≡ Menu

Cara Menambah Format File yang Diunduh pada IDM

Ada lebih dari 100 file yang ada di internet dan itu banyaknya file tersebut masih bisa dijadikan menjadi satu berkas saja dalam format file berbentuk arsip seperti ZIP ataupun RAR. Saat ini mengunduh file di internet pada PC tidak jaman lagi menggunakan unduhan yang disediakan oleh browser, jadi pengguna lebih menyukai program lain yang menjalankannya karena memiliki fitur yang lebih banyak dan diberikan opsi yang lengkap. Salah satunya yang menjadi raja dari alat pengunduh lainnya adalah IDM (Internet Download Manager) yang mana sangat laris dibeli oleh pengguna sedunia dan telah terbukti akan kemampuan untuk menstimulasikan proses download dengan sangat baik.

IDM memiliki ciri khas tersendiri daripada yang lainnya, sebab pengguna akan mendapatkan fitur yang lengkap untuk melangsungkan proses download. Ukuran yang sangat kecil membuat PC tidak akan terbebani hanya karena menggunakan IDM ini. Dari PC low-end sudah bisa menggunakan IDM ini tanpa kesusahan lagi, hanya saja untuk PC low-end pasti akan mengalami proses sedikit lama ketika IDM melakukan pembetukan ulang file hasil download yang telah mencapai tahap terakhir, jadi intinya IDM memotong file unduhan tersebut menjadi beberapa file dan pada akhirnya akan disatukan ulang.

Mebicarakan tentang format file, pastilah masih terdapat yang kurang pada format file yang disediakan oleh IDM, contohnya saja format MKV, APK, dan lain-lain yang tidak begitu dikenali oleh banyak orang. IDM hanya akan menjalankan proses unduhan untuk file yang dikenali saja dan kecuali itu akan dilakukan pengunduhan melalui browser langsung. Sekarang ini banyak sekali pengguna yang mengunduh file game Android melalui perangkat PC karena lebih mudah dan cepat, tapi sayangnya IDM masih tidak mengenali file dengan format tersebut. Tapi apakah ada cara untuk menambahkannya supaya IDM bisa mengenali format file tersebut dan melangsungkan untuk pengunduhan? Tentu saja ada caranya dan hal langsung berada pada pengaturan IDM.

IDM Memberikan hak bagi pengguna untuk mengatur segalanya, contohnya bisa memblokir situs mana saja yang tidak boleh diunduh pada IDM, menambah browser mana yang hanya bisa menggunakan IDM, dan lain sebagainya. Salah satu fitur yang sangat dibutuhkan seperti penambahan format file untuk proses unduhan juga sudah disediakan, hanya saja kemungkinan banyak pengguna yang tidak bisa menggunakan fitur tersebut dan kebingungan ketika ingin menambahkannya. Disini akan Saya bagikan tata cara untuk itu, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan buka IDM langsung saja tekan pada Download pada bagian atas.

    Menambahkan Fomat File untuk Proses Pengunduhan di IDM

  2. Selanjutnya akan tampil submenu, silahkan klik pada Opsi.

    Menambahkan Fomat File untuk Proses Pengunduhan di IDM

  3. Maka akan tampil sebuah window baru. Disini akan terdapat beberapa tab dibagian atas, dan silahkkan pilih pada Jenis File.

    Menambahkan Fomat File untuk Proses Pengunduhan di IDM

  4. Perhatikan pada bagian Jenis File yang Didownload. Dibawahnya terdapat sebuah kolom untuk mengisi format yang diinginkan. Disini Saya contohkan untuk mengisi format APK, SRT, dan FLAC. Jadi yang perlu dilakukan adalah menambah spasi pada setiap format dan hurufnya harus besar. Jadi akan seperti ini APK SRT FLAC pada bagian akhir.

    Menambahkan Fomat File untuk Proses Pengunduhan di IDM

  5. Apabila sudah mengisinya, silahkan klik tombol OK pada bagian bawah dan sekarang cobalah tes untuk mengunduh file dengan format yang baru ditambahkan tadi. Pasti sudah terdeteksi oleh IDM.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Jika cara diatas masih tidak bisa, berarti masalah tersebut ada pada browser yang tidak mendukung untuk menggunakan IDM, contoh halnya seperti Opera yang diharuskan memasang extension tambahan untuk bisa menggunakan IDM. Jika pengguna saat ini menggunakan Opera, silahkan cari cara mengatasinya pada website ini dan hal tersebut juga berguna untuk browser Chromium yang lainnya. Ada banyak format file yang belum ditambahkan pada IDM, tapi yang sudah disediakan pada pengaturan default adalah format yang populer di internet seperti file audio, video, hingga arsip. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang menambah format file untuk proses pengunduhan pada IDM, silahkan berkomentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment