≡ Menu

Trik Mematikan Seluruh Program “EXE” Pada Windows

Mematikan seluruh program EXE pada Windows

Program yang berjalan pada PC seperti Windows memiliki format exe, namun pada dasarnya terdapat program lain yang bisa memanipulasi file dengan format lain menjadi exe dan hal tersebut membutuhkan sedikit nyali untuk melakukannya dengan benar, sebab apabila sudah terlanjur melakukannya dan lupa akan apa yang telah dilakukan sebelumnya, tidak ada cara lain yang harus digunakan untuk mengatasi masalahnya kecuali melakukan install ulang peranti PC seperti membeli baru. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat PC kehilangan kendali atau bahkan tidak bisa membuka semua program, dan kebanyakan hal tersebut dilakukan secara aman melalui CMD.

Dengan CMD, pengguna bisa melakukan apapun hal yang terhubung dengan file sistem. Bisa melakukan disable pada program khusus atau bahkan semua program dengan sekali tekan saja. Yang akan Saya bagikan kali ini adalah cara untuk mematikan seluruh program yang menggunakan format EXE, jadi ini tidak akan berpengaruh pada bagian awal PC dan hanya tidak bisa membuka program karena layaknya tidak ada alat untuk membuka file EXE. Cara yang akan Saya bagikan ini tergolong aman dan perlu dikethaui juga bahwa ini tidak bersifat sementara. Jadi meski PC dimatikan dan dihidupkan lagi, program akan tetap tidak akan bisa dibuka kecuali mengembalikannya lagi melalui CMD.

Mungkin dengan cara ini bisa dilakukan oleh software lain, namun kebanyakan software sejenis itu hanya akan terdeteksi virus dan pengguna tidak akan bisa melakukannya. Jadi cara aman yang sangat terbukti adalah menggunakan CMD. Mungkin jika pengguna mencoba mencari pada mesin pencari akan menemukan banyak hal sejenis ini digunakan untuk merusak komputer teman atau orang lain, dan hal tersebut adalah perbuatan tercela dan tidak patut untuk dilakukan dan digunakan untuk pengalaman saja, dan beberapa website yang membagikan hal tersebut tidak membagikan penangkalnya, jadi komputer yang telah dilakukan hal tersebut akan tidak akan bisa membuka program secara permanen.

Saya berharap bahwa cara yang akan Saya bagikan, akan lebih baik digunakan pengalaman ataupun percobaan saja dan tidak perlu digunakan untuk menjahili orang lain. Karena dibeberapa tempat, pengguna mungkin akan membutuhkan hal ini untuk mencoba pura-pura demi hal kebaikan. Contohnya ingin berangkat kerja dan suatu saat ada teman yang tiba-tiba ingin meminjam laptop dalam jangka lama untuk membuka internet atau menyalin sesuatu yang seolah itu tidak penting, jadi pengguna cukup menerapkan cara ini dan pura-pura terdapat kerusakan yang harus diperbaiki terhadap perantinya. Baik, berikut ini tata cara mematikan seluruh program yang ada di Windows, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan buka START Menu dan ketikan command.com, maka akan terbuka CMD.
  2. Selanjutnya pada CMD tersebut silahkan ketikan teks ini assoc.exe=.dead kemudian silahan ENTER. Sekarang pasti seluruh program tidak akan bisa dibuka.
  3. Untuk mengembalikannya, silahkan buka START Menu dan ketikan lagi command.com, dan pada CMD silahkan ketikan assoc.exe=exefile dan tekan ENTER
  4. Sekarang pasti program bisa dibuka kembali. Intinya CMD tidak harus dibuka melalui CMD.exe, melainkan dari command.com.

Sederhana sekali bukan? Cara ini hanya memanipulasi file EXE menjadi format .dead, dimana ketika pengguna mencoba untuk membuka setiap program, maka secara otomatis file EXE tidak akan dikenali untuk dibuka. Dan Saya sarankan untuk membuka CMD melalui pemanggilan command.com karena CMD.exe yang ada di sistem sudah dimatikan programnya, jadi hanya melalui command.co itulah cara untuk mengaktifkan kembali program yang telah dimatikan tadi. Jika cara diatas tidak berfungsi, bisa jadi harus melakukan restart apabila selesai mematikan program atau menghidupkannya kembali.

Meski tidak menggunakan bantuan command.com, untuk mempermudah menangkalnya bisa juga membuat file berformat .bat dan didalamnya silahakan isikan assoc.exe=%exefile%, selanjutnya silahkan klik 2 kali pada file tersebut dan secara otomatis seluruh program akan aktif kembali. Selain dari itu juga ada cara lain dan langsung membuka bagian kontrol panel, namun cara kedua cara itu Saya rasa sudah cukup untuk membantu mengaktifkan kembali program yang telah dimatikan sebelumnya. Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • ikbalfajar August 26, 2017, 10:50 am

    min gimana nih program exe nya saya ngak berjalan lagi

    • rrobyf August 28, 2017, 10:48 am

      Tenang, ikuti cara diatas dengan benar bagian pemulihan. Yaitu tekan START lalu ketik command.com dan ketik kode pemulihan seperti diatas tadi. Karena jika hanya mengetik command saja tak akan dapat dibuka.

Leave a Comment