≡ Menu

Tips Membuat Keluaran Audio VLC Player Lebih Mantap

Ada lebih dari 10 program untuk memutar sebuah video dengan baik, masing-masing memiliki perbedaan dan hal tersebut membuatnya lebih unik dibanding yang lain. Salah satu yang paling berbeda adalah VLC Media yang jauh memiliki fitur yang sangat banyak. VLC Media atau VLC Player ini memiliki beragam jenis fitur untuk membuatnya semakin baik, dan itu adalah hak pengguna untuk mengatur segala fitur yang ada, dan apabila terdapat kesalahan masih bisa dikembalikan seperti semula, dan yang akan dibahas kali ini dalah keluaran audio supaya lebih baik saat digunakan menonton segala jenis video termasuk musik.

Mungkin banyak sekali orang yang selalu melihat film yang ada di PCnya dan selalu menggunakan headset untuk mendengarkannya dan jika itu adalah pengguna, berarti sangat tepat jika ada pada artikel ini. Pada dasarnya VLC Media memiliki beragam pengaturan yang bisa diatur dan yang ditampilkan pada menu Preferensi hanyalah pengaturan sederhana dan tidak menampilkan semuanya. Namun pada bagian preferensi juga disediakan untuk menampilkan semua pengaturan yang ada dalam bentuk tombol, tentu hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengatur segalanya dengan maksud tidak hanya sekedar sederhana.

Cara yang akan Saya bagikan ini sebenarnya sudah pernah diterapkan pada sebuah forum yang membahas tentang VLC Media dan sekarang ini Saya hanya menyalurkan cara tersebut supaya bisa digunakan untuk pengguna saat ini. Bahkan diklaim bahwa cara ini justru lebih baik digunakan memutar musik melalui VLC dibanding aplikasi Mp3 player sejenis Winamp karena keluaran suaranya sangat bagus dan menggelegar dan jika digunakan melalui headset akan terasa nyaman.

Pada cara ini tidak hanya mengatur sebuah ekualiser saja, dan tidak memaksa sistem karena hal tersebut membuat PC panas dan tetap menggunakan cara yang aman. Memang sebenarnya ada cara untuk memaksa sistem supaya keluaran suara jauh lebih baik, namun Saya rasa cara tersebut hanya akan membuat kesehatan PC menurun akibat suhu yang panas. Jadi yang akan dilakukan hanyalah memberi sedikit tambahan pada ekualiser yang ada dan tidak perlu khawatir jika ingin mengembalikan seperti semula, karena pada VLC memberikan pengaturan untuk mengatur ulang. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama silahkan buka VLC Media dan klik Tab Peralatan dan pilih menu Preferensi.

    Tips Membuat Keluaran Audio VLC Media Supaya Lebih Mantap

  2. Selanjutnya akan tampil sebuah popup dan silahkan lihat pada bagian bawah pada Tampilkan Setting dan silahkan centang pada Semua dan halaman akan berganti ke pengaturan yang lebih advanced.

    Tips Membuat Keluaran Audio VLC Media Supaya Lebih Mantap

  3. Sekarang silahkan pilih pada menu Audio dan pada bagian “Mode Output Audio Stereo” silahkan pilih Stereo, selanjutnya pada bagian “Mode Replay Gain” silahkan pilih Trek, terkahir pada bagian “Replay Preamp” dan “Default Replay Gain” silahkan atur sebagai 3.00.

    Tips Membuat Keluaran Audio VLC Media Supaya Lebih Mantap

  4. Setelah itu silahkan tampilkan sub menu pada Audio > Filter dan klik Ekualiser. Lalu centang pada bagian “Use VLC Frequency Bands” dan untuk bagian Tambah Jalur, silahkan tempelkan angka dibawah ini.

    8.9 10.5 10.3 6.2 8.4 10.3 13 12.2 10.3 7

  5. Masih pada bagian ekualiser, silahkan atur 3.00 pada bagian “Tambah Global”. Selanjutnya silahkan reboot dan rasakan keluaran audionya dibanding sebelumnya

    Tips Membuat Keluaran Audio VLC Media Supaya Lebih Mantap

Akan lebih mudah jika cara diatas sambil langsung dipratekan, dan jika sewaktu-waktu keluaran audio tampak memiliki grain atau semacam kresek-kresek, silahkan atur pada bagian Tambah Global tadi sebagai -3.00. Layaknya sebuah gambar, fungsi Tambah Global itu bisa digunakan untuk mengencangkan suara lebih baik layaknya mempertajam dan jika kualitas audio dari video sangat buruk, hal tersebut hanya akan membuat grain dan harus disetel sebagai -3.00 untuk mengurangi grain tersebut. Dan angka yang banyak untuk bagian ekualiser tersebut Saya masih kurang paham betul dan Saya rasa itu mencakup tenyang keluaran suara supaya terdengar lebih baik. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment