≡ Menu

Cara Menghilangkan Wifi.id pada Modem Speedy

DOWNLOAD

Bisa dipastikan pengguna Indonesia banyak sekali yang menggunakan WiFi dari provider Telkom yang terbukti kualitas jaringannya yang sangat cepat tergantung paket yang dipilih. Namun ada hal yang membuat orang tidak suka dan hal tersebut ada pada router yang disediakan oleh telkom. Jadi pengguna yang tidak mengerti hanya bisa menerima saja. Yaitu adalah SSID tambahan dan tidak akan tampil jika dilihat pada halaman administrator, karena halaman administrator tersebut pada dasarnya digunakan untuk mengatur Main LAN Interface, Yang berarti hanya SSID utama yang bisa diatur dan sedangan untuk SSID tambahan tidak bisa diatur melalui halaman administrator tersebut.

Ada 2 cara untuk menghilangkan SSID tambahan dari telkom, yang biasanya tampil dengan nama @wifi.id, Groovia atau SpeedyInstant@wifi.id. Hal tersebut sebenarnya tidak mengganggu, namun ada baiknya dimatikan supaya router tetap aman karena jika DHCP tidak diatur dan BSSID tetap dicentang pada bagian itu, maka bisa dipastikan router memiliki celah yang bisa dimasuki orang lain baik melalui telnet, atau HTTP. 2 cara tersebut adalah menghilangkan dan menyembunyikan, jadi ini adalah hak pemilik router yang igin menghilangkan sepenuhnya atau hanya akan menyembunyikan supaya SSID tidak dilakukan broadcast.

Ancaman saat ini yang paling menonjol pada WiFi Telkom ada pada SSID tambahan yang tidak diatur dengan benar bagian DHCP, meski tidak bisa mengakses pada internet namun masih bisa memasuki gateway yang bisa mengubah semuanya pada halaman administrator melalui IP Statis. Ditambah saat ini masih banyak yang menggunakan username dan kata sandi default yaitu admin yang sebaiknya harus diganti untuk keamanan router tersebut. Jika router telah diretas oleh orang lain, maka sang peretas bisa bisa dipastikan akan membuat semacam backdoor yang mampu mengetahui kata sandi meski terus berganti dan melakukan segalanya yang ada pada router. Tapi hal itu tidak akan terjadi apabila pemilik router mengganti username dan passwordnya dan tidak mengaktifkan WPS atau mengatur SSID tambahan dengan benar.

Sebenranya SSID tambahan yang ada pada router dan tidak menggunakan kata sandi, apabila dihubungkan akan diloncatkan pada halaman masuk wifi.id, namun apabila tidak masuk menuju halaman tersebut, bisa dipastikan bahwa SSID tersebut tidak diatur dengan benar dan hal sekali lagi hal ini akan mengacu pada alamat gateway apabila dilakukan bruteforce maka secara otomatis alamat gateway dari SSID tambahan akan berganti ke SSID utama. Disini Saya akan membagikan 2 cara untuk melakukannya dengan aman, dan semua ini menggunakan telnet. Silahkan menuju artikel Cara Menggunakan Telnet pada Windows apabila tidak mengetahui cara penggunaannya. Akan Saya mulai dengan cara mematikan SSID tambahan dan ini sangatlah sederhana. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama silahkan buka CMD atau telnet client sejenis Putty. Sebelumnya silahkan ketahui alamat IP Gateway pada WiFi. untuk mengetahuinya silahkan masuk CMD dan ketikan ipconfig maka akan muncul tulisan Default Gateway silahkan catat nomor IPnya, contohnya adalah 192.168.1.1.
  2. Selajutnya silahkan masuk ke telnet, jika menggunakan CMD silahkan ketikan telnet 192.168.1.1 maka akan disuruh untuk memasukan kata sandi, silahkan masukan admin dan ENTER.
  3. Sekarang silahkan coba ketikan rt rtdisplay 2 dan ENTER. Maka akan tampil tentang SSID tambahan.
  4. Jika benar bahwa yang tampil adalah SSID tambahan, maka sekarang saatnya mematikannya. Silahan ketikan rt setbssidnum 1 dan ENTER. Maka lakukan reboot pada router dan sekarang pasti SSID tambahan sudah hilang.

Cara diatas hanya khusus untuk mematikan Access Point pada SSID, dan tentu masih tampak jika dicoba untuk melihat dari telnet dengan mengetikan rt rtdisplay 2. Cara diatas sangatlah aman untuk dicoba dan tidak akan mematikan Access Point utama selama benar mengikuti caranya dengan benar. SSID utama selalu ada pada urutan awal dan cara diatas berarti menonaktifkan semua SSID tambahan yang ada kecuali SSID utama. Jika hanya ingin untuk menyembunyikan saja, berikut ini tata caranya.

  1. Pertama-tama silahkan sambungkan pada telnet seperti cara pertama diatas.
  2. Jika sudah tersambung, langsung saja ketikan perintah rt node index 2 dan tekan ENTER. Kegunaanya untuk melakukan editor pada SSID ke 2 yang diketahui adalah SSID tambahan.
  3. Dilanjutkan dengan mengetik perintah rt node hidessid 1 dan tekan ENTER. Kegunaannya untuk mengganti sebagai mode tersembunyi
  4. Tahap terkahir silahkan ketik perintah rt node save dan tekan ENTER. Kegunaannya untuk menyimpan.

Mudah sekali bukan? Dengan menyembunyikan SSID, bisa dilakukan koneksi ke WiFi tersebut dengan menuliskan SSID yang benar. Jika pada PC akan terdapat nama Other Network yang memiliki signal yang sama dengan SSID utama, itulah yang dimaksudkan tersembunyi, dan pengguna lain yang klik Other Network tersebut akan disuruh untuk mengisi SSID dari AP yang disembunyikan. Sebenarnya ada cara untuk menonaktifkan SSID tanpa harus melakukan filter BSSID menjadi 1, yaitu dengan menggunakan fitur pemanggilan disableap yang ada pada telnet pada bagian rt/rtwlan, namun kebanyakan router saat mencoba untuk mengakses fitur disableap tersebut yang ada seluruh Access Point akan dimatikan dan harus dihidupkan lagi melalui jaringan LAN pada halaman administrator. Jadi Saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara diatas karena tergolong aman dan tidak akan ada efek samping sama sekali. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment