≡ Menu

Trik Anti Netcut Paling Sederhana

Proses PING berjalan terus-menerus

Koneksi internet yang tiba-tiba hilang memang paling sangat dibenci oleh banyak pengguna. Hal satu-satunya yang membuat semua pengguna merasa jengkel adalah ketika terdapat orang lain yang melakukan pemotongan koneksi atau bisa dikatakan melakukan flood PING terhadap alamat IP perangkat saat ini dan dengan begitu, orang yang melakukan flood akan mendapatkan koneksi yang sangat stabil ketimbang target yang telah dipilihnya. Ada cara untuk melakukan itu yakni menggunakan Netcut dan itu sangatlah mudah, tidak perlu melakukan secara manual, karena dengan Netcut sudah bisa dilakukan flood secara otomatis.

Biasanya pengguna yang saling menggunakan Netcut tidak akan bisa memotong jaringan satu sama lain dan meski Netcut memiliki penangkal yaitu bernama Anti Netcut, itu hanya digunakan untuk melihat pengguna mana yang sedang memotong koneksi WiFi yang digunakan. Netcut tidak berbahaya untuk saat ini, akan tetapi membuat pengguna lain yang ada di jaringan yang sama akan terkena dampaknya. Untuk mengatasi hal tersebut juga tidak begitu rumit dan hanya mengandalkan ping balik ke server, tapi hal ini tidak akan sepenuhnya bekerja apabila router mematikan pengaturan ICMP yang mencegah pengguna melakukan PING.

Jika di ponsel seperti Android pasti bukan hanya Netcut saja yang bisa memotong koneksi jaringan WiFi, namun adapula aplikasi bernama WiFi Killer yang tidak bisa dicegah seperti Netcut, jadi harus melakukan cara lain untuk membuat aplikasi ini tidak lagi bekerja dengan sangat baik. Salah satu cara yang paling ampuh saat ini adalah melakukan restart WiFi, sebab dengan melakukan itu seluruh IP akan kembali diubah dan bisa saja IP yang orang lain potong bisa jadi menuju ke IP dirinya sendiri.

Yang akan Saya bagikan kali ini mungkin akan berbeda dari sebelumnya yang sudah pernah berbagai pengguna di internet, dan Saya lebih menonjolkan cara ini untuk pemilik WiFi itu sendiri, jadi kebanyakan orang yang memutuskan koneksi WiFi adalah orang yang tidak memiliki WiFi itu, sedangkan pemilik WiFi cukup menghadangnya supaya koneksinya tidak terganggu meski terdapat orang yang memotong berkali-kali. Berikut ini tata caranya.

  1. PING Gateway – Ini cara paling ampuh dari segalanya, jadi pengguna cukup melakukan PING berkali-kali menuju IP Gateway dari WiFi. Contohnya seperti ini “ping 192.168.1.1 -t” dan itu akan membuat proses PING terus menerus meski terkadang akan request timeout.
  2. Restart Router – Cara ampuh kedua adalah melakukan restart atau reboot router, dimana dengan melakukan ini, seluruh IP pengguna akan diatur ulang dan bagi para pemotong WiFi akan kehilangan kendali apabila melakukan pemotongan secara otomatis.
  3. Mengganti Mode ADSL – Silahkan ganti mode ADSL dengan mode paling stabil, disini misalnya adalah G.lite atau G.DMT yang dimana mode tersebut hanya membatasi tergantung jarak, sedangkan jika memilih ADSL atau ADSL+ terkadang koneksi tidak bisa dibagi satu sama lain.
  4. Hubungkan Ulang ke Jaringan – Cobalah untuk memutuskan jaringan lalu menghubungkannya lagi dalam interval waktu 1-2 menit setelah diputuskannya jaringan, karena terkadang Netcut tidak lagi memotong koneksi apabila PING pada IP tujuan selalu timeout atau tidak merespon.
  5. Lakukan Pembersihan DNS Jika pada Windows, hal sejenis ini bisa disebut flushdns dan itu bisa mengurangi segala cache yang tersimpan pada koneksi saat ini, biasanya dengan melakukan ini koneksi akan kembali disegarkan (fresh) dan bisa melakukan PING ke server jika sebelumnya tidak bisa sama sekali.

Hanya sedikit cara diatas sudah bisa terlepas dari pengguna WiFi yang menggunakan Netcut. Namun tidak selamanya cara diatas terus berguna karena jika pengguna Netcut ada banyak, hal itu akan sulit untuk diatasi kecuali mengganti kata sandi pada router. Mungkin saat ini yang dipikirkan oleh pemilik WiFi itu sendiri adalah seorang yang menggunakan WiFi secara misterius yang menyebabkan terjadinya kelambatan koneksi, hal ini bisa dicegah dengan mengamankan router itu dari pengaturan sandi, tidak mengaktifkan telnet, dan tidak lupa untuk menonaktifkan WPS, karena saat ini cara paling sederhana dan mudah untuk mendaptkan password WiFi adalah melalui WPS/QSS dan ini sering terjadi pada router dari vendor RALink.

Ketika mengaktifkan WiFi, tidak ada hal yang lebih menjengkelkan dibanding orang yang suka memotong koneksi WiFi dan menggunakan semua koneksinya sendiri supaya browsing/mengunduh lebih cepat. Dan saat ini banyak router yang masih tidak bisa menghadang serangan flood ping tersebut yang menyebabkan koneksi tiba-tiba hilang, meski merk router itu mahal pun masih tidak menutup kemungkinan apakah bisa dipotong koneksinya ataupun tidak. Yang terpenting selama pemilik WiFi itu sendiri tidak menggunakan Netcut, semua akan baik-baik saja dan yang perlu dilakukan oleh pemilik adalah melindungi, bukan mengatasi. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Fime February 1, 2017, 12:48 am

    kalau di android apa bisa melakukan pencegahan juga ?

    • rrobyf February 1, 2017, 11:35 am

      Ya, dengan sebuah aplikasi bernama ARP Guard sudah pernah Saya bagikan di blog ini, silakan dicari.

Leave a Comment