diganti namanya, namun folder yang banyak juga bisa dilakukan oleh aplikasi ini, begitu pula sebuah gambar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Eko Irawan July 22, 2016, 2:18 am

    Aq pke EZ File Manager bisa gk ya, oh ya LOST DIR itu isinya cuma gambar atau ada file2 lain

    • rrobyf July 23, 2016, 11:21 am

      Bisa, coba tampilkan file yang tersembunyi dan file yang ada pada folder itu akan tampil. Untuk saat ini tidak hanya file gambar saja, tapi video yang hilang juga masuk pada LOST.DIR. Dalam kasus ini, hilangnya file bukan dimaksudkan terhapus, jadi file yang menuju folder LOST.DIR bermaksud hilang-hilang sendiri.

Leave a Comment